5 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

Burundi sempat kalahkan Myanmar pada 2021

Burundi adalah kawasan negara yang berbatasan dengan Rwanda (utara), Tanzania (selatan dan timur), Republik Demokratik Kongo (barat) di Benua Afrika. Sepak bola menjadi salah satu bidang olahraga terpopuler di negara yang terkurung oleh daratan itu.

Kebetulan, Timnas Burundi akan melakoni laga persahabatan melawan Timnas Indonesia pada 2023. Laga yang bertajuk FIFA match day itu sendiri akan bergulir pada 25 dan 28 Maret 2023 mendatang.

Masih cukup asing di telinga, bagaimana sepak terjang Timnas Burundi sejauh ini di dunia sepak bola? Apakah Timnas Indonesia akan mudah kala menghadapi mereka?

1. Peringkat FIFA Burundi masih di atas Indonesia

5 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match DayTimnas Burundi (twitter.com/intambazacu)

Timnas Burundi masih berada di atas Indonesia bila merujuk pada peringkat FIFA. Negara yang terorganisasi oleh Confederation Africaine de Football (CAF) itu berada di peringkat ke-141 FIFA dengan raihan 1075 poin.

Peringkat Burundi sendiri masih berselisih sepuluh tangga di atas Indonesia. Pasalnya, Indonesia saat ini tengah menempati peringkat ke-151 FIFA dengan torehan 1034 poin.

2. Burundi punya satu nama bintang

5 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match DayYoussouf Ndayishimiye sebagai bintang Timnas Burundi yang bermain untuk OGC Nice pada 2022/2023. (ogcnice.com)

Timnas Burundi memiliki satu pemain unggulan pada 2022/2023. Ia adalah Youssouf Ndayishimiye, seorang pemain yang menjadi andalan klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice.

Lahir pada 27 Oktober 1998, Youssouf Ndayishimiye adalah pemain yang piawai mengawal lini pertahanan sebagai bek tengah. Sang pemain sendiri terbilang baru menjadi penggawa di OGC Nice.

Youssouf Ndayishimiye baru diboyong OGC Nice pada bursa transfer musim dingin 2023. Ia dibeli seharga 11,5 juta euro (Rp189 miliar) dari klub Super Lig Turki, Basaksehir FK.

Baca Juga: Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Burundi: Mulai dari Rp90 Ribu!

3. Pemain Burundi dominan tampil di kasta bawah liga-liga Eropa

5 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match DayTimnas Burundi (twitter.com/intambazacu)

Pemain-pemain Timnas Burundi bertebaran di sejumlah kompetisi Eropa pada 2022/2023. Namun, mayoritas dari mereka tak bermain di level paling atas.

Setidaknya, ada tujuh pemain Burundi yang dimaksud. Mereka adalah Marco Weymans (liga ke-2 Belgia), Jordi Liongola (liga ke-3 Belgia), Christophe Nduwarugira (liga ke-2 Portugal), Mohamed Amissi (liga ke-3 Portugal), Frederic Nsabiyumva (liga ke-2 Swedia), Bienvenue Kanakimana (liga ke-2 Republik Ceko), dan Jospin Nshimirimana (liga ke-2 Turki).

4. Burundi pernah jadi korban hattrick Didier Drogba

5 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match DayTimnas Burundi. (twitter.com/intambazacu)

Timnas Burundi pernah jadi lumbung gol Timnas Pantai Gading saat berjumpa di laga kualifikasi Piala Afrika pada 8 Juni 2003. Kala itu, Burundi takluk usai dibantai dengan skor 6-1.

Pemain yang menjadi bintang lapangan saat itu tak lain adalah sang bomber legendaris, Didier Drogba. Eks striker Chelsea itu mencetak separuh gol di antaranya, alias mengemas hattrick.

5. Burundi hanya pernah menghadapi Myanmar di Asia Tenggara

5 Fakta Burundi, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match DayTimnas Burundi (twitter.com/intambazacu)

Selama ini, Timnas Burundi jarang menghadapi negara-negara dari Asia Tenggara. Mereka tercatat hanya pernah melawan Timnas Myanmar pada laga persahabatan.

Laga Burundi versus Myanmar sendiri terjadi pada 13 November 2021. Kala itu, Burundi keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Myanmar dengan skor 2-1. 

Timnas Indonesia sendiri bakal melakoni laga FIFA match day menghadapi Burundi pada dua pertandingan sekaligus. Semoga Shin Tae Yong bakal memanfaatkan laga ini untuk eksperimen ramuan terbaiknya, ya!

Baca Juga: Burundi Kehilangan Bintang Ligue 1 saat Lawan Timnas Indonesia 

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya