Alex Rins Ingin Lebih Konsisten di MotoGP Musim Depan

Salah satu targetnya tidak banyak crash saat balapan

Musim balap 2021 adalah musim terburuk bagi Alex Rins. Pasalnya, ia banyak melakukan kesalahan yang berujung pada gagal finis saat balapan.

Belajar dari kesalahannya, pembalap pabrikan Suzuki ini menargetkan performa yang lebih konsisten di MotoGP musim 2022 nanti. Rins siap memperbaiki diri dan belajar dari pengalaman buruknya.

1. Tahun 2021 menjadi musim yang mengecewakan

Alex Rins Ingin Lebih Konsisten di MotoGP Musim DepanAlex Rins (motogp.com)

Tahun 2021 memang tahun yang mengecewakan bagi Alex Rins. Ia hanya mampu raih satu kali podium saat GP Inggris. Pencapaiannya pun turun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Jika pada 2020 ia bertengger di posisi 3 klasemen, tahun ini ia harus puas di posisi 13 klasemen dengan raihan 99 poin.

Alex Rins pun mengakui bahwa tahun 2021 merupakan musim yang terasa sangat panjang dan menyulitkan. “Ada banyak hal yang ingin aku lupakan, seperti banyaknya kecelakaan, dan khususnya empat kali DNF secara beruntun,” kata Rins seperti dikutip Crash.

2. Tujuh kali crash, empat di antaranya beruntun

Alex Rins Ingin Lebih Konsisten di MotoGP Musim DepanAlex Rins terjatuh di Sirkuit Le Mans. (motorsportmagazine.com)

Rins menjadi salah satu rider yang banyak terjatuh saat balapan berlangsung. Ia tercatat tujuh kali terjatuh, yang empat di antaranya terjadi secara beruntun: di Portimao, Jerez, Le Mans, dan Mugello.

Saat di Portimao, Rins terjatuh ketika bertarung dengan juara dunia Fabio Quartararo. Kemudian di Jerez, Rins sempat terjatuh meski masih bisa melanjutkan balapan. Sayangnya, ia finis di posisi terakhir tanpa perolehan poin.  

Di Le Mans, yang balapannya berganti dari balapan kering ke basah, Rins terjatuh dua kali. Sementara di Mugello, pembalap nomor 42 ini terjatuh di tikungan terakhir, padahal posisi podium sudah ada di depan mata.

Tahun 2021 menjadi pencapaian terburuknya di MotoGP sejak ia menjadi rookie pada 2017. Inkonsistensi inilah yang akan jadi pembelajaran bagi Rins untuk tahun 2022 nanti.

Baca Juga: Alex Marquez Berharap sang Kakak Raih Gelar Juara MotoGP 2022

3. Alex Rins belajar dari kekecewaan di musim ini untuk jadi lebih baik di 2022 nanti

Alex Rins Ingin Lebih Konsisten di MotoGP Musim DepanAlex Rins (motogp.com)

Musim 2021 dinilai Alex Rins sangat mengecewakan baginya. Karena meski sudah berusaha maksimal di setiap balapan, hasil yang ia dapatkan adalah sering DNF.

“Tapi, aku tidak melihat ini sebagai hal yang sepenuhnya buruk. Karena pada kenyataannya, aku belajar banyak dari perjuangan itu. Aku harus menghadapi kekecawaan dan tekanan. Jadi aku bisa katakan bahwa setidaknya aku belajar dari saat-saat terburuk,” ungkap Rins dikutip Crash.

4. Tim Suzuki akan membantu Rins agar lebih konsisten di musim depan

Alex Rins Ingin Lebih Konsisten di MotoGP Musim DepanAlex Rins (motogp.com)

Alex Rins yang merupakan pembalap senior di Suzuki akan tetap mendapatkan dukungan penuh dari timnya. Ini akan menjadi modal utamanya untuk lebih konsisten di musim balap tahun depan.

“Tujuanku adalah untuk lebih konsisten, dan kami berkolaborasi untuk menemukan cara bagaimana mewujudkannya. Musim depan kami ingin memaksimalkan apa yang sudah kami pelajari, dan merubahnya jadi kesuksesan,” masih kata Rins.

5. Rins menilai mesin baru Suzuki di musim depan akan lebih kompetitif

Alex Rins Ingin Lebih Konsisten di MotoGP Musim DepanAlex Rins saat tes pramusim di Sirkuit Jerez. (motogp.com)

Saat sesi tes MotoGP di Sirkuit Jerez (18—19 November 2021) lalu, Rins menilai Suzuki telah membuat langkah perbaikan yang sangat penting pada mesin GSX-RR. Pembalap berjuluk The Bakery ini menguji coba mesin baru Suzuki dan beberapa komponen lainnya, seperti fairing baru, swingarm, dan setingan balap.

“Kami senang dengan hasil tes uji ini, terutama dengan mesin yang tampaknya lebih cepat dan bertenaga. Setelah membandingkan mesin 2021 dan 2022, kami dapat merasakan kami telah membuat langkah (perbaikan) yang sangat penting,” kata Alex Rins saat sesi tes di Jerez seperti dikutip Crash.

 

Alex Rins memang salah satu pembalap andalan Suzuki. Di tahun 2022 nanti, rekan setim Joan Mir ini tentu tidak ingin performa buruknya terulang. Penampilan Alex Rins di musim depan masih patut ditunggu.

Baca Juga: Alex Rins Uring-uringan Lihat Dominasi Ducati

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya