Comscore Tracker

3 Fakta Unik di Balik Suksesnya Manchester United ke Final Liga Europa

Final pertama United sejak 2018 silam

Jakarta, IDN Times - Manchester United kalah ditekuk 2-3 oleh AS Roma dalam leg kedua semifinal Liga Europa 2020/21 di Stadion Olimpico, Jumat (7/5/2021) dini hari. Namun Manchester United tetap melaju ke babak final berkat keunggulan agregat 8-5.

Kesuksesan United ini mengulangi capaian mereka pada musim 2016/17. Saat itu, United sukses melaju ke final setelah menyingkirkan Ajax Amsterdam sebelum akhirnya merebut gelar juara.

Berikut beberapa fakta unik di bali lolosnya Manchester United ke final Liga Europa.

1. Capaian apik Ole Gunnar Solskjaer selaku manajer

3 Fakta Unik di Balik Suksesnya Manchester United ke Final Liga Europatwitter/Manutd

Kesuksesan Manchester United melaju ke final Liga Europa ini jadi sebuah catatan manis bagi sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer. Bagi sosok asal Norwegia itu, ini adalah partai final perdananya di kompetisi Eropa bersama United.

Bukan cuma itu, Squawka mencatat Solskjaer jadi manajer pertama sepanjang sejarah klub yang mampu mencapai babak final kompetisi Eropa, baik itu sebagai pemain maupun manajer. Mampukah ia membawa United juara laiknya pada 1999 silam?

Baca Juga: Arsenal Ditahan Villarreal, Tak Ada All England di Final Liga Europa

2. Cavani ikuti jejak Aubameyang dan Falcao

3 Fakta Unik di Balik Suksesnya Manchester United ke Final Liga EuropaPemain Manchester United Edinson Cavani merayakan gol kedua ke gawang AS Roma dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Kamis (6/5/2021). MU kalah 2-3 namun melangkah ke final dengan agregat 8-5. ANTARA FOTO/REUTERS/Alberto Lingria

Sepanjang babak semifinal Liga Europa 2020/21, Edinson Cavani total sudah mencetak empat gol. Rinciannya, dua gol dicetak di Old Trafford, dan dua gol lagi dicetak di Olimpico. Capaian ini membawa Cavani menorehkan catatan menarik.

Cavani jadi pemain ketiga setelah Radamel Falcao dan Pierre-Emerick Aubameyang yang mampu menorehkan empat gol atau lebih di babak semifinal Liga Europa. Falcao mencatatkannya pada 2011 silam, sedangkan Aubameyang pada 2019 silam.

3. Final pertama United sejak 2018

3 Fakta Unik di Balik Suksesnya Manchester United ke Final Liga EuropaPemain Manchester United Edinson Cavani (kanan) merayakan gol kedua ke gawang AS Roma dengan rekannya Bruno Fernandes (kiri) dan Marcus Rashford dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Kamis (6/5/2021). MU kalah 2-3 namun melangkah ke final dengan agregat 8-5. ANTARA FOTO/REUTERS/Alberto Lingria

Sejak ditangani Solskjaer pada 2018, United kerap gagal masuk ke partai final. Pada 2020, mereka bahkan tumbang dalam tiga laga semifinal, mulai dari Piala FA, Piala Liga Inggris, hingga Liga Europa. Pada 2021 ini, mereka juga tumbang di semifinal Piala Liga Inggris.

Namun, di ajang Liga Europa, Manchester United mampu melaju hingga ke final. Capaian ini sekaligus memutus kutukan United yang kerap gagal menembus partai final sejak ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Baca Juga: Manchester City Vs Manchester United Tanpa Pemenang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya