Ronaldo Antar Madrid ke Babak Semi Final Liga Champions

Berkat hat-tricknya, Madrid berhasil menyingkirkan Munchen di perempat final Liga Champions.

Pagelaran akbar Liga Champions sudah sampai di babak perempat final. Delapan tim bersaing untuk memperebutkan tiket ke babak semi final Liga Champions. Di babak perempat final, raksasa Spanyol, Real Madrid, dipertemukan dengan raksasa Jerman, Bayern Munchen. Duel sengit pasti tersaji di laga ini.

Berkesempatan menjadi tuan rumah di leg pertama, Munchen justru harus tersungkur di depan pendukungnya sendiri. Tampil tanpa penyerang andalannya, Lewandowski, The Bavarian harus mengakui keunggulan Los Blancos dengan skor 1-2. Sempat unggul lewat tandukan Vidal, Madrid berbalik unggul melalui 2 gol yang dihasilkan oleh superstar mereka, Cristiano Ronaldo. Di leg kedua yang akan di helat di markas kebesaran Madrid, Santiago Bernabeu, Munchen akan tampil habis-habisan guna membalaskan dendam di leg pertama.

Rabu (19/4/2017) dini hari, leg kedua antara Madrid melawan Munchen dihelat dengan Madrid yang berstatus sebagai tuan rumah. Hanya butuh hasil imbang, Madrid berhasil membungkam perlawanan Munchen dengan skor 4-2 dan memastikan satu tempat di babak semi final Liga Champions.

Cristiano Ronaldo benar-benar menjadi mimpi buruk bagi pertahanan Munchen. Setelah berhasil mencetak 2 gol di leg pertama, di leg kedua Ronaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, Ronaldo berhasil menorehkan hat-trick ke gawang Munchen yang dikawal oleh Manuel Neuer.

Pertandingan berjalan sengit dan terbuka. Munchen langsung mengambul inisiatif menyerang sejak peluit panjang pertama dibunyikan. The Bavarian mendapatkan beberapa kesempatan sepanjang babak pertama, sayang finishing yang kurang tenang menjadi kendala Munchen kali ini.

Tercatat, Munchen tidak berhasil melakukan tembakan tepat sasaran sepanjang babak pertama. Sementara itu, Madrid yang sesekali menyerang juga gagal menghasilkan gol di sepanjang babak pertama. Hingga 45 menit pertama, kedua tim masih bermain imbang 0-0.

Di babak kedua, pertandingan berjalan lebih ketat. Munchen yang butuh 2 gol untuk bisa lolos ke babak selanjutnya terus menekan pertahanan Madird. Robben, sempat mendapatkan peluang emas. Sontekannya di depan gawang Madrid, hampir saja melewati garis gawang, beruntung Marcelo masih bisa mengamankan gawang Madrid dari kebobolan.

Di menit 52, akhirnya usaha Munchen berbuah hasil. Berawal dari Robben yang berlari menyongsong bola, Casemiro yang berniat mengahadang justru melanggar Robben di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih. Lewandowski yang maju sebagai algojo berhasil membawa Munchen unggul 0-1.

Butuh 1 gol lagi, Munchen tampil lebih ganas dengan memasukkan Douglas Costa dan Thomas Muller guna mempertajam serangan. Asik menyerang, Munchen justru kecolongan. Di menit 76, Casemiro mengirimkan umpan ke area pertahanan Munchen yang kemudia dituntaskan Ronaldo melalui sundulannya dan bersarang di gawang Neuer. Madrid menyamakan kedudukan, 1-1.

14 menit tersisa di waktu normal. Munchen tidak tinggal diam. Mereka langsung me-respone cepat. 2 menit setelah gol Ronaldo, Munchen kembali unggul. Berawal dari umpan Hummels kepada Muller, tercipta kepanikan di area pertahanan Madrid. Bola membentur kapten Madrid, Sergio Ramos dan melaju ke gawang Madrid yang dikawal Navas.

Kali ini aggregate sama kuat. 5 menit menjelang pertandingan usai, Munchen harus bernain dengan 10 pemain, setelah Vidal dianggap melanggar Marco Asensio dan mendapatkan kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain, Madrid berupaya menekan Munchen. Namun, hingga wasit meniupkan peluit tanda babak ke 2 usai, skor tetap tidak berubah. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, petaka Munchen hadir. Tampil saling menyerang, Ronaldo kembali menjadi sorotan. Di menit 105, Ronaldo melepaskan tendangan ke gawang Manuel Neuer dan merubah keadaan menjadi 2-2. Madrid berada di atas angin kali ini. Di tayangan ulang terlihat Ronaldo berada di posisi off-side. Namun wasit tetap pada keputusannya dan mengesahkan gol tersebut. Babak pertama perpanjangan waktu berakhir, Madrid 2-2 Munchen.

Di babak kedua perpajangan waktu, alih-alih menciptakan gol, Munchen justru semakin tenggelam. Adalah Marcelo, yang menjadi peran penting dalam gol kali ini. Berlari dari belakang, Marcelo berhasil melewati beberapa pemain Munchen yang kemudian memberikan umpan pada Ronaldo yang berdiri bebas dan sukses membuat Madrid unggul 3-2.

Kemenangan Madrid ditutup oleh kreasi Marco Asensio yang berhasil mengelabui pertahanan Munchen. Madrid mengalahkan Munchen dengan skor 4-2 dan berhak lolos dengan aggregate 6-3. Ronaldo menjadi bintang dengan torehan 5 gol di 2 pertemuannya dengan Munhcen kali ini.

Rio Desriana Gustaf Photo Writer Rio Desriana Gustaf

Menulislah, sebelum menulis itu dilarang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya