Comscore Tracker

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLiga

Banyak yang raih trofi bersama klub LaLiga Spanyol

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub besar dalam sejarah sepak bola Jerman. Klub yang bermarkas di Signal Iduna Park ini merupakan pesaing kuat bagi Bayern Munich. Tercatat, Borussia Dortmund telah mengoleksi 8 gelar Bundesliga Jerman, 5 gelar Piala Jerman, 6 gelar Piala Super Jerman, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Ada banyak pemain Borussia Dortmund kini sudah pindah ke klub lain. Mereka memiliki kualitas jempolan sehingga banyak yang masih bermain di liga top Eropa. Beberapa di antaranya kini bermain untuk klub LaLiga Spanyol. Berikut ini adalah 8 mantan pemain Borussia Dortmund yang kini bermain untuk klub LaLiga Spanyol.

1. Adnan Januzaj

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Adnan Januzaj (skysports.com)

Adnan Januzaj tercatat pernah bermain untuk Borussia Dortmund. Pemain Belgia yang berperan sebagai winger kanan ini bergabung ke Borussia Dortmund pada Agustus 2015. Status Januzaj di Dortmund adalah sebagai pemain pinjaman dari Manchester United. Pada Januari 2016, Januzaj pulang ke Manchester United.

 
Berdasarkan data Transfermarkt, Januzaj mencatatkan 12 penampilan bersama Dortmund dengan torehan 3 assists di semua kompetisi. Kini, Januzaj bermain bersama Real Sociedad. Bersama La Real, Januzaj berhasil memenangkan Copa del Rey musim 2019/2020. Kontrak Januzaj bersama Real Sociedad akan berakhir pada Juni 2022 nanti.

2. Ousmane Dembele

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Ousmane Dembele (skysports.com)

Ousmane Dembele didatangkan Barcelona pada Agustus 2017 lalu. Sebelum pindah ke Barcelona, Dembele merupakan pemain Borussia Dortmund. Dembele tampil sangat luar biasa bersama Dortmund. Berdasarkan data Transfermarkt, Dembele membukukan 10 gol dan 22 assists dari 50 pertandingan bersama Dortmund di semua kompetisi.

Pemain Prancis berusia 24 tahun itu juga berperan sebagai winger kanan. Dembele dibeli Barcelona dari Dortmund dengan harga yang sangat mahal, yakni 140 juta euro atau saat ini sekitar Rp2,1 triliun. Sayangnya, Dembele sering dibekap cedera. Ia gagal bersinar bersama Barcelona. Kontrak Dembele bersama Bacelona juga akan berakhir pada Juni 2022 nanti.

3. Marc Bartra

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Marc Bartra (skysports.com)

Selanjutnya ada pemain asli Spanyol, Marc Bartra. Pemain berusia 31 tahun ini pernah bermain untuk Borussia Dortmund sebelum didatangkan Real Betis. Bartra didatangkan Los Verdiblancos dari Dortmund pada Januari 2018 seharga 10,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp160 miliar.

Selama membela Dortmund, Bartra berhasil memenangkan Piala Jerman musim 2016/2017. Saat ini, ia merupakan andalan di lini belakang Real Betis. Bartra juga baru saja membawa Real Betis meraih gelar Copa del Rey musim 2021/2022 ini. Bartra masih memiliki kontrak dengan Real Betis hingga Juni 2023 nanti.

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

4. Pierre-Emerick Aubameyang

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Pierre-Emerick Aubameyang (skysports.com)

Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Borussia Dortmund pada Juli 2013 dari Saint-Etienne seharga 13 juta euro atau saat ini sekitar Rp199 miliar. Aubameyang tampil sangat mengesankan bersama Dortmund. Ia berhasil membawa Dortmund memenangkan 1 gelar Piala Jerman dan 2 gelar Piala Super Jerman.

Berdasarkan data Transfermarkt, Aubameyang mencatatkan 213 penampilan bersama Dortmund dengan koleksi 141 gol serta 36 assists di semua kompetisi. Kualitas ciamik Aubameyang membuat Arsenal berani menebusnya dari Dortmund pada Januari 2018 dengan harga sebesar 63,75 juta euro atau saat ini sekitar Rp976 miliar.

Kini Aubameyang bermain untuk Barcelona setelah berpisah dari Arsenal dengan status bebas transfer. Striker asal Gabon tersebut memiliki kontrak dengan Barcelona hingga Juni 2025.

5. Mikel Merino

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Mikel Merino (as.com)

Pemain Spanyol berusia 25 tahun ini pernah memperkuat Borussia Dortmund pada Juli 2016. Kala itu, ia direkrut dari Osasuna seharga 3,75 juta euro atau saat ini sekitar Rp57 miliar. Selama berkarier di Dortmund, Marino sukses memenangkan Piala Jerman musim 2016/2017.

Pada Juli 2018, Marino dijual ke Newcastle United dengan harga 7 juta euro atau saat ini sekitar Rp107 miliar. Sebelumnya, ia dipinjamkan ke klub tersebut selama satu musim.

Kini, pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu bermain untuk Real Sociedad. Bersama Real Sociedad, Marino juga sukses dengan memenangkan Copa del Rey musim 2019/2020. Ia memiliki kontrak bersama Real Sociedad hingga Juni 2025.

6. Alexander Isak

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Alexander Isak (theguardian.com)

Alexander Isak adalah penyerang tengah asal Swedia yang pernah bermain bersama Borussia Dortmund. Isak berseragam Dortmund sejak Januari 2017. Ia direkrut dari AIK Solna seharga 8,6 juta euro atau saat ini sekitar Rp131 miliar. Isak pernah dipinjamkan ke Willem II Tilburg pada Januari 2019. Pada Juli 2019, Dortmund melepas Isak ke Real Sociedad seharga 15 juta euro atau saat ini sekitar Rp229 miliar.

Setelah meninggalkan Dortmund, Isak bersinar bersama Real Sociedad. Ia berhasil memenangkan Copa del Rey musim 2019/2020 dan meraih gelar top skor Copa del Rey dengan raihan 7 gol pada musim tersebut. Isak memiliki kontrak bersama Real Sociedad hingga Juni 2026.

7. Paco Alcacer

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Paco Alcacer (skysports.com)

Selanjutnya ada pemain yang berkebangsaan Spanyol, Paco Alcacer. Pria berusia 28 tahun ini pernah berseragam Borussia Dortmund sebelum didatangkan Villarreal. Alcacer dibeli The Yellow Submarine dari Dortmund pada Januari 2020 seharga 23 juta euro atau saat ini sekitar Rp352 miliar. 

Bersama Dortmund, Alcacer memenangkan Piala Super Jerman musim 2019/2020. Berdasarkan data Transfermarkt, Alcacer membukukan 26 gol dan 4 assists dari 47 penampilan di semua kompetisi.

Kini, Alcacer menjadi salah satu striker andalan Villarreal. Pada 2020/2021 lalu, Alcacer berhasil memenangkan Liga Europa bersama Villarreal. Alcacer terikat kontrak dengan Villarreal hingga Juni 2025.

8. Thomas Delaney

8 Mantan Pemain Borussia Dortmund yang Kini Bermain untuk Klub LaLigapotret Thomas Delaney (marca.com)

Terakhir, ada Thomas Delaney, gelandang bertahan asal Denmark. Delaney pernah memperkuat Borussia Dortmund sebelum didatangkan Sevilla. Alcacer direkrut Sevilla dari Dortmund pada Agustus 2021 lalu. Kala itu, Sevilla membeli Delaney dengan harga sebesar 6 juta euro atau saat ini sekitar Rp91 miliar.

Selama membela Dortmund, Delaney menjuarai Piala Super Jerman musim 2019/2020 dan Piala Jerman musim 2020/2021. Berdasarkan data Transfermarkt, ia mencatatkan 88 penampilan bersama Dortmund dengan torehan 4 gol dan 11 assists di semua kompetisi. Kini, ia berstatus sebagai pemain Sevilla dengan durasi kontrak hingga Juni 2025.

Para pemain di atas adalah mantan Borussia Dortmund yang kini bermain bersama klub LaLiga Spanyol. Beberapa dari mereka terbilang sukses bersama klub LaLiga tersebut, bahkan ada yang sudah memenangi trofi. Lantas, siapa lagi pemain Dortmund yang bakal pindah ke klub LaLiga Spanyol di masa depan?

Baca Juga: 9 Partai Final Liga Champions yang Terjadi Lebih dari Sekali

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya