Comscore Tracker

Pele: Semoga Saya dan Diego Maradona Bisa Main Bersama di Surga

Pele dan Maradona belum pernah main bersama

Jakarta, IDN Times - Ucapan bela sungkawa atas kematian Diego Maradona terus mengalir. Kali ini, ucapan datang dari legenda sepak bola Brasil, Edson Arantes do Nascimento, atau akrab disapa Pele.

Seperti diberitakan sebelumnya, Maradona meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam waktu Indonesia. Ia terkena serangan jantung. Sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawanya tidak tertolong.

Pada awal November, Maradona juga sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit La Plata, Argentina. Ia mengalami pembekuan darah di otak dan harus menjalani operasi.

Pele pun memiliki satu harapan lain yang belum tercapai saat ini bersama Maradona. Apakah itu?

1. Pele ingin bermain sepak bola bersama Maradona

Pele: Semoga Saya dan Diego Maradona Bisa Main Bersama di SurgaGoal

Pele dan Maradona tidak hidup dalam satu generasi. Pele terkenal lebih dulu berkat gebrakannya bersama Timnas Brasil pada Piala Dunia 1958. Ketika itu, ia sukses mengantarkan Brasil juara di Swedia.

Sedangkan Maradona baru benar-benar mencuat pada Piala Dunia 1986. Sebuah gol "solo run" apik dan gol tangan Tuhan yang ia cetak ke gawang Inggris membuat namanya dikenal oleh publik sepak bola dunia.

Alhasil, Maradona dan Pele belum pernah berada dalam satu lapangan yang sama. Oleh karena itu, ia berharap bisa satu lapangan bersama Maradona di surga nanti.

"Saya kehilangan teman dan dunia kehilangan legenda. Banyak yang bisa diungkapkan tentangnya. Namun sekarang, semoga Tuhan memberikan keluarganya kekuatan. Saya harap, saya dan Maradona bisa main sepak bola bersama lagi di surga," ujar Pele seperti dikutip dari CNN.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradona

2. Pele dan Maradona berasal dari lingkungan yang sama

Pele: Semoga Saya dan Diego Maradona Bisa Main Bersama di Surgafifa.com

Sebagai pemain, Pele dan Maradona berasal dari latar belakang yang sama. Pele kecil tumbuh di sebuah lingkungan sederhana di Bauru, Sao Paulo, sedangkan Maradona berasal dari daerah pinggiran Buenos Aires, Argentina.

Kesamaan inilah yang membuat cerita keduanya sebagai pesepak bola menjadi menarik. Berasal dari lingkungan yang sederhana membuat cerita keduanya dalam meniti karier sebagai pesepak bola begitu hidup. Bakat yang dibalut kerja keras jadi hal yang begitu erat menempel pada mereka berdua.

3. Pele dan Maradona dinobatkan sebagai pemain abad ini

Pele: Semoga Saya dan Diego Maradona Bisa Main Bersama di SurgaDiego Maradona saat tampil bersama Argentina di Piala Dunia 1986. (fifa.com).

Atas capaian yang sudah mereka raih selama berkarier sebagai pemain, baik itu Pele bersama Santos dan Timnas Brasil, serta Maradona bersama Napoli dan Timnas Argentina, keduanya mendapatkan penghargaan dari FIFA pada tahun 2000.

Tercatat, Pele dan Diego Maradona dinobatkan menjadi "Player of the Century" oleh FIFA. Keduanya mengungguli kandidat-kandidat lain macam Eusebio, Roberto Baggio, Romario, Marco van Basten, Ronaldo Lima, Johan Cruyff. serta Franz Beckenbauer.

Baca Juga: Diego Maradona Dijuluki Tangan Tuhan, Begini Asal Mulanya

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya