Akhirnya, Pele dan Maradona Main Bersama di Surga

Pele dan Maradona belum pernah main bersama

Jakarta, IDN Times - Sepak bola dunia sedang berduka. Salah satu legenda hidup Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele, wafat pada Jumat dini hari WIB (30/12/2022), karena penyakit yang dideritanya.

Kesehatan Pele memang memburuk sejak Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai. Dia harus menyaksikan Piala Dunia 2022 dari kamar perawatan di rumah sakit.

Bahkan, Pele harus melewati malam natal di sana pula, karena infeksi pernapasan dan kanker usus yang dideritanya. 

Wafatnya Pele bak mengingatkan kita akan ucapan dan harapannya, ketika Diego Armando Maradona meninggal pada 25 November 2020 silam. Kala itu, Pele berharap kalau ingin main sepak bola bersama Maradona di surga.

Baca Juga: Legenda Sepak Bola Dunia Pele Meninggal Dunia!

1. Keduanya kini sudah tenang

Akhirnya, Pele dan Maradona Main Bersama di SurgaGoal

Pele dan Maradona memang tidak hidup dalam satu generasi. Pele terkenal lebih dulu berkat gebrakannya bersama Timnas Brasil pada Piala Dunia 1958. Ketika itu, dia sukses mengantarkan Brasil juara di Swedia.

Sedangkan Maradona baru benar-benar mencuat pada Piala Dunia 1986. Sebuah gol solo run apik dan tangan Tuhan yang dia cetak ke gawang Inggris membuat namanya dikenal oleh publik sepak bola dunia.

Meski beda generasi, keduanya terus disandingkan. Bahkan, rivalitas individu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di masa kini dianggap setara dengan persaingan keduanya, meski beda belum pernah dalam satu lapangan. Karena penasaran, Pele pada 2020 lalu berharap bisa satu lapangan bersama Maradona di surga nanti.

"Saya kehilangan teman, dan dunia kehilangan legenda. Banyak yang bisa diungkapkan tentangnya. Namun sekarang, semoga Tuhan memberikan keluarganya kekuatan. Saya harap, saya dan Maradona bisa main sepak bola bersama lagi di surga," ujar Pele seperti dikutip dari CNN International.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Tentang Diego Maradona

2. Pele dan Maradona berasal dari lingkungan yang sama

Akhirnya, Pele dan Maradona Main Bersama di Surgapotret Pele (fifa.com)

Sebagai pemain, Pele dan Maradona berasal dari latar belakang yang sama. Pele kecil tumbuh di sebuah lingkungan sederhana di Bauru, Sao Paulo, sedangkan Maradona berasal dari daerah pinggiran Buenos Aires, Argentina.

Kesamaan inilah yang membuat cerita keduanya sebagai pesepak bola menjadi menarik. Berasal dari lingkungan yang sederhana membuat cerita keduanya dalam meniti karier sebagai pesepak bola begitu hidup. Bakat yang dibalut kerja keras jadi hal yang begitu erat menempel pada mereka berdua.

3. Pele dan Maradona dinobatkan sebagai pemain abad ini

Akhirnya, Pele dan Maradona Main Bersama di SurgaDiego Maradona saat tampil bersama Argentina di Piala Dunia 1986. (fifa.com).

Atas capaian yang sudah mereka raih selama berkarier sebagai pemain, baik itu Pele bersama Santos dan Timnas Brasil, serta Maradona bersama Napoli dan Timnas Argentina, keduanya mendapatkan penghargaan dari FIFA pada tahun 2000.

Tercatat, Pele dan Diego Maradona dinobatkan menjadi "Player of the Century" oleh FIFA. Keduanya mengungguli kandidat-kandidat lain macam Eusebio, Roberto Baggio, Romario, Marco van Basten, Ronaldo Lima, Johan Cruyff. serta Franz Beckenbauer.

Baca Juga: Diego Maradona Dijuluki Tangan Tuhan, Begini Asal Mulanya

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya