Legenda Barcelona dan Inter, Luis Suarez Meninggal Dunia

Luis Suarez meninggal pada usia 88 tahun

Jakarta, IDN Times - Legenda sepak bola Spanyol, Luis Suarez Miramontes, mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu (9/7/2023). Dia meninggal pada usia 88 tahun.

Kematian Luis Suarez menimbulkan duka tersendiri terutama bagi publik bal-balan Spanyol. Maklum, jasanya buat La Furia Roja semasa menjadi pemain aktif cukup besar.

Tak heran jika kemudian Asosiasi Sepak Bola Spanyol, RFEF menuliskan ucapan duka tersendiri dalam situs resminya.

"Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol dan presidennya, Luis Rubiales, ingin menyampaikan belasungkawa terdalam kepada seluruh keluarga dan teman dekat Luis Suárez Miramontes, yang meninggal dunia pada hari Minggu, 9 Juli ini," tulis RFEF, dikutip pada Senin (10/7/2023).

Ucapan duka juga datang dari klub-klub yang pernah dibelanya antara lain Deportivo La Coruna, FC Barcelona, Inter Milan, dan Sampdoria. Bukan hanya mereka, hampir seluruh insan sepak bola dunia memberikan belasungkawanya atas kepergian Luis Suarez.

1. Profil Luis Suarez sebagai pesepak bola

Legenda Barcelona dan Inter, Luis Suarez Meninggal Duniabarcabuzz.com

Mengutip situs resmi RFEF, Luis Suarez lahir di La Coruna pada 2 Mei 1935. Dia menghabiskan kariernya sebagai pesepak bola di dua negara, Spanyol dan Italia.

Di Spanyol, dia mengawali karier di Deportivo La Coruna pada musim 1953-1954 sebelum akhirnya mereguk prestasi di FC Barcelona. Dia bermain bersama Blaugrana selama tujuh musim sejak 1955-1961.

Selama di FC Barcelona, Luis Suarez berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or pada 1960. Sebuah prestasi yang belum bisa disamakan oleh pesepak bola asal Spanyol lainnya sampai hari ini.

Dari Catalunya, Luis Suarez hijrah ke Italia dan bergabung dengan Internazionale Milano (Inter Milan) pada musim 1961-1970. Luisito, julukan Suarez, mengakhiri karier bersama Sampdoria pada musim 1973. Dia bermain di klub asal Genoa tersebut selama empat musim sejak 1970.

Luis Suarez menjadi bagian dari generasi Timnas Spanyol yang mencatat sejarah dengan memenangkan Kejuaraan Eropa pertama kali pada 1964.

Baca Juga: Miroslav Klose, Orang Polandia yang Jadi Legenda Sepak Bola Jerman

2. Menjadi raja eropa bersama Inter Milan

Legenda Barcelona dan Inter, Luis Suarez Meninggal DuniaLuis Suarez Miramontes (inter.it)

Luis Suarez meraih masa kejayaannya sebagai pesepak bola saat bergabung dengan Inter pada 1961. Dia merupakan pemain Spanyol pertama yang berlaga di Liga Italia kala itu.

Mengutip situs resmi Inter, kedatangan Luis Suarez ke Milan merupakan permintaan langsung dari Presiden Inter kala itu, Angelo Moratti.

Kepindahan Luis Suarez ke Inter pun sangat penting buat Barcelona lantaran uang hasil transfernya digunakan untuk menyelesaikan pembangunan Stadion Camp Nou.

Luis Suarez menjadi bagian dari La Grande Inter asuhan Helenio Herrera yang kala itu mampu menjadi raja di Italia dan juga Eropa. Bersama Inter, dia memenangkan tiga Scudetto, dua gelar Piala Champions secara beruntun, dan dua Piala Interkontinental.

Bersama Inter, Luis Suarez bermain sebanyak 328 kali dan mencetak 55 gol.

3. Karier kepelatihan Luis Suarez

Legenda Barcelona dan Inter, Luis Suarez Meninggal DuniaLuis Suarez Miramontes (fcbarcelona.com)

Setelah pensiun sebagai pemain pada 1973, Luis Suarez kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih.

Beberapa klub seperti Inter Milan dan Deportivo La Coruna sempat mendapatkan polesan kepelatihan dari Luis Suarez.

Dia juga pernah menjadi pelatih Timnas Spanyol dan membawa La Furia Roja menjadi juara Piala Eropa U-21 pada 1986. Selain itu, Luis Suarez juga membawa Timnas Spanyol lolos ke Piala Dunia 1990 di Italia.

Baca Juga: Akhirnya, Pele dan Maradona Main Bersama di Surga

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya