[BREAKING] Belgia Singkirkan Portugal dari Piala Eropa 2020!

Belgia menang dengan skor 1-0

Jakarta, IDN Times - Belgia sukses mengandaskan perlawanan Portugal lewat skor tipis 1-0 pada babak 16 besar Piala Eropa 2020, Senin (28/6/2021) dini hari. Gol tunggal Belgia dicetak Thorgan Hazard tiga menit sebelum turun minum.

Tugas berat diemban Ronaldo cs pada babak kedua. Mereka mesti menyamakan kedudukan setelah tertinggal 1-0 di babak pertama dari Belgia.

Sementara Belgia, memulai laga dengan tidak terlalu baik setelah De Bruyne terpaksa mengakhiri laga lebih cepat pada menit 48 karena mengalami cedera di pergelangan kakinya.

Cedera itu diperoleh De Bruyne setelah mendapatkan tekel keras dari gelandang Portugal, Palhinha, pada babak pertama. Posisi De Bruyne pun kemudian digantikan oleh striker Napoli, Dries Mertens.

Memasuki menit 55, Fernando Santos melakukan pergantian pemain. Bernardo Silva dan Joao Moutinho ditarik keluar untuk memberikan waktu bermain bagi Joao Felix dan Bruno Fernandes.

Akselerasi Ronaldo di sisi kiri pertahanan Belgia berhasil membuahkan peluang emas bagi Portugal. Namun, umpannya kepada Jota yang ada di dalam kotak penalti gagal dikonversi menjadi gol setelah tendangannya melambung tipis di atas gawang Thibaut Courtois.

Memasuki 15 menit babak kedua berjalan, Belgia masih belum bisa memberikan serangan berarti. Sebaliknya, Selecao das Aquinas, julukan timnas Portugal justru lebih banyak mengancam pertahanan Belgia.

Berkali-kali serangan Portugal yang diinisiasi melalui Raphael Guerreiro di sisi kiri dan Diogo Dalot di sisi kanan masih belum bisa menembus rapatnya pertahanan Belgia.

Belgia sendiri baru berhasil mencatatkan tendangan ke gawang di babak kedua pada menit 62. Sepakan kaki kiri Lukaku dari luar kotak penalti memanfaatkan umpan Thorgan Hazard masih melebar di sisi kiri gawang Rui Patricio.

Pergantian pemain pun kembali dilakukan Fernando Santos. Dia memasukkan striker lainnya, Andre Silva untuk menggantikan Diogo Jota guna menambah daya gedor Portugal.

Peluang emas pun kembali didapatkan Portugal melalui tendangan bebas. Namun, Ronaldo yang menjadi eksekutor gagal mengeksekusi tendangan bebas tersebut menjadi sebuah gol.

Tendangan peraih lima kali Ballon d'Or tersebut masih membentur pagar hidup yang dibuat para pemain Belgia.

Pertandingan pun sempat memanas pada menit 76. Pelanggaran Pepe terhadap Thorgan Hazard dianggap para pemain Belgia terlalu keras dan hal tersebut membuat mantan bek Real Madrid tersebut diganjar kartu kuning.

Portugal melakukan segala cara untuk menyamakan kedudukan. Dua pemain baru kembali dimasukkan oleh Fernando Santos.

Danilo Pereira masuk menggantikan Joao Palhinha dan Sergio Oliveira bermain menggantikan Renato Sanches yang tampil cukup lugas pada laga ini.

Memasuki menit 81, Portugal lagi-lagi mendapatkan peluang emas. Kali ini lewat sundulan Ruben Dias memanfaatkan umpan sepak pojok Bruno Fernandes.

Sundulan keras bek Manchester City itu masih dapat dihalau dengan baik oleh Courtois.

Selang dua menit kemudian, Portugal kembali nyaris mendapatkan gol. Namun, tendangan keras kaki kanan Raphael Guerreiro hanya membentur tiang gawang Belgia.

Belgia bukannya tanpa peluang. Berkali-kali kombinasi Eden Hazard dan Romelu Lukaku merepotkan pertahanan Portugal, tetapi masih belum bisa menghadirkan gol kedua bagi Belgia.

Hingga pertandingan usai, Portugal gagal menyamakan kedudukan. Belgia pun berhasil menang tipis 1-0 dan berhak maju ke babak delapan besar untuk menghadapi Italia pada awal Juli mendatang.

Baca Juga: Babak Pertama: Gol Thorgan Hazard Bawa Belgia Unggul 1-0 atas Portugal

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya