Tak Perlu Sedih, Ini 5 Imbas Positif Kepergian Coutinho dari Liverpool

Karena kepergian Cou bukanlah akhir dari segalanya

Hengkangnya Philippe Coutinho memang sudah diprediksi banyak kalangan. Bahkan bisa saja dia merumput bersama La Blaugrana pada awal musim. Rasa kehilangan pasti sangat dalam menusuk hati Kopites mengingat sejak februari 2013 tidak ada pemain Liverpool yang lebih banyak berkontribusi dalam gol selain pemain berkebangsaan Brazil ini.

Jadi mungkin wajar bila  banyak pihak yang menilai kalau The Reds sudah melakukan kesalahan besar melego Coutinho ke Barcelona. Apalagi sebelum ini Liverpool sudah melakukan hal yang sama, yaitu melepas pemain andalan mereka Luis Suarez dan membeli beberapa pemain kelas dua yang kiprahnya tidak bisa menandingi kepergian pemain Uruguay tersebut.

Terlepas dari hal itu, ada beberapa hal menarik yang mungkin bisa membuat fans Liverpool sedikit merasa lega karena kehilangan Coutinho memang bukan hal yang buruk, malah bisa menjadi hal yang baik untuk penghuni Anfield Stadium ini.

Ini 5 imbas positif kepergian Coutinho dari Liverpool.

1. Liverpool bermain lebih bagus tanpa Coutinho

Tak Perlu Sedih, Ini 5 Imbas Positif Kepergian Coutinho dari Liverpoolsumberbola.com

Selaku manajer, Jurgen Klopp mungkin sudah waspada kalau Coutinho sewaktu-waktu bisa pindah ke Barcelona. Bahkan pelatih berusia 50 tahun ini sudah membiasakan Liverpool bermain tanpa Coutinho sebelum akhirnya dia dijual, apalagi The Little Magician sendiri beberapa kali merasakan cedera dan harus menepi diluar lapangan.

Hasilnya?

Rata-rata gol tim tanpa adanya Coutinho adalah 2,64 gol per pertandingan. Sedangkan dengan adanya Coutinho hanya 2,22 gol per pertandingan. Untuk rasio kemenanganpun, tanpa Coutinho Liverpool dapat mencapai 78,9% kemenangan. Bandingkan dengan ketika ada Coutinho di line up tim berlogo ayam ini, hanya 59,26%.

2. Masih ada talenta muda yang lain

Tak Perlu Sedih, Ini 5 Imbas Positif Kepergian Coutinho dari Liverpoolthisisanfield.com

Mati satu tumbuh seribu. Mungkin ini pepatah yang bisa menggambarkan suasana Liverpool sekarang. Perginya Coutinho akan membuka kans Alex Oxlade “Ox” Chamberlain untuk unjuk gigi. Selain itu masih ada Ben Woodburn, pemain bertalenta yang juga sudah mulai nyetel dengan gaya main Klopp. Yakinlah Hengkangnya pemain bernomor punggung 10 ini akan memicu pemain untuk tampil lebih baik.

3. Coutinho dibeli dengan harga fantastis

Tak Perlu Sedih, Ini 5 Imbas Positif Kepergian Coutinho dari Liverpoolcitifmonline.com

Ditransfer dengan harga 147 juta pounds, Liverpool sudah pasti untung besar. Saat membeli Coutinho dari Inter Milan, Liverpool hanya mengeluarkan dana 12,5 juta pounds. Sebuah keuntungan yang fantastis, juga nilai yang cukup untuk bisa membeli pemain pengganti. Ya, asalkan bukan pembelian flop seperti sebelumnya.

4. Jangan khawatir, ada banyak calon pengganti

Tak Perlu Sedih, Ini 5 Imbas Positif Kepergian Coutinho dari Liverpoolgoal.com

Liverpool saat ini mempunyai trio Firmino, Mane, dan Salah yang bisa dibilang produktif untuk daya gedornya. Namun butuh sosok kreatif seperti Coutinho untuk bisa menyokong mereka dari belakang di saat – saat tertentu. Dengan perginya Coutinho, bukan tidak mungkin ada pengganti yang mungkin lebih bisa ngeblend dengan taktik Jurgen Klopp.

Ada Riyad Mahrez (Leicester City), Julian Draxler (PSG), Thomas Lemar (AS Monaco), Leon Goretzka (Schalke), dan masih banyak alternatif pengganti Coutinho.

5. Tenang, masih ada Klopp...

Tak Perlu Sedih, Ini 5 Imbas Positif Kepergian Coutinho dari Liverpoolmirror.co.uk

Yang terpenting dari semua hal di atas. Liverpool sangatlah beruntung masih memiliki Jurgen Klopp, seorang pelatih dengan kapabilitas tinggi. Pelatih yang sanggup merotasi pemainnya secara bijak dan baik, serta mempunyai sense yang tajam dalam mencari pemain baru.

So, relakan saja kepergian Coutinho ke Barcelona. Yakinlah kehilangan Coutinho bukanlah akhir dari segalanya. Bahkan mungkin akan menjadi awal yang baik bagi Liverpool untuk menyongsong hari esok yang lebih baik.

 

Azhar Reza Fauzi Photo Writer Azhar Reza Fauzi

Noob in everything but have a great ammount of will.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya