Comscore Tracker

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celik

Salah satunya berkewarganegaraan Italia

Di bawah asuhan Jose Mourinho, AS Roma mampu menjuarai UEFA Europa Conference League musim 2021/2022 lalu. Pencapaian tersebut membuat AS Roma semakin bergelora untuk memenangi gelar yang lebih bergengsi.

Untuk menyongsong musim kompetisi 2022/2023, I Giallorossi telah mendatangkan sederet pemain baru. Salah satunya ialah Zeki Celik yang diboyong dari klub Prancis, LOSC Lille. Kedatangan pemain Turki itu diharapkan bisa meningkatkan kekuatan AS Roma.

Menilik sejarah, AS Roma kerap merekrut sejumlah pemain yang berasal dari klub Prancis. Berikut ini tujuh pemain AS Roma yang direkrut dari klub Prancis sebelum Zeki Celik.

1. Christian Panucci

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Christian Panucci (asroma.com)

Christian Panucci tercatat pernah berkiprah di Prancis bersama AS Monaco. Sebelumnya, Panucci tergabung bersama sejumlah klub besar, seperti AC Milan, Real Madrid, Chelsea, hingga Inter Milan. AS Monaco sendiri sempat meminjamkan Panucci ke AS Roma pada September 2021.

Puas dengan servis Panucci, AS Roma akhirnya memutuskan untuk membeli pemain Italia itu secara permanen pada Juli 2002 seharga 9,81 juta euro atau saat ini sekitar Rp150 miliar. Selama delapan musim bersama AS Roma, Panucci mencatatkan 313 penampilan dengan torehan 31 gol dan 13 assist di semua kompetisi.

Pada Juli 2009, AS Roma melepas Panucci ke Parma secara gratis. Panucci pun pensiun sebagai pemain sepak bola pada Agustus 2010 dengan Parma sebagai klub terakhirnya.

2. Philippe Mexes

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Philippe Mexes (asroma.com)

Pada Juli 2004, AS Roma menggaet Philippe Mexes dari AJ Auxerre seharga 7 juta euro atau saat ini sekitar Rp107 miliar. Pria Prancis yang berposisi sebagai bek tengah tersebut mampu menjadi andalan AS Roma di lini belakang.

Selama membela AS Roma, Mexes tampil konsisten dengan mencatatkan 265 penampilan dengan koleksi 15 gol dan 8 assist di semua kompetisi. Pada Juli 2011, Mexes meninggalkan AS Roma untuk bergabung ke AC Milan dengan status bebas transfer. Mexes juga sudah gantung sepatu dengan AC Milan menjadi klub terakhir yang ia bela.

3. Mido

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Mido (asroma.com)

Selanjutnya ada sosok striker bernama Mido. Pria asal Mesir itu direkrut AS Roma dari Olympique Marseille juga pada Juli 2004. Kala itu, Mido dibeli AS Roma seharga 6 juta euro atau saat ini sekitar Rp92 miliar.

Sayangnya, Mido gagal bersinar bersama AS Roma. Selama membela I Giallorossi, ia hanya mencatatkan 14 penampilan dengan torehan 3 assist.

Mido sempat dipinjamkan AS Roma ke Tottenham Hotspur sebelum akhirnya dijual secara permanen pada Agustus 2006 dengan harga 6,75 juta euro atau saat ini sekitar Rp103 miliar.

Mido sendiri sudah pensiun sejak Juni 2013. Klub terakhir yang ia bela adalah Barnsley.

Baca Juga: 10 Potret Zeki Celik, Bek Kanan Anyar AS Roma asal Turki

4. Jeremy Menez

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Jeremy Menez (romagiallorossa.it)

Jeremy Menez merapat ke AS Roma sejak Agustus 2008. Pemain Prancis itu dibeli AS Roma dari AS Monaco dengan harga sebesar 12 juta euro atau saat ini sekitar Rp184 miliar.

Menez sendiri mampu tampil impresif bersama AS Roma. Ia dikenal sebagai sosok penyerang sayap dengan kemampuan dribbling dan kontrol bola berkualitas.

Pada Juli 2011, AS Roma menjual Menez ke Paris Saint-Germain dengan harga 8 juta euro atau saat ini sekitar Rp122 miliar. Menez meninggalkan AS Roma dengan koleksi 11 gol dan 22 assist dari 112 penampilan di semua kompetisi.

5. Lucas Digne

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Lucas Digne (asroma.com)

Lucas Digne bergabung dengan AS Roma pada Agustus 2015. Kala itu, ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain. Roma punya opsi membeli Digne secara permanen di akhir masa peminjaman.

Digne mampu tampil ciamik selama menjalani masa peminjaman di AS Roma. Satu musim bersama I Giallorossi, ia mencatatkan 41 penampilan dengan torehan gol dan 4 assist di semua kompetisi. Meski begitu, akhirnya AS Roma tak mengaktifkan opsi pembelian permanen untuk sang pemain Prancis satu ini.

6. Maxime Gonalons

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Maxime Gonalons (asroma.com)

Ada pula nama Maxime Gonalons, gelandang bertahan asal Prancis yang membela AS Roma sejak Juli 2017. Ia digaet dari Olympique Lyon seharga 5 juta euro atau saat ini sekitar Rp76 miliar.

Gonalons cukup kesulitan mendapatkan tempat utama di AS Roma. Ia pun lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Tercatat, Gonalons pernah dipinjamkan AS Roma ke Sevilla dan Granada. Gonalons akhirnya dilepas AS Roma ke Clermont Foot pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

Ia dilepas secara gratis alias bebas transfer. Selama membela AS Roma, Gonalons hanya mencatatkan 23 penampilan dengan torehan 2 assist.

7. Javier Pastore

7 Rekrutan AS Roma dari Klub Prancis sebelum Zeki Celikpotret Javier Pastore (asroma.com)

Setelah berjaya bersama Paris Saint-Germain, Javier Pastore memutuskan merapat ke AS Roma. Pemain Argentina itu dibeli AS Roma pada Juli 2018 dengan harga 24,7 juta euro atau saat ini sekitar Rp379 miliar.

Selama tiga musim berkiprah bersama AS Roma, Pastore hanya mencatatkan 37 penampilan dengan koleksi 4 gol dan 3 assist di semua kompetisi. Pada September 2021, Pastore bergabung dengan Elche setelah sebelumnya memutuskan kontrak bersama AS Roma.

Dari daftar di atas, ada tiga nama pemain yang mampu menjadi andalan AS Roma, yakni Christian Panucci, Philippe Mexes, dan Jeremy Menez, sementara keempat nama lain cenderung memiliki karier kurang gemilang bersama klub Ibu Kota Italia tersebut. Kira-kira, jejak mana yang akan diikuti oleh Zeki Celik bersama AS Roma?

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Stadio Olimpico, Markas AS Roma dan Lazio

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya