Toni Kroos Bangkitkan Mental Juara Jerman di Menit-Menit Akhir

#WorldCup2018 Der Panzer buktikan kelasnya!

Sochi, IDN Times - Pertandingan kedua Grup F Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Jerman dengan Swedia di Stadion Fisht (24/6) memberikan kemenangan dramatis bagi timnas Jerman. Kehilangan satu pemain justru membuat permainan Jerman semakin berkembang. Berikut ini lima faktor kemenangan Jerman saat berjumpa dengan Swedia.

1. Jerman punya statistik yang mengesankan

Toni Kroos Bangkitkan Mental Juara Jerman di Menit-Menit Akhirfifa.com

Timnas Jerman secara keseluruhan sudah memimpin jalannya laga dengan sangat baik. Swedia bahkan kesulitan untuk menyerang dan mengandalkan serangan balik. Pada babak pertama, timnas Jerman sempat kecolongan karena Toivonen bergerak bebas di jantung pertahanan pada menit ke-32. Namun, mereka mulai melancarkan taktik baru pada babak kedua.

2. Toni Kroos jadi poros umpan Jerman

Toni Kroos Bangkitkan Mental Juara Jerman di Menit-Menit Akhirfifa.com

Di bawah kendali Toni Kroos, akurasi passing timnas Jerman sungguh luar biasa. Mereka punya persentase yang sangat tinggi dan sulit sekali untuk menggagalkan umpan-umpan Jerman. Permainan Toni Kroos seakan patut dipuji walau sempat membuat kesalahan. Dirinya memang menjadi poros kekuatan Jerman yang sekarang.

3. Jerman sukses mencari celah di balik kokohnya pertahanan Swedia

Toni Kroos Bangkitkan Mental Juara Jerman di Menit-Menit Akhirfifa.com

Umpan-umpan cepat dari timnas Jerman justru mampu mengacak pertahanan timnas Swedia. Marco Reus pun dapat menyumbang gol penyama kedudukkan pada menit ke-48 karena aksi tipuan dari Mario Gomez. Bek Swedia harus mengantisipasi gerakan Gomez dan mengabaikan pergerakan Reus sehingga kiper Swedia tak punya waktu untuk menghalau bola.

4. Tanpa Boateng, Jerman tak menyerah sampai akhir pertandingan

Toni Kroos Bangkitkan Mental Juara Jerman di Menit-Menit Akhirfifa.com

Jerome Boateng sempat diusir keluar oleh wasit pada babak kedua. Kartu kuning kedua yang diterima Boateng membuat dirinya tak bisa bermain untuk laga selanjutnya. Namun, timnas Jerman tak begitu saja menyerah. Seluruh pemain mampu bersatu untuk mengacak pertahanan kokoh timnas Swedia.

5. Toni Kroos jenius untuk mengeksekusi free kick

Toni Kroos Bangkitkan Mental Juara Jerman di Menit-Menit Akhirfifa.com

Saat wasit menambah waktu selama 5 menit. Hal itu justru mampu dimanfaatkan timnas Jerman dengan baik. Mereka melakukannya dengan sangat hati-hati dan terus menggunakan tempo yang cepat. Hingga akhirnya kesempatan freekick diberikan wasit.

Sebagai eksekutor, Toni Kroos mungkin tidak melakukan umpan melainkan memanfaatkan peluang dengan tendangan keras menuju pinggir gawang. Ternyata hal itu sejalan dengan pikirannya dan membawa Jerman untuk unggul 2-1. Hal tersebut memberikan nafas baru bagi Jerman untuk lolos ke babak 16 besar.

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya