5 Bek Kanan Papan Atas yang Pernah Memperkuat AS Roma

Didominasi oleh pemain asal Brasil

AS Roma merupakan salah satu klub yang sukses menembus semi final Liga Konferensi Europa 2021/2022 ini. AS Roma akan bertemu Leicester City di babak empat besar ini. Peluang AS Roma untuk menjuarai Liga Konferensi Europa sangatlah besar. Terlebih, mereka dilatih oleh pelatih berpengalaman, Jose Mourinho.

Salah satu kekuatan AS Roma musim ini ada di sektor bek kanan. Jose Mourinho sangat mengandalkan Rick Karsdorp untuk mengisi posisi bek kanan. Pada 2021/2022 ini, Karsdorp sudah memainkan 43 laga bersama AS Roma dengan torehan 7 assist di semua kompetisi.

Sebelum Karsdorp, AS Roma juga pernah diperkuat oleh sederet bek kanan dengan nama besar. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Cafu

5 Bek Kanan Papan Atas yang Pernah Memperkuat AS Romapotret Cafu (ilromanista.eu)

Cafu merupakan salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Cafu bergabung dengan AS Roma pada Juli 1997. Kala itu, ia dibeli dari Palmeiras seharga 7,6 juta euro atau saat ini sekitar Rp119 miliar.

Cafu cukup sukses bersama AS Roma kala mempersembahkan trofi Serie A Italia pada 2000/2001 dan Piala Super Italia pada 2001/2002. Bersama AS Roma, Cafu tampil  sebanyak 218 laga dengan torehan 8 gol dan 17 assist di semua kompetisi.

Pada Juli 2003, AS Roma melepas Cafu ke AC Milan dengan status bebas transfer. Cafu gantung sepatu pada Maret 2009. Garforth Town merupakan klub terakhir dalam karier sepak bola Cafu.

2. Christian Panucci

5 Bek Kanan Papan Atas yang Pernah Memperkuat AS Romapotret Christian Panucci (sport.sky.it)

Christian Panucci merupakan bek kanan legendaris asal Italia. Ia bergabung dengan AS Roma pada September 2001 sebagai pemain pinjaman dari AS Monaco. Pada Juli 2002, AS Roma memutuskan membeli Panucci dari AS Monaco seharga 9,81 juta euro atau saat ini sekitar Rp153 miliar.

Bersama AS Roma, Panucci mencatatkan 315 pertandingan dengan torehan 31 gol dan 13 assist di semua kompetisi. Bersama AS Roma, Panucci berhasil memenangkan 2 gelar Coppa Italia dan 1 gelar Piala Super Italia.

AS Roma resmi melepas Panucci ke Parma pada Juli 2009 dengan status bebas transfer. Sang pemain memutuskan gantung sepatu pada Agustus 2010. Parma sendiri merupakan klub terakhirnya.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Menjadi Top Skor AS Roma, Tammy Menyusul?

3. Cicinho

5 Bek Kanan Papan Atas yang Pernah Memperkuat AS Romapotret Cicinho (gianlucadimarzio.com)

Berikutnya ada nama Cicinho, seorang bek kanan asal Brasil. Cicinho diboyong AS Roma dari Real Madrid pada Agustus 2007 seharga 11 juta euro atau saat ini sekitar Rp172 miliar. Cicinho hanya setengah musim bersama Real Madrid. Namun, masa yang singkat tersebut sudah cukup membuat namanya populer. Bahkan, Cincinho berhasil mengantarkan Real Madrid meraih gelar LaLiga musim 2006/2007.

Di musim perdananya bersama AS Roma, Cicinho tampil cemerlang sekaligus berhasil meraih gelar juara Coppa Italia musim 2007/2008. Sayangnya, Cicinho gagal mempertahankan performanya di musim-musim berikutnya. Ia sempat dipinjamkan ke Sao Paulo pada Februari 2010 dan Villarreal pada Januari 2011.

AS Roma akhirnya melepas Cicinho ke Sport Recife pada Januai 2012 dengan status bebas transfer. Bersama AS Roma, Cicinho mencatatkan 91 pertandingan dengan rorehan 3 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Pada Maret 2018, Cicinho pensiun sebagai pemain sepak bola. Ia menjadikan Brasiliense sebagai klub terakhirnya.

4. Maicon

5 Bek Kanan Papan Atas yang Pernah Memperkuat AS Romapotret Maicon (sempreinter.com)

Maicon bergabung dengan AS Roma pada Juli 2013. Kala itu, ia direkrut dari Manchester City dengan status bebas transfer. Maicon mulai dikenal banyak orang saat dirinya bermain utnuk Inter Milan. Bersama Inter Milan, Maicon meraih banyak trofi, di antaranya 4 gelar Serie A Italia, 2 gelar Coppa Italia, 3 gelar Piala Super Italia, 1 gelar Liga Champions, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Ia mencatatkan 249 pertandingan bersama Inter Milan dengan torehan 20 gol dan 51 assist di semua kompetisi.

Bersama AS Roma, sayangnya Maicon tak pernah meraih gelar sama sekali. Maicon bermain sebanyak 69 kali untuk AS Roma dengan menyumbang 5 gol dan 5 assist di semua kompetisi. Maicon berpisah dengan AS Roma pada Juli 2016. Selepas dari AS Roma, Maicon sempat tak memiliki klub hingga akhirnya bergabung dengan Avai FC pada Mei 2017. Maicon pensiun sebagai pemain sepak bola pada Juli 2021 lalu. Ia menjadikan Tre Penne sebagai klub terakhirnya.

5. Davide Zappacosta

5 Bek Kanan Papan Atas yang Pernah Memperkuat AS Romapotret Davide Zappacosta (skysports.com)

Davide Zappacosta merupakan bek kanan asli Italia. Ia bergabung dengan AS Roma pada Agustus 2019. Kala itu, ia dipinjam dari Chelsea selama semusim. Sebelum bergabung dengan AS Roma, Zappacosta cukup diandalkan oleh Chelsea. Bahkan, ia mampu menyumbang trofi untuk Chelsea, yakni Piala FA 2017/2018 dan Liga Europa 2018/2019.

Sayangnya, Zappacosta gagal menunjukan performa terbaiknya bersama AS Roma. Ia sangat jarang dimainkan. Zappacosta hanya memainkan sembilan laga serta mencetak satu assist di semua kompetisi. Ia tak meraih satu gelar pun bersama AS Roma. Kini, Zappacosta bermain untuk Atalanta.

Deretan nama di atas merupakan bek kanan ternama yang pernah memperkuat AS Roma. Dari sederet nama pemain tersebut, sosok Cafu dan Christian Panucci rasanya cukup pantas untuk menyandang gelar sebagai legenda AS Roma.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Catatan Gol Terbanyak saat Dilatih Jose Mourinho

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya