Comscore Tracker

Kisah Tragis Thiago Silva di Awal Karier, Hampir Meninggal di Rusia

#WorldCup2018 Kariernya sempat terancam

Moskow, IDN Times - Pemain belakang timnas Brasil, Thiago Silva, punya kenangan buruk tentang Rusia. Pasalnya, Thiago hampir saja kehilangan nyawa di negara tersebut ketika masih mulai meniti karier di sepak bola.

1. Thiago pindah dari Porto ke Dynamo Moscow

Kisah Tragis Thiago Silva di Awal Karier, Hampir Meninggal di RusiaFIFA

Seperti diberitakan FourFourTwo, pemain berusia 33 tahun itu mengalami insiden buruk tersebut pada 13 tahun lalu. Semua diawali ketika Thiago yang saat itu bermain untuk Porto menyetujui tawaran bergabung dengan klub Rusia, Dynamo Moscow.

Namanya belum terlalu familiar di telinga penggemar dan pemilik klub. Hanya saja, agen Jorge Mendes meyakinkan manajemen Dynamo Moscow bahwa ia bertalenta. Namun, dokter beranggapan lain sebab ia mudah lelah dan tampak tidak sehat.

2. Rupanya ia menderita tuberculosis selama berbulan-bulan tanpa diketahui

Kisah Tragis Thiago Silva di Awal Karier, Hampir Meninggal di RusiaFIFA

Belakangan baru diketahui bahwa para pemain, termasuk Thiago, tidak menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dulu sebelum resmi diperkenalkan sebagai anggota baru Dynamo Moscow. Ketika ia demam tinggi, dokter tak mencurigai ada yang buruk.

Beberapa hari kemudian, sakitnya tak juga sembuh. Akhirnya, tim dokter memintanya memeriksakan diri. Hasilnya mengejutkan. Selama sembilan bulan, Thiago menderita tuberculosis. "Jika penyakitnya diketahui beberapa minggu kemudian, kamu bisa mati," kata dokter.

3. Ia sempat ingin berhenti bermain sepak bola

Kisah Tragis Thiago Silva di Awal Karier, Hampir Meninggal di Rusiainstagram.com/thiagosilva_33

Dokter sempat menyarankan agar sebagian besar paru-paru kanan Thiago dipotong saja. Namun, ia menolak. Dynamo Moscow sendiri membayar semua biaya perawatannya. Akan tetapi, ia tak pernah bermain satu pertandingan pun.

Akhirnya, kontrak itu dibatalkan dan Thiago harus kembali ke Brasil. Ia sempat merasa sangat putus asa dan berniat mundur dari sepak bola. Ibunya melarang. Pelan-pelan, Thiago bisa mendapatkan kembali rasa percaya diri hingga pada 2007 dipanggil membela Brasil untuk pertama kalinya.

Baca juga: Adu Gaya Fashion Duo Brasil, Neymar Vs Coutinho!

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya