4 Fakta Unik di Balik Pertandingan Portugal Vs Belanda

Belanda punya permainan yang baik dalam melakukan taktik serangan balik

Portugal kembali melanjutkan fase international friendly match pada hari ke-2 melawan timnas Belanda. Mereka sebelumnya telah unggul atas Mesir dengan skor 2-1. Akan tetapi, pada pertandingan kali ini, Portugal harus mengakui keunggulan tim Belanda dengan skor 0-3.

Belanda memiliki permainan yang baik dalam melakukan taktik serangan balik. Sehingga mereka dapat memberikan tembakan tepat sasaran lebih baik daripada Portugal, dilansir dari Theguardian.com dan Skysport.com.

Setelah pertandingan tersebut, ada hal unik yang terjadi selama pertandingan antara tim Portugal dengan tim Belanda. Apa saja ya?

1. Matthijs de Ligt jadi man of the match

4 Fakta Unik di Balik Pertandingan Portugal Vs Belandatwitter.com/OnsOranje

Pemain yang paling berpengaruh selama pertandingan adalah Matthijs de Ligt dan Van de Beek. Namun yang paling bermain produktif dan unggul secara statistik adalah Matthijs de Ligt. Pemain tersebut menjadi kunci kemenangan timnas Belanda melalui umpan akurat yang diciptakan dirinya.

Umpan tersebut berhasil dimaksimalkan oleh rekan setimnya, yakni Ryan Babel dan Virgil van Dijk. Babel berhasil menciptakan gol melalui sundulan. Sedangkan van Dijk melalui tendangan keras ke gawang Portugal.

2. Debut Justin Kluivert

4 Fakta Unik di Balik Pertandingan Portugal Vs Belandatwitter.com/OnsOranje

Justin Kluivert menjadi pemain termuda dalam pertandingan tersebut. Ia diturunkan oleh Koeman pada menit ke-78 menggantikan Memphis Depay. Debut pertama yang dilakukan Kluivert bersama tim senior Belanda, menambah deretan panjang pemain penting dari akademi Ajax. Ia kini telah mengikuti jejak ayahnya yakni Patrick Kluivert.

Justin Kluivert telah diincar beberapa klub besar dan ingin segera menjalin kontrak dengan pemain tersebut. Karier sepak bola bersama tim Ajax bisa dibilang menjadi kesuksesan pemain berusia 18 tahun itu. Ia tentu memiliki masa depan yang gemilang saat berseragam timnas Belanda.

3. Fernando Santos salah strategi

4 Fakta Unik di Balik Pertandingan Portugal Vs Belandatwitter.com/selecaoportugal

Fernando Santos salah mengambil langkah dalam melawan tim besar seperti Belanda. Ia tidak menurunkan pemain penting seperti Joao Mario, Bruno Alves, dan Bernardo Silva. Tiga pilar utama tersebut diyakini mampu menyeimbangkan permainan.

Khususnya sektor gelandang sehingga pasokan bola ke lini serang yang diisi Ronaldo dapat berkembang dengan baik. Pemain seperti Bernardo Silva memiliki performa baik bersama Manchester City sehingga sangat patut untuk diperhitungkan.

4. Jasper Cillessen ciptakan penyelamatan gemilang

4 Fakta Unik di Balik Pertandingan Portugal Vs Belandatwitter.com/OnsOranje

Saat pertandingan pertama melawan Inggris, timnas Belanda yang dilatih Ronald Koeman tidak menggunakan jasa Cillessen. Tim tersebut justru menurunkan Jeroen Zoet dan dinilai tidak tampil maksimal. Lalu dengan diturunkannya Cillessen, permainan Belanda semakin seimbang karena pemain Barcelona tersebut mampu mengukir 6 saves secara keseluruhan dalam pertandingan tersebut.

Ia bahkan mampu menepis sundulan Ronaldo yang sulit untuk digagalkan oleh para penjaga gawang. Cillessen juga menjadi kiper penting yang dimiliki timnas Belanda dan harus mendapat kepercayaan lebih dari sang pelatih.

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya