Comscore Tracker

5 Dukungan Moril Sepak Bola Dunia Atas Tragedi di Kanjuruhan 2022

Sakit Indonesia juga sakit bagi sepak bola dunia

Tragedi sepak bola memilukan baru-baru ini terjadi menimpa Indonesia. Kejadian tragis itu terjadi saat laga Arema versus Persebaya pada, Sabtu (1/10/2022), di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Setidaknya ada seratus lebih korban jiwa dalam kejadian tragis tersebut. Tragedi ini tampaknya tak luput dari perhatian sepak bola dunia. Berbagai bentuk dukungan moril dari seluruh dunia pun hadir diberikan kepada para keluarga korban yang berduka.

Berikut kelima dukungan moril sepak bola dunia atas tragedi di Stadion Kanjuruhan 2022 yang berhasil dirangkum sejauh ini.

1. Presiden FIFA turut mengucapkan rasa bela sungkawa

5 Dukungan Moril Sepak Bola Dunia Atas Tragedi di Kanjuruhan 2022Gianni Infantino sebagai Presiden FIFA (uefa.com)

Kejadian tragis yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Indonesia, didengar langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Sebagai pemimpin sepak bola dunia, ia merasa sangat terpukul atas kejadian memilukan itu.

Gianni Infantino memberikan pesan, "sepak bola dunia sangat terpukul melihat kejadian tragis yang ada di Indonesia pada laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan". Ia juga mengungkapkan bahwa tragedi ini menjadi, "hari gelap sepak bola dunia," pungkasnya.

2. FIFA memasang bendera negara di dunia setengah tiang sebagai dukungan moril

5 Dukungan Moril Sepak Bola Dunia Atas Tragedi di Kanjuruhan 2022potret dukungan moril FIFA dengan memasang berbagai bendera negara di dunia (fifa.com)

Setelah memberikan pernyataan bela sungkawa terhadap tragedi di Indonesia, FIFA langsung memberikan dukungan lain berupa moril. Badan sepak bola internasional itu memberikan dukungan dengan memasang berbagai bendera negara dari seluruh dunia.

FIFA melakukan itu semua demi membangun rasa empati bersama atas kejadian tragis di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Seakan, mereka berpesan bahwa luka yang dirasakan Indonesia juga luka bagi negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Komnas Perempuan dan Komnas HAM Koordinasi soal Tragedi Kanjuruhan

3. Ban hitam terpasang di lengan pemain Premier League

5 Dukungan Moril Sepak Bola Dunia Atas Tragedi di Kanjuruhan 2022potret ban hitam di lengan pemain pada laga derbi Manchester 2022/2023 (twitter.com/JackGrealish)

Ajang sepak bola terbaik Eropa saat ini, English Premier League (EPL), 2022/2023 juga turut memberikan rasa empati terhadap tragedi yang ada di Stadion Kanjuruhan. Dukungan tersebut mereka tunjukkan pada dua laga penting yang mereka gelar pada, Minggu (2/10/2022), malam WIB.

Laga tersebut adalah laga antara Manchester United versus Manchester City dan laga antara Leeds United versus Aston Villa. Keempat tim itu memberikan dukungan moril terhadap kejadian pilu di Indonesia dengan memakai ban hitam di lengan mereka.

4. LaLiga Spanyol mengheningkan cipta pada awal laga

5 Dukungan Moril Sepak Bola Dunia Atas Tragedi di Kanjuruhan 2022potret mengheningkan cipta di LaLiga Spanyol 2022/2023 (twitter.com/LaLigaID)

Ungkapan rasa duka atas tragedi pilu di Stadion Kanjuruhan, Indonesia, juga dirasakan oleh penggemar sepak bola di Spanyol. Rasa empati yang mereka berikan dengan mengheningkan cipta pada awal laga beberapa tim di LaLiga 2022/2023.

Momen tersebut salah satunya dapat terlihat pada laga antara Espanyol versus Valencia. Sebelum laga dimulai, publik di stadion secara bersamaan telah melakukan hening cipta sebagai bentuk prihatin atas kejadian tragis di sepak bola Indonesia.

5. Sejumlah klub besar Eropa turut berduka cita

Beberapa klub besar Eropa juga memberi ucapan bela sungkawa atas tragedi memilukan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Indonesia. Hal itu mereka lakukan demi menunjukkan rasa empati bersama untuk para keluarga korban yang sedang berduka.

Ada beberapa tim Premier League yang turut berduka cita, seperti Chelsea, Liverpool, Manchester United, dan Manchester City. Beberapa klub LaLiga Spanyol juga memberikan sikap yang sama, seperti Real Madrid, Barcelona, dan Valencia.

Sebenarnya, dukungan moril sepak bola dunia atas tragedi Kanjuruhan 2022 masih cukup banyak selain lima dukungan moril di atas. Semoga perhatian dunia yang diberikan mampu mendorong tragedi ini terusut tuntas.

Baca Juga: Duka dan Wajah Sendu Pep Guardiola Bicara soal Tragedi Kanjuruhan

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya