3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Senegal Atas Qatar

Senegal selamatkan wajah Afrika

Jakarta, IDN Times - Senegal akhirnya meraih kemenangan dalam laga kedua fase grup Piala Dunia 2022. Bersua Qatar di Al Thumama Stadium, Jumat (25/11/2022), Kalidou Koulibaly dan kolega menang dengan skor 3-1.

Boulaye Dia, Famara Diedhiou, dan Bamba Dieng jadi pencetak gol kemenangan Senegal di pertandingan ini. Qatar hanya mampu membalas sekali lewat torehan gol Mohammed Muntari.

Kemenangan ini membuka peluang Senegal untuk lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022. Bukan cuma itu, ada beberapa catatan unik juga yang menyeruak ke permukaan di laga ini.

1. Para pencetak gol yang masuk sejarah Senegal

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Senegal Atas QatarStriker Senegal, Boulaye Dia, usai menjebol gawang Qatar di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Di laga ini, tiga gol yang dicetak Senegal ditorehkan oleh para pemain berbeda. Apiknya, ketiga pemain ini pun pada akhirnya masuk dalam sejarah Timnas Senegal dalam perhelatan Piala Dunia.

Dia, Diedhiou, dan Dieng jadi pencetak gol kedelapan, kesembilan, dan ke-10 Senegal di ajang Piala Dunia. Mereka sukses menyejajarkan diri dengan nama-nama macam Papa Bouba Diop dan Sadio Mane.

Baca Juga: Keok Lawan Senegal, Qatar Angkat Koper dari Piala Dunia 2022

2. Hiburan bagi Qatar lewat Muntari

Di laga ini, Muntari jadi satu-satunya pencetak gol bagi Qatar. Siapa sangka, gol yang dicetak oleh pemain yang bermain di Al Duhail itu menjadi sebuah sejarah tersendiri.

Muntari jadi pemain Qatar pertama sepanjang sejarah yang sukses mencetak gol di ajang Piala Dunia. Sayang, gol ini tidak cukup untuk menyelamatkan Qatar dari kekalahan lawan Senegal.

3. Senegal menyelamatkan wajah Afrika

Dalam matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022, tim-tim Afrika tak ada yang sanggup meraih kemenangan. Senegal tumbang dari Belanda, Ghana kalah dari Portugal, Maroko diimbangi Kroasia, dan Kamerun kalah dari Swiss.

Kemenangan atas Qatar ini setidaknya membuat Senegal menyelamatkan wajah Afrika di Piala Dunia 2022. Akhirnya, ada tim Afrika yang sanggup meraih kemenangan, setelah empat laga berakhir tanpa kemenangan.

Baca Juga: Qatar Dituding Suap Delapan Pemain Ekuador Agar Mau Kalah!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya