Selain Cantona & Del Piero, Ini Pesepak Bola yang Ikut Wajib Militer

#WorldCup2018 Mending main bola atau latihan militer?

Sejumlah negara di dunia masih memberlakukan peraturan bahwa warga laki-laki harus mengikuti wajib militer. Biasanya mereka yang berusia 18 hingga 35 tahun dituntut untuk bergabung dengan tentara negara selama kurang lebih satu tahun. Kewajiban ini rupanya juga berlaku untuk para pemain sepak bola.

1. Eric Cantona ikut wajib militer sebelum melakoni debut dengan timnas Prancis

Selain Cantona & Del Piero, Ini Pesepak Bola yang Ikut Wajib MiliterPremier League

Legenda Manchester United ini masuk ke militer pada 1984 dan berakhir setahun kemudian. Pada 1983, Cantona yang masih berumur 17 tahun mengawali debut profesional dengan klub Prancis, Auxerre. Setelah vakum selama setahun, ia berhasil masuk ke timnas Prancis untuk pertama kalinya pada 1987.

2. Alessandro Del Pierro bergabung dengan militer Italia setelah menangkan Scudetto bersama Juventus

Selain Cantona & Del Piero, Ini Pesepak Bola yang Ikut Wajib MiliterSky Sports

Status sebagai pemain kunci di klub elit tak menjamin Alessandro Del Piero lolos dari kewajiban ikut latihan militer. Bahkan, ia melakoninya meski setelah meraih Scudetto bersama Juventus pada 1995 hingga 1996. Ia pun mendapat julukan Tentara Jutawan sebab menjalani wajib militer di saat bersamaan dengan mengantongi gelar sebagai pemain termahal di Italia.

3. Sir Bobby Charlton membagi waktu antara tugas ketentaraan dan bermain untuk Manchester United

Selain Cantona & Del Piero, Ini Pesepak Bola yang Ikut Wajib MiliterManchester Evening News

Sir Bobby Charlton punya jadwal sibuk ketika menjalani musim pertama secara profesional bersama Manchester United pada 1956. Ia harus ikut wajib militer di Shrewsbury dari Senin hingga Jumat. Kemudian, pada akhir pekan, ia bermain untuk Setan Merah di bawah arahan manajer legendaris Matt Busby.

4. Bruce Grobbelaar ikut perang sipil di Zimbabwe sebelum menandatangani kontrak dengan Liverpool

Selain Cantona & Del Piero, Ini Pesepak Bola yang Ikut Wajib MiliterLiverpool Echo

Bruce Grobbelaar adalah mantan penjaga gawang Liverpool berkebangsaan Zimbabwe. Enam tahun sebelum menjadi anggota skuat Bob Paisley pada 1981, Grobbelaar harus melakoni kewajiban di salah satu unit militer Zimbabwe. Ia bahkan pernah bertugas saat perang sipil di negara tersebut pecah.

5. Saat Swansea City akan berhadapan dengan Manchester City, Ki Sung-yueng justru harus pulang kampung

Selain Cantona & Del Piero, Ini Pesepak Bola yang Ikut Wajib MiliterSwansea City

Gelandang Swansea City asal Korea Selatan, Ki Sung-yueng, harus mudik ke negaranya pada 2016 lalu demi memenuhi panggilan wajib militer. Ia pun terpaksa tak ikut membela timnya ketika berhadapan dengan Manchester City. Ki bertahan selama empat minggu di barak militer, kemudian kembali lagi ke Inggris.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya