Comscore Tracker

5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga Turki

Ada yang terkenal bandel dan sering bersikap kontroversial

Liverpool merupakan salah satu klub Inggris dengan performa terbaik musim ini. Klub yang bermarkas di Stadion Anfield ini menjadi pesaing terdekat Manchester City dan Chelsea dalam perebutan gelar Liga Inggris.

Hal tersebut tak lepas dari performa apik yang diperagakan oleh pemain-pemain Liverpool, seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, hingga Diogo Jota. Kualitas para pemain Liverpool tersebut merupakan salah satu yang terbaik di Eropa.

Meskipun begitu, Liverpool pernah beberapa kali mendatangkan pemain yang tidak sesuai dengan harapan. Pemain-pemain tersebut dinilai tampil buruk sehingga harus dilepas ke klub lain. Beberapa dari mereka sekarang berkarier di Liga Turki. Lantas, siapa saja mereka? Check this out!

1. Ryan Babel

5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga TurkiRyan Babel (liverpoolecho.co.uk)

Saat ini, Ryan Babel bermain di Liga Turki bersama Galatasaray. Penyerang sayap kiri asal Belanda tersebut direkrut Galatasaray pada musim panas 2019 setelah kontraknya bersama Fulham tak diperpanjang. Bersama Galatasaray, Babel berhasil memenangkan 1 gelar Liga Turki dan 1 gelar Piala Super Turki. Kontraknya bersama Galatasaray akan habis bulan Juni 2022 nanti.

Jauh sebelum menjadi pemain Galatasaray, Ryan Babel merupakan penggawa Liverpool. Ia bergabung ke Liverpool pada musim panas 2007. Kala itu, ia direkrut dari Ajax Amsterdam. Babel sempat dijuluki wonderkid oleh publik sepak bola. Sayangnya, Babel gagal menunjukkan performa terbaiknya selama bermain untuk Liverpool.

Babel mencatatkan 146 pertandingan bersama Liverpool dengan torehan 22 gol dan 18 assist di semua kompetisi. Pada musim dingin 2011, Liverpool pun memutuskan untuk melepas Babel ke klub Jerman, Hoffenheim.

2. Nuri Sahin

5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga TurkiNuri Sahin (skysports.com)

Berikutnya ada nama Nuri Sahin, pemain Turki yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Saat ini ia berkiprah di Liga Turki bersama Antalyaspor. Ia bergabung ke Antalyaspor pada musim panas 2020 setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Werder Bremen. Sampai saat ini, Sahin belum meraih gelar bersama Antalyaspor. Kontraknya bersama Antalyaspor akan berakhir pada bulan Juni 2022 nanti.

Ternyata, Nuri Sahin juga pernah bermain untuk Liverpool. Ia bergabung ke Liverpool pada musim panas 2012 sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Sahin hanya bertahan setengah musim bersama Liverpool. Pada musim dingin 2013, ia dikembalikan ke Real Madrid. Ia dinilai tidak bisa beradaptasi dengan permainan Liverpool. Bahkan, Sahin merasa tidak bahagia di Liverpool. Sahin mencatatkan 12 pertandingan bersama Liverpool dengan torehan 3 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Nuri Sahin, Pesepak Bola Turki yang Bikin Terpesona

3. Fabio Borini

5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga TurkiFabio Borini (skysports.com)

Fabio Borini juga bermain di Liga Turki saat ini. Ia merupakan penggawa Fatih Karagumruk sejak musim dingin 2021. Sebelumnya ia berstatus tanpa klub setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Hellas Verona. Borini masih terikat kontrak dengan Fatih Karagumruk hingga bulan Juni 2023.

Penyerap sayap kiri asal Italia ini juga pernah berkarier bersama Liverpool. Ia bergabung dengan Liverpool pada musim dingin 2012. Saat itu ia direkrut dari AS Roma. Sayangnya, Borini jarang dimainkan oleh Liverpool.

Liverpool sempat meminjamkan Fabio Borini ke Sunderland pada musim panas 2013. Borini akhirnya dilepas Liverpool ke Sunderland secara permanen pada musim panas 2015. Borini mencatatkan 38 pertandingan bersama Liverpool dengan torehan 3 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

4. Steven Caulker

5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga TurkiSteven Caulker (teamtalk.com)

Steven Caulker merupakan pemain kelahiran Inggris yang bermain untuk Timnas Sierra Leone. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut bermain di Liga Turki bersama Gaziantep. Ia bergabung ke Gaziantep musim panas 2021 setelah kontraknya bersama Fenerbahce habis. Kontraknya bersama Gaziantep akan berakhir pada bulan Juni 2022 nanti.

Steven Caulker juga pernah menjadi pemain Liverpool. Ia bergabung ke Liverpool pada musim dingin 2016 dengan status pemain pinjaman dari Queens Park Rangers. Sayangnya, Caulker hanya bertahan setengah musim di Liverpool. Ia pun dikembalikan ke Queens Park Rangers pada musim panas 2016. Ia hanya mencatatkan 4 pertandingan bersama Liverpool.

5. Mario Balotelli

5 Pemain Gagal Liverpool yang Kini Bermain di Liga TurkiMario Balotelli (liverpoolfc.com)

Mario Balotelli merupakan pemain yang terkenal bandel dan sering bersikap kontroversial. Meskipun begitu, Pria Italia berdarah Ghana ini sempat digadang-gadang bakal menjadi penyerang hebat di dunia. Sayangnya, ia gagal menjadi menjadi pemain hebat karena menyia-nyiakan bakatnya dengan berbagai perilaku buruk yang ia lakukan.

Mario Balotelli saat ini bermain di Liga Turki bersama Adana Demirspor. Ia bergabung ke Adana Demirspor pada musim panas 2021 setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh AC Monza. Ia terikat kontrak dengan Adana Demirspor hingga bulan Juni 2024.

Mario Balotelli juga pernah berkarier bersama Liverpool. Ia bergabung ke Liverpool pada musim panas 2014. Kala itu, ia direkrut dari AC Milan. Sayangnya, Balotelli gagal tampil gemilang bersama Liverpool. Pada musim panas 2015, Balotelli dipinjamkan ke AC Milan. Pada musim panas 2016, Liverpool resmi melepas Balotelli ke OGC Nice dengan status bebas transfer. Ia mencatatkan 28 pertandingan bersama Liverpool dan hanya mencetak 4 gol.

 

Deretan pemain di atas merupakan pemain yang pernah didatangkan Liverpool. Sayangnya, mereka bermain di luar ekspektasi. Mereka tak banyak berkontribusi untuk Liverpool. Mereka semua masih aktif sebagai pemain sepak bola. Kini, mereka berkarier di Liga Turki.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain AC Milan yang Kini Bermain di Liga Turki

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya