Daftar Peraih Penghargaan Musiman Chelsea pada 2022/2023

Thiago Silva jadi pemain terbaik Chelsea

Chelsea menampilkan performa jauh di bawah harapan sepanjang musim 2022/2023. Klub dengan koleksi enam trofi Premier League ini bahkan nirgelar musim ini. The Blues menjalani musim yang buruk dibandingkan dengan beberapa musim mereka belakangan.

Kendati begitu, muruah Chelsea tetap tampak meski tengah menyusut akibat dirundung berbagai problematika pada 2022/2023. Hal ini bisa kita lihat melalui antusiasme para penggemar dalam memilih pemain yang pantas menerima penghargaan. Dengan kata lain, daftar pemilihan peraih penghargaan musiman Chelsea musim ini.

Setidaknya, ada tiga pemain yang sudah dinobatkan sebagai pemenang penghargaan individu Chelsea pada 2022/2023. Siapa saja mereka?

1. Thiago Silva (pemain terbaik)

Daftar Peraih Penghargaan Musiman Chelsea pada 2022/2023Thiago Silva (instagram.com/chelseafc)

Bek veteran Chelsea menerima penghargaan sebagai pemain terbaik klub pada 2022/2023. Ia adalah Thiago Silva. Bek berdarah Brasil berusia 38 tahun yang terpilih jadi pemenang usai mengantongi 61 persen suara lewat proses pemungutan suara di situs Chelsea FC.

Penghargaan ini merupakan pencapaian pertama Thiago Silva setelah 3 musim menetap di Stamford Bridge, sejak musim 2020/2021. Capaian ini sekaligus menjadikan eks pemain Paris Saint-Germain itu sebagai pemenang player of the season kedua Chelsea asal Brasil. Silva menyamai torehan Willian Borges pada 2016.

Kesuksesan Thiago Silva diperoleh salah satunya dari statistik impresifnya pada musim 2022/2023. Diketahui, ia membukukan 33 intercepts, 106 clearences, 112 duels won, dan 28 shots blocked di English Premier League (EPL). Catatan itu terpaut jauh dari pemain Chelsea lainnya. Selain itu, hubungan baik Silva dengan para penggemar juga menjadi alasan kunci lainnya.

Suporter Chelsea sendiri begitu menghormati keberadaan Thiago Silva. Itu terlihat ketika mereka membentangkan spanduk bergambarkan sang pemain di laga melawan Nottingham Forest pada awal Mei 2023. Spanduk itu bertuliskan 'Dia datang dari PSG, untuk memenangi Liga Champions'. Nyanyian teruntuk Silva juga menggema di laga tersebut.

"Itu merupakan momen yang emosional bagi saya, di luar kondisi buruk klub musim ini," kata Thiago Silva di Chelsea FC. "Penghargaan ini (pemain terbaik) jadi kebanggaan saya selama berseragam Chelsea. Sejak pertama datang, saya disambut baik oleh penggemar. Itu mendorong hati saya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mereka."

2. Conor Gallagher (gol terbaik)

Daftar Peraih Penghargaan Musiman Chelsea pada 2022/2023Conor Gallagher (instagram.com/chelseafc)

Untuk kategori gol terbaik Chelsea (goal of the season), penghargaan ini dimenangkan oleh Conor Gallagher pada 2022/2023. Gelandang muda 23 tahun ini memenanginya setelah mencetak gol indah di laga kontra Crystal Palace pada 1 Oktober 2023. Gallagher dinobatkan sebagai pemenang usai meraup 16 persen suara lewat situs Chelsea FC.

Bila digambarkan, gol apik yang dicetak Conor Gallagher itu merupakan gol jarak jauh dari hampir seperempat lapangan. Golnya itu sendiri sekaligus menjadi momen kebangkitan Chelsea di laga kontra Crystal Palace. Gol Gallagher yang tercipta pada menit akhir laga (90') itu sukses bikin The Blues menang dengan skor 2-1 di markas lawan.

3. Lewis Hall (pemain akademi terbaik)

Daftar Peraih Penghargaan Musiman Chelsea pada 2022/2023Lewis Hall (instagram.com/chelseafc)

Lewis Hall berhasil menyabet penghargaan pemain akademi terbaik Chelsea pada 2022/2023. Itu ia dapatkan setelah menjalani musim yang luar biasa di Stamford Bridge. Wonderkid 18 tahun asal Inggris itu sudah bermain untuk Chelsea dalam semua kelompok usia.

Lewis Hall berkontribusi di lima ajang berbeda, seperti Premier League, Piala Inggris, Piala Super Inggris, Premier League 2, dan UEFA Youth League. Ia berhak menerima penghargaan pemain akademi terbaik Chelsea atas sumbangsih besarnya pada 2022/2023. Alhasil, Hall sukses mengikuti jejak pendahulunya, seperti Mason Mount dan Reece James.

Kendati tak mendulang torehan apik pada 2022/2023 ini, Chelsea perlu bersukur karena memiliki banyak pemain muda yang potensial. Tak terkecuali dua pemain di atas, yakni Conor Gallagher dan Lewis Hall. Ini disebabkan keberadaan mereka semua berpotensi kembali mengangkat Chelsea pada beberapa musim yang akan datang.

Baca Juga: Chelsea Kalahkan Chestrefield, Lewis Hall Tampil Impresif 

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya