3 Pemain Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia di Piala AFF 2020

Malaysia bersua Indonesia laga terakhir fase grup Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan bersua lawan berat di laga terakhir fase grup Piala AFF 2020. Sudah ada Malaysia yang menanti mereka pada Minggu (19/12/2021) malam. Laga ini menjadi penting bagi kedua tim.

Siapa pun yang memenangi laga ini, maka mereka akan mengunci satu tempat di babak semifinal Piala AFF 2020. Khusus bagi Indonesia, mereka hanya membutuhkan hasil imbang agar bisa melaju ke babak semifinal. Keuntungan berada di Indonesia.

Namun, bukan berarti Malaysia tanpa ancaman. Setidaknya, ada tiga pemain kunci Malaysia yang harus Indonesia waspadai, selain Dion Cools yang baru saja tiba di Singapura. Siapa saja mereka?

1. Akhyar Rashid

3 Pemain Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia di Piala AFF 2020Malaysia di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Akhyar Rashid adalah bintang Malaysia ketika mereka menundukkan Kamboja di laga perdana grup. Akan tetapi, gara-gara terpapar COVID-19, Akhyar harus menjalani isolasi dan absen di dua laga ketika Malaysia bersua Laos dan Vietnam.

Kini, jelang laga lawan Indonesia, Akhyar sudah kembali. Kehadiran pemain asal Johor Darul Ta'zim itu diprediksi akan menambah kekuatan lini serang Malaysia. Apalagi, Akhyar dikenal punya kecepatan dan mampu memanfaatkan celah sekecil apa pun di lini pertahanan.

Tan Cheng Hoe sudah menyebut bahwa Akhyar akan segera ikut latihan bersama tim. Jika bugar dalam laga lawan Indonesia nanti, dia akan jadi mimpi buruk bagi bek-bek sayap Indonesia.

Baca Juga: Head to Head Indonesia vs Malaysia: Skuad Garuda Unggul

2. Safawi Rasid

3 Pemain Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia di Piala AFF 2020Safawi Rasid. (Asean-football.org).

Nama Safawi Rasid sudah pasti jadi ancaman tersendiri buat Indonesia. Pada gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Safawi jadi teror tersendiri bagi skuad Garuda. Kini, di Piala AFF 2020, dia masih jadi pemain yang patut diwaspadai Indonesia.

Sejauh ini, Safawi jadi topskorer Piala AFF 2020, dengan catatan 4 gol. Catatannya ini sama dengan pemain gaek Thailand, Teerasil Dangda, yang juga menorehkan 4 gol. Kecepatan, dribel, serta sepakan terukur Safawi jadi hal yang harus diperhatikan betul oleh Indonesia.

3. Baddrol Bakhtiar

3 Pemain Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia di Piala AFF 2020Timnas Malaysia. (affsuzukicup.com)

Dari lini tengah, sosok Baddrol Bakhtiar menghadirkan petaka bagi lawan. Di ajang SEA Games 2011, Baddrol yang saat itu masih berusia di bawah 23 tahun, pernah membuat lini tengah Indonesia kocar-kacir. Kini, Baddrol sudah jadi pemain senior dan kemampuannya tetap harus diperhitungkan.

Baddrol jadi pemain dengan catatan penciptaan peluang (chances created) tertinggi keempat di Piala AFF, yakni 7 kali. Catatan Baddrol ini bahkan mengungguli Evan Dimas (6 kali chances created). Indonesia harus menghentikan Baddrol, jika mereka ingin menyetop serangan Malaysia.

Baca Juga: Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya