5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub LaLiga dengan Harga Mahal

Tak semuanya tampil sesuai ekspektasi

Sebagai klub top dunia, Real Madrid kerap merekrut pemain dengan harga mahal untuk memperkuat skuad mereka. Tak hanya dari klub liga lain, mereka juga kerap merekrut pemain dari sesama klub LaLiga dengan harga mahal.

Ada setidaknya lima pemain yang dibeli dengan harga mahal dari klub LaLiga. Berapa harga yang dikeluarkan Real Madrid untuk mengeluarkan pemain-pemain itu?

1. Luis Figo 

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub LaLiga dengan Harga MahalLuis Figo (marca.com)

Luis Figo merupakan pemain termahal yang direkrut Real Madrid dari sesama klub LaLiga hingga saat ini. Figo yang berposisi sebagai winger kanan tersebut dibeli Real Madrid dari rival abadinya, Barcelona.

Pria asal Portugal tersebut merapat ke Real Madrid pada Juli 2000 dengan biaya transfer sebesar 60 juta euro atau saat ini sekitar Rp932 miliar. Figo lantas dicap pengkhianat oleh pendukung Barcelona. Bahkan, ia sempat dilembar kepala babi ketika melewat ke Camp Nou.

Meskipun begitu, Figo mampu meraih kesuksesan bersama Real Madrid. Tercatat, ia memenangi 2 gelar LaLiga, 1 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Bersama Real Madrid, Figo membukukan 57 gol dan 91 assist dari 244 penampilan. Pada Juli 2005, ia dilepas Real Madrid ke Inter Milan dengan status bebas transfer. Ia pun pensiun bersama Inter Milan pada Juli 2009 silam.

2. Asier Illarramendi 

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub LaLiga dengan Harga MahalAsier Illarramendi (marca.com)

Berikutnya, ada sosok Asier Illarramendi, pria yang berperan sebagai gelandang bertahan. Real Madrid mendatangkan Illarramendi dari Real Sociedad pada Juli 2013 seharga 32 juta euro atau saat ini sekitar Rp497 miliar.

Real Madrid mendatangkan Illarramendi untuk menjadi suksesor Xabi Alonso. Namun, sang pemain gagal memenuhi ekspektasi Los Blancos.

Bersama Real Madrid, Illarramendi mencatatkan 90 penampilan dengan torehan 3 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Pada Agustus 2015, ia memutuskan untuk kembali ke klub lamanya, Real Sociedad.

Baca Juga: 8 Pemain yang Juara Liga Champions Bersama Real Madrid dan Klub Lain

3. Alvaro Odriozola 

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub LaLiga dengan Harga MahalAlvaro Odriozola (marca.com)

Real Madrid mendatangkan Alvaro Odriozola pada Juli 2018. Bek kiri tersebut juga didatangkan dari Real Sociedad seperti Asier Illarramendi. Harga yang dikeluarkan Real Madrid juga sama, yakni 32 juta euro atau saat ini sekitar Rp497 miliar.

Odriozola sendiri didatangkan Real Madrid untuk menjadi suksesor Dani Carvajal. Sayangnya, Odriozola juga tak sanggup memenuhi ekspektasi Real Madrid.

Penampilannya tak memuaskan Los Blancos. Bahkan, Real Madrid lebih memilih Lucas Vasquez untuk menggantikan Carvajal ketika absen. Padahal posisi asli Vasquez bukan bek kiri.

Hal tersebut membuktikan bahwa Real Madrid tak percaya kepada Odriozola. Mereka berbelas kasihan dengan meminjamkan pemain berusia 26 tahun itu ke Bayern Munich dan Fiorentina daripada menjualnya.

Itu artinya Odriozola masih punya kesempatan untuk membuktikan diri. Musim 2022/2023 nanti bakal menjadi kesempatan bagi Odriozola untuk menunjukkan kualitasnya.

4. Isco 

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub LaLiga dengan Harga MahalIsco (fichajes.net)

Isco merupakan salah satu rekrutan terbaik Real Madrid. Pemain yang berperan sebagai gelandang ini direkrut dari Malaga pada Juli 2013. Kala itu, Isco ditebus Real Madrid dengan biaya sebesar 30 juta euro atau saat ini sekitar Rp465 miliar.

Isco dipastikan akan berpisah dengan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2022. Ia pergi dengan status bebas transfer setelah memilih menuntaskan kontraknya bersama Los Blancos.

Selama 9 musim berkiprah bersama Real Madrid, Isco sudah memenangi 3 gelar LaLiga, 1 gelar Copa del Rey, 5 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya. I menyumbang 53 gol dan 56 assist dari 353 penampilan. Berembus kabar Isco diperebutkan AS Roma, Sevilla, Real Betis, hingga Galatasaray.

5. Sergio Ramos 

5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub LaLiga dengan Harga MahalSergio Ramos (marca.com)

Sergio Ramos juga termasuk rekrutan terbaik Real Madrid. Ramos diboyong dari Sevilla pada Agustus 2005 seharga 27 juta euro atau saat ini sekitar Rp419 miliar.

Ramos awalnya berperan sebagai bek sayap. Ia tangguh dalam bertahan dan rajin membantu serangan. Pada 2011, ia kemudian berganti posisi sebagai bek tengah atas permintaan Jose Mourinho. Sejak saat itu, kariernya makin gemilang.

Selama berkiprah bersama Real Madrid, Ramos sudah mengoleksi 5 gelar LaLiga, 2 gelar Copa del Rey, 4 gelar Liga Champions, dan beberapa gelar bergengsi lainnya. Ia mencatatkan 671 penampilan dengan torehan 101 gol dan 40 assist.

Sergio Ramos hengkang dari Real Madrid pada Juli 2021. Ia memutuskan untuk pindah ke Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer.

Deretan pemain di atas merupakan rekrutan Real Madrid dari sesama klub LaLiga. Mereka dibeli dengan harga mahal. Dari kelima pemain tersebut, Asier Illarramendi dan Alvaro Odriozola dinilai tak berhasil menunjukkan performa terbaiknya.

Baca Juga: 9 Pemain Jerman yang Pernah Membela Real Madrid, Semuanya Juara LaLiga

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya