Comscore Tracker

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas Transfer

Sergio Ramos salah satunya

Sergio Ramos baru saja pergi dari Real Madrid untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Ramos merupakan salah satu bek hebat yang pernah dimiliki Real Madrid. Pemain asal Spanyol ini pantas disebut sebagai legenda Real Madrid.

Tidak hanya Sergio Ramos, Real Madrid juga memiliki banyak bek hebat yang memutuskan untuk berpisah dari Real Madrid dengan status bebas transfer. Kebanyakan dari mereka berpisah dari Real Madrid ketika usianya sudah tidak muda lagi. Lantas, siapa saja bek-bek hebat tersebut?

1. Aitor Karanka

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferAitor Karanka (us.as.com)

Aitor Karanka merupakan pemain asal Spanyol yang berposisi sebagai bek tengah. Ia direkrut Real Madrid dari Athletic Bilbao pada bulan Juli 1997 dengan biaya transfer sebesar 6,01 juta euro atau sekitar Rp103 miliar. Bersama Real Madrid, Karanka telah memainkan 149 pertandingan dan menciptakan 2 assist.

Setelah membela Real Madrid selama 5 musim, Karanka memutuskan untuk berpisah dengan klub berjuluk Los Blancos tersebut dengan status bebas transfer alias gratis. Ia kembali ke klub lamanya, Athletic Bilbao pada bulan Juli 2002. Saat itu usianya masih 28 tahun.

2. Fernando Hierro

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferFernando Hierro (sportingnews.com)

Selanjutnya ialah Fernando Hierro, bek tengah asal Spanyol tersebut digaet Real Madrid dari Real Valladolid pada bulan Juli 1989. Ia dibeli dengan harga yang sangat murah, yakni sebesar 811 ribu euro atau sekitar Rp13 miliar. Hierro membela Real Madrid selama 14 musim dengan mencatatkan 601 pertandingan.

Meskipun berposisi sebagai bek, Fernando Hierro mampu mencetak 126 gol dan 14 assist di semua kompetisi. Pada bulan Juli 2003, Hierro berpisah dari Real Madrid untuk bergabung ke klub Liga Qatar, Al-Rayyan. Saat itu, ia sudah berusia 35 tahun. Kepindahan tersebut tidak memakan biaya alias bebas transfer.

3. Roberto Carlos

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferRoberto Carlos (sportingnews.com)

Roberto Carlos merupakan bek kiri berkebangsaan Brasil. Ia dibeli Real Madrid dari Inter Milan pada bulan Juli 1996 dengan biaya transfer sebesar 6 juta euro atau sekitar Rp103 miliar. Bersama Real Madrid selama 11 musim, Carlos bermain 527 kali dengan torehan 70 gol dan 89 assist di semua kompetisi

Roberto Carlos memutuskan untuk meninggalkan Real Madrid dengan status bebas transfer. Ia pindah ke Liga Turki untuk bergabung bersama Fenerbahce pada bulan Juli 2007. Waktu itu, ia sudah berusia 34 tahun.

4. Ivan Helguera

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferIvan Helguera (elespanol.com)

Berikutnya ada sosok Ivan Helguera, bek tengah asal Spanyol. Ia bergabung dengan Real Madrid pada bulan Juli 1999. Kala itu, Helguera dibeli Real Madrid dari Espanyol seharga 2,5 juta euro atau sekitar Rp43 miliar.

Selama 8 musim bersama Los Blancos, Helguera bermain 346 kali dengan torehan 33 gol dan 14 assist di semua kompetisi. Pada usia 32 tahun, Ivan Helguera berpisah dengan Real Madrid untuk bergabung ke Valencia. Kepindahan Helguera terjadi pada bulan Juli 2007. Saat itu, Helguera berstatus bebas transfer.

5. Fabio Cannavaro

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferFabio Cannavaro (getfootballnewsspain.com)

Fabio Cannavaro diboyong Real Madrid ke Santiago Bernabeu dari Juventus pada bulan Juli 2006. Real Madrid membelinya dengan harga sebesar 7 juta euro atau sekitar Rp120 miliar. Cannavaro hanya 3 musim bersama Real Madrid.

Bersama Los Blancos, bek asal Italia tersebut tampil sebanyak 118 kali dengan torehan 1 gol. Pada bulan Juli 2009, Fabio Cannavaro memutuskan untuk kembali ke klub lamanya, Juventus dengan status bebas transfer. Saat itu, Cannavaro sudah berusia 35 tahun.

Baca Juga: 10 Potret Eko Patrio dan Cannavaro Anak Bungsu yang Beranjak Remaja 

6. Michel Salgado

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferMichel Salgado (goal.com)

Michel Salgado merupakan bek kanan berdarah Spanyol. Ia digaet Real Madrid dari Celta Vigo pada bulan Juli 1999 dengan biaya transfer sebesar 6 juta euro atau sekitar Rp103 miliar. Salgado juga cukup lama membela Los Blancos, yakni 10 musim.

Bersama Real Madrid, Salgado telah memainkan 371 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 25 assist di semua kompetisi. Pada bulan Agustus 2009, Michel Salgado pergi dari Real Madrid untuk berlaga di Liga Inggris bersama Blackburn Rovers. Saat itu, Salgado sudah berusia 33 tahun dan berstatus bebas transfer.

7. Ricardo Carvalho

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferRicardo Carvalho (skysports.com)

Berikutnya ada Ricardo Carvalho, bek tengah asal Portugal. Carvalho dipinang Real Madrid dari Chelsea pada musim 2010/2011. Kala itu, Carvalho dihargai sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp137 miliar. Carvalho menjadi penggawa Real Madrid selama 3 musim.

Bersama Real Madrid, Ricardo Carvalho memcatatkan 77 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Pada musim 2013/2014, Carvalho pergi dari Real Madrid untuk bergabung ke AS Monaco dengan status bebas transfer. Saat itu, ia sudah menginjak usia 35 tahun.

8. Alvaro Arbeloa

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferAlvaro Arbeloa (skysports.com)

Alvaro Arbeloa merupakan jebolan akademi Real Madrid. Pemain asal Spanyol ini berposisi sebagai bek kanan. Real Madrid sempat menjual Arbeloa ke Deportivo La Coruna seharga 1,3 juta euro atau sekitar Rp22 miliar. Real Madrid membawa pulang kembali Arbeloa pada bulan Juli 2009. Kala itu, Arbeloa sudah berstatus sebagai pemain Liverpool. Real Madrid harus membayar biaya transfer sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp68 miliar.

Selam 8 musim bersama Real Madrid, Arbeloa tampil sebanyak 238 kali dengan torehan 6 gol dan 15 assist di semua kompetisi. Pada bulan Agustus 2016, Arbeloa meninggalkan Real Madrid untuk bermain bersama  West Ham United. Saat itu, Arbeloa sudah berusia 33 tahun. West Ham United mendapatkannya secara gratis karena sudah berstatus bebas transfer.

9. Pepe

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferPepe (sempreinter.com)

Berikutnya ada Pepe, bek tengah ini dibeli Real Madrid dari FC Porto pada bulan Juli 2007. Pemain asal Portugal ini dibeli Real Madrid dengan biaya transfer sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp516 miliar. Pepe menjadi salah satu bek berharga mahal yang pernah dibeli Real Madrid.

Selama 10 musim bersama Real Madrid, Pepe tampil sebanyak 334 kali dengan torehan 15 gol dan 20 assist di semua kompetisi. Pada bulan Juli 2017, Pepe memutuskan untuk berpisah dengan Real Madrid untuk bermain bersama Besiktas di Liga Turki.  Pepe bergabung Besiktas dengan status bebas transfer. Kala itu, ia sudah berusia 34 tahun.

10. Fabio Coentrao

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferFabio Coentrao (bleacherreport.com)

Fabio Coentrao merupakan salah satu bek berharga mahal yang pernah dibeli Real Madrid dari Benfica dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp516 miliar. Sayangnya, pemain asal Portugal ini sering mengalami cedera. Selain itu, Real Madrid juga meminjamkan Coentrao ke klub lain seperti AS Monaco dan Sporting Lisbon.

Meskipun sering mengalami cedera dan dipinjamkan ke klub lain, Coentrao mampu mencatatkan 106 pertandingan bersama Real Madrid dengan torehan 1 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Coentrao akhirnya memutuskan untuk pindah ke Rio Ave dengan status bebas transfer pada bulan Agustus 2018.

11. Sergio Ramos

11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas TransferSergio Ramos (astamfordbridgetoofar.com)

Real Madrid juga baru saja ditinggal pergi oleh salah satu bek terbaiknya, yakni Sergio Ramos. Ramos adalah salah satu pemain yang paling berjasa dalam kesuksesan Real Madrid. Bek tengah asal Spanyol ini didatangkan Real Madrid dari Sevilla pada bulan Agustus 2005.

Musim ini, Sergio Ramos resmi meninggalkan Real Madrid untuk bergabung ke Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Sergio Ramos sudah membela Real Madrid selama 16 musim. Ia telah mencatatkan 671 pertandingan dengan torehan 101 gol dan 40 assist di semua kompetisi.

Setelah berjuang bersama Real Madrid selama bermusim-musim, akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah dengan klub berjuluk Los Blancos tersebut dengan status bebas transfer.

Baca Juga: 5 Gelandang Bertahan Berharga Mahal yang Pernah Dibeli Real Madrid

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya