Comscore Tracker

Canangkan Kota Olahraga, Surabaya Sediakan Lapangan Softball hingga Sirkuit

Mbois pol pokok e rek!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya saat ini sedang giat membangun dan merevitalisasi sarana olahraga yang dimilikinya. Beberapa sarana olahraga bahkan direvitalisasi agar memenuhi standar internasional. Hal ini ditempuh untuk menjadikan Kota Surabaya sebagai kota olahraga sekaligus kota yang ramah untuk anak-anak. 

"Memang sesuai dengan grand design kota ini. Untuk mengurangi kenakalan remaja juga," ujar Kepala Bidang Sarana Dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, Edi Santoso melalui sambungan telepon dengan IDN Times, Senin (20/11).

Dalam kesempatan itu, Edi juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Surabaya untuk memanfaatkan sarana tersebut. "Iya silakan mengajukan ke Dispora dulu untuk peminjaman. Karena jadwalnya pemakaian kan yang tahu Dispora," ujarnya.

Lalu kira-kira apa saja sarana dan sarana olahraga milik pemerintah Kota Surabaya yang di antaranya berstandar internasional? 

1. Lapangan Hoki

Canangkan Kota Olahraga, Surabaya Sediakan Lapangan Softball hingga SirkuitHumas Pemkot Surabaya

Lapangan hoki ini berlokasi di depan Rumah Sakit Dr Soetomo, Jalan Dharmawangsa, Kota Surabaya. Diresmikan sejak setahun lalu, lapangan hoki ini memiliki spesifikasi dan standar internasional. Selain itu, lapangan ini juga dilengkapi dengan papan skor elektrik dan tribun penonton. 

Baca juga: Sediakan Lapangan Gratis, Kota Ini Jadi Surganya Pecinta Futsal

2. Lapangan Softball

Canangkan Kota Olahraga, Surabaya Sediakan Lapangan Softball hingga SirkuitHumas Pemkot Surabaya

Di kompleks yang sama dengan lapangan hoki, terdapat lapangan softball yang juga berstandar internasional. Lapangan ini sering digunakan latihan oleh klub maupun kejuaraan lain. "Kapasitasnya sesuai dengan yang diharapkan. Untuk rumput dan tanahnya sendiri juga bagus," ujar atlet softball Universitas Airlangga saat ditemui IDN Times (20/11). 

3. Lapangan THOR

Canangkan Kota Olahraga, Surabaya Sediakan Lapangan Softball hingga SirkuitIDN Times/Rudy Bastam

THOR adalah singkatan dari Tot Heil Onzer Ribbenkast, sebuah lapangan khusus olahraga atletik yang sudah digunakan sejak jaman penjajahan Belanda. Di dalamnya, terdapat lintasan lari berstandar internasional dan sarana olahraga atletik lainnya seperti lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing, hingga tolak peluru. 

4. Lapangan futsal

Canangkan Kota Olahraga, Surabaya Sediakan Lapangan Softball hingga SirkuitHumas Pemkot Surabaya

Walaupun belum berstandar internasional, namun keberadaannya yang masif menunjukkan perhatian pemerintah Surabaya terhadap anak-anak pencinta olahraga futsal. Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengaku, bahwa lapangan-lapangan tersebut dibuat dengan tujuan untuk mewadahi anak-anak yang gemar bermain futsal namun tak memiliki dana untuk menyewa lapangan. "Harapannya supaya anak-anak itu dapat bermain bola tanpa harus membayar mahal," ujar Risma kepada IDN Times (20/10) lalu. 

5. Sirkuit Road Race Bung Tomo. 

Canangkan Kota Olahraga, Surabaya Sediakan Lapangan Softball hingga SirkuitHumas Pemkot Surabaya via Bisnis.com

Tak hanya fokus pada olahraga lapangan, pemerintah kota Surabaya juga memberi perhatian kepada pencinta olahraga balap. Hal ini dibuktikan dengan membangun sirkuit road race berstandar internasional di kawasan Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Sirkuti ini nantinya akan diberi nama road race Bung Tomo. 

Baca juga: Sempat Mangkrak, Risma Kembali Resmikan Lapangan Atletik Thor

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya