3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Prancis Atas Maroko

Prancis menang dan melaju ke final

Jakarta, IDN Times - Prancis meraih kemenangan apik dalam laga semifinal Piala Dunia 2022. Bertemu Maroko di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12/2022) dini hari, skuad berjuluk Ayam Jantan itu menang dengan skor 2-0.

Dua gol dari Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani sukses membawa Prancis melenggang ke partai final Piala Dunia 2022. Dari kemenangan Prancis ini, setidaknya ada beberapa fakta unik yang layak disimak. Berikut fakta-faktanya.

1. Didier Deschamps masuk jajaran pelatih legenda

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Prancis Atas MarokoDidier Deschamps (sports.fr)

Keberhasilan Prancis melenggang ke partai final ini tak lepas dari peran Didier Deschamps selaku pelatih. Setelah mengantarkan Prancis ke final Piala Dunia 2018, sekarang dia melakukannya lagi pada 2022.

Berkat keberhasilannya ini, Deschamps pun masuk jajaran pelatih legenda macam Carlos Bilardo, Vittorio Pozzo, dan Franz Beckenbauer. Ya, keduanya adalah para pelatih yang bisa membawa satu negara ke final Piala Dunia dua kali beruntun.

Baca Juga: Argentina vs Prancis Jadi Laga Final Piala Dunia 2022

2. Berakhirnya catatan apik Maroko di Piala Dunia 2022

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Prancis Atas MarokoDuel sengit Prancis melawan Maroko di laga semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kekalahan dari Prancis ini membuat catatan apik Maroko di Piala Dunia 2022 berakhir. Namun, Maroko patut berbangga karena perjalanan mereka di Piala Dunia berakhir ciamik. Plus, mereka juga mencatatkan sejarah.

Sebelum kalah lawan Prancis, Maroko tidak terkalahkan dalam delapan laga terakhir, dengan rincian lima kemenangan dan tiga hasil imbang. Mereka sukses mencetak 10 gol dan hanya tiga kali kemasukan.

3. Potensi Prancis ulangi langkah Brasil

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Prancis Atas MarokoAksi pemain Prancis saat bentrok dengan Maroko di laga semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Prancis mengikuti jejak Italia, Argentina, Belanda, Jerman, dan Brasil sebagai negara yang sukses menjejakkan kaki di final Piala Dunia selama dua kali beruntun. Namun, dari semua negara ini, cuma Brasil yang sukses dua kali juara.

Brasil melakukan itu pada 1958 dan 1962 silam. Nah, Prancis berpeluang untuk mengulangi langkah Brasil ini, meski mereka harus bersua lawan sulit di final Piala Dunia 2022 nanti, yakni Argentina.

Baca Juga: Maroko Tumbang, Prancis Maju ke Final Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya