5 Pemain Bintang yang Membawa Pengaruh Besar untuk Manchester United

Ada yang berhasil meraih Ballon d'Or!

Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi suatu klub sepak bola adalah dengan masuk ke bursa transfer pemain. Di bursa transfer, ada banyak pemain yang berharga mahal. Pemain yang menunjukkan performa mentereng di suatu klub biasanya akan memiliki harga yang mahal.

Namun, harga mahal tidak menjamin bahwa pemain tersebut bisa meningkatkan prestasi klub yang membelinya. Terlebih, ada beberapa pemain yang dibeli dengan harga yang murah namun bisa membawa pengaruh besar pada peningkatan prestasi sebuah klub sepak bola.

Manchester United merupakan salah satu klub yang sering masuk ke bursa tranfer pemain. Pemain yang dibelinya pun memiliki harga yang beragam. Ada yang berharga murah dan ada yang berharga mahal.

Manchester United beberapa kali sukses mendatangkan pemain yang membawa pengaruh besar untuk klub berjuluk Setan Merah tersebut. Lantas, siapa saja mereka? Check this out!

1. Ruud Van Nistelrooy

5 Pemain Bintang yang Membawa Pengaruh Besar untuk Manchester UnitedRuud Van Nistelrooy (goal.com)

Pada masa jayanya, Ruud Van Nistelrooy merupakan salah satu striker terbaik di Eropa. Ia menjadi striker mematikan di kubu Manchester United. Striker asal Belanda ini mampu membawa pengaruh besar pada peningkatan prestasi Manchester United dengan meraih sejumlah gelar bergengsi, termasuk gelar Liga Inggris musim 2002/2003 dan Piala FA 2003/2004.

Manchester United mendatangkan Ruud Van Nistelrooy dari PSV Eindhoven pada bulan Juli 2001 dengan biaya sebesar 28.5 juta euro atau setara Rp495 miliar. Ruud Van Nistelrooy sangat beruntung bisa dilatih Sir Alex Ferguson. Di bawah arahan Sir Alex Ferguson, Ruud Van Nistelrooy menjadi striker yang rajin mencetak gol.

Ia pernah tiga kali menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions Eropa, yakni musim 2001/2002, 2002/2003, dan 2004/2005. Di Liga Inggris, Ruud Van Nistelrooy mampu meraih sepatu emas dengan torehan 25 gol pada musim 2002/2003. Selama berkarier bersama Manchester United, pria asal Belanda tersebut sukses mencetak 150 gol dan 20 assists dalam 219 pertandingan.

2. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Bintang yang Membawa Pengaruh Besar untuk Manchester UnitedCristiano Ronaldo (goal.com)

Karier Cristiano Ronaldo dimulai di Liga Portugal bersama Sporting Lisbon. Debutnya di Liga Portugal terjadi ketika Sporting Lisbon menghadapi Mereirense pada bulan Oktober 2002. Di laga tersebut, Ronaldo berhasil mencetak dua gol. Selama bermain untuk Sporting Lisbon, Ronaldo mencetak 5 gol dan 5 assists dalam 31 pertandingan di semua kompetisi.

Sebelum musim 2003/2004 bergulir, Manchester United mengadakan duel pramusim melawan Sporting Lisbon. Cristiano Ronaldo bermain luar biasa pada laga tersebut. Penampilan Cristiano Ronaldo membuat Sir Alex Ferguson terkesan.

Akhirnya, Manchester United memboyong Ronaldo ke Old Trafford pada Agustus 2003 dengan biaya sebesar 19 juta euro atau setara dengan Rp330 miliar. Penampilan Cristiano Ronaldo sangat luar biasa bersama Manchester United. Kehadiran pemain Portugal tersebut membawa pengaruh besar pada peningkatan prestasi Manchester United.

Trofi demi trofi kembali diraih oleh klub berjuluk Setan Merah tersebut. Ketika masih merumput di Old Trafford, Ronaldo mampu membawa Manchester United meraih 3 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 2 gelar Piala Liga, 1 gelar Liga Champions Eropa, serta beberapa gelar lainnya.

Selain itu, Ronaldo juga berhasil meraih Ballon d'Or tahun 2008 atas performanya yang luar biasa. Selama 292 penampilan bersama Manchester United, Ronaldo mampu mencetak 118 gol dan 69 assists di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester United, Siapa Saja?

3. Wayne Rooney

5 Pemain Bintang yang Membawa Pengaruh Besar untuk Manchester UnitedWayne Rooney (goal.com)

Setelah mendatangkan Cristiano Ronaldo pada Agustus 2003, setahun kemudian Manchester United kembali mendatangkan pemain muda berbakat yang bernama Wayne Rooney. Manchester United mendatangkan Rooney dari klub sesama Liga Inggris, Everton. Transfer tersebut senilai 37 juta euro atau setara Rp643 miliar.

Selama 13 musim bersama Manchester United, Rooney sukses memenangkan 5 gelar Liga Inggris, 1 gelar Piala FA, 4 gelar Piala Liga, 1 gelar Liga Eropa, dam 1 gelar Liga Champions Eropa serta beberapa gelar lainnya.

Selama bermain untuk Manchester United, Wayne Rooney menorehkan 252 gol dan 146 assist dari 559 pertandingan di semua kompetisi. Rooney sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. Kini, sang legenda Manchester United beralih profesi menjadi pelatih klub, Derby County.

4. Nemanja Vidic

5 Pemain Bintang yang Membawa Pengaruh Besar untuk Manchester UnitedNemanja Vidic (goal.com)

Manchester United mendatangkan Nemanja Vidic dari klub Rusia, Spartak Moscow pada Januari 2006. Bek asal Serbia ini dibeli dengan harga sebesar 8,5 juta euro atau setara Rp182 miliar. Harga tersebut terbilang cukup murah untuk klub sekelas Manchester United.

Meskipun dibeli dengan harga murah, nyatanya Vidic menjadi salah satu bek tangguh dalam sejarah Manchester United. Kehadiran Nemanja Vidic membuat pertahanan Manchester United sangat sulit untuk dibobol lawan. Apalagi jika diduetkan dengan bek asal Inggris, Rio Ferdinand.

Bisa dibilang, kedatangan Vidic menyempurnakan skuat Manchester United, setelah sebelumnya mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Klub berjuluk Setan Merah tersebut menjadi klub yang kuat baik dalam bertahan maupun dalam menyerang.

Banyak sekali kesuksesan yang diraih Vidic bersama Manchester United. Tercatat, Vidic sudah memenangkan 5 gelar Liga Inggris, 3 gelar Piala Liga, 1 gelar Liga Champions Eropa, dan beberapa gelar lainnya. Vidic sendiri terkenal sebagai bek yang piawai dalam menyundul bola dan berani melakukan tekel dalam kotal penalti.

5. Bruno Fernandes

5 Pemain Bintang yang Membawa Pengaruh Besar untuk Manchester UnitedBruno Fernandes (goal.com)

Pada Januari 2020, Manchester United memboyong Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon dengan biaya transfer sebesar 55 juta euro atau setara Rp955 miliar. Pemain asal Portugal tersebut membawa pengaruh yang luar biasa pada Manchester United.

Kontribusi gol dan assist Bruno Fernandes membantu Manchester United bersaing dengan Manchester City di Liga Inggris. Selain itu, Bruno Fernandes juga berkontribusi besar dalam kemenangan Manchester United saat melawan AS Roma dengan agregat 8-5 di laga semifinal Liga Eropa 2020/2021.

Dengan kemenangan tersebut, Manchester United dipastikan lolos ke final Liga Europa musim 2020/2021. Manchester United akan bertemu Villarreal pada laga final tersebut.

Itu juga akan menjadi kesempatan besar Bruno Fernandes untuk mendapatkan trofi pertama bersama Manchester United. Di Liga Inggris musim 2020/2021, Bruno Fernandes kemungkinan besar dinobatkan sebagai gelandang terbaik dengan torehan 18 gol dan 11 assists dari 37 pertandingan.

 

Itulah lima pemain bintang yang membawa pengaruh besar untuk Manchester United. Pemain-pemain tersebut mampu meningkatkan prestasi bagi kubu Setan Merah. Dari kelima pemain tersebut hanya Bruno Fernandes yang masih aktif di Manchester United.

Bruno Fernandes masih belum menyumbangkan trofi karena masih baru bergabung. Bisakah Bruno Fernandes menyumbangkan trofi pertama untuk Manchester United dengan menjuarai Liga Europa musim ini?

Baca Juga: 7 Pemain yang Paling Sering Menjadi Pemain Terbaik Manchester United

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya