Menelusuri Kutukan yang Menghantui Juara Bertahan Piala Dunia

#WorldCup2018 Dan kutukan tersebut terjadi lagi sekarang!

Mempertahan gelar sebagai juara Piala Dunia memang tidak mudah, harus dilakukan dengan kerja sama dan kerja team yang solid serta persiapan yang panjang. Namun, apa yang terjadi di luar dugaan dan secara mengejutkan negara sebagai penyandang juara bertahan pun harus menerima takdirnya untuk segera angkat koper. Nasib berkata lain untuk membuatnya unik. Mari simak apa saja negara yang bernasib sebagai juara dan keluar lebih awal di babak penyisihan.

1. 2014 Jerman juara Piala Dunia di Brazil dan pulang kampung duluan di Piala Dunia 2018 Russia

Menelusuri Kutukan yang Menghantui Juara Bertahan Piala Duniabbc.com

Secara mengejutkan Jerman dengan julukan Der Panzer juara bertahan Piala Dunia 2014 di Brazil, kini harus tersingkir duluan di Piala Dunia 2018 Russia. Sayang sekali keinginan Jerman untuk mempertahankan trofi Jules Rimet pun sirna. Jerman masuk sebagai juara bertahan ke-empat yang tersingkir dalam penyisihan grup setelah Spanyol, Italia dan Prancis.

2. Tahun 2010 Spanyol juara Piala Dunia di Afrika Selatan dan ternyata angkat koper di babak penyisihan Piala Dunia 2014 Brazil

Menelusuri Kutukan yang Menghantui Juara Bertahan Piala DuniaFourFourTwo

Pada putaran Piala Dunia 2010 kesebelasan Spanyol sebagai juara bertahan, akhirnya pun tersingkir dari Piala Dunia 2014 di Brasil pada lanjutan babak penyisihan Grup B setelah kalah dari Chili dengan skor 2-0. Spanyol menjadi juara bertahan yang tersingkir di babak penyisihan grup putaran Piala Dunia FIFA. 

3. Pada tahun 2006 Italia tampil sebagai juara Piala Dunia di Jerman, namun harus tersingkir lebih awal di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan

Menelusuri Kutukan yang Menghantui Juara Bertahan Piala DuniaFourFourTwo

Italia berhasil memenangkan trofi setelah drama adu penalti melawan Prancis. Kutukan pun harus diterimanya sebagai juara bertahan yang tersingkir pada babak penyisihan grup sebagai juru kunci dan tak pernah menang.

4. 1998 Prancis memenangkan tropi Piala Dunia di Prancis dan harus tersingkir duluan di Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang.

Menelusuri Kutukan yang Menghantui Juara Bertahan Piala DuniaFourFourTwo

Prancis sukses membawa trofi Piala Dunia tahun 1998 di kandangnya sendiri setelah mengalahkan juara bertahan Brazil dengan skor 3-0. Namun, pada ajang berikutnya di Piala Dunia yang digelar di Korea-Jepang pada tahun 2002, tim Ayam Jantan Prancis sebagai juara bertahan akhirnya harus angkat kaki dari Korea-Jepang lebih dini.

Menarik bukan? Piala Dunia yang digelar oleh FIFA penuh dengan kejutan dan fakta maupun opini pun antusias disambut gembira para pecinta olahraga khususnya football lovers.

Samsul Fuat Photo Writer Samsul Fuat

punya hobi baru, yaitu menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya