Head to Head Indonesia vs Malaysia: Skuad Garuda Unggul

Namun, Indonesia tetap harus waspada

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan bersua Malaysia dalam laga terakhir fase grup Piala AFF 2020. Laga yang rencananya akan berlangsung di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) tersebut diprediksi akan berlangsung sengit.

Sebab, Malaysia pasti akan memburu kemenangan untuk mendapatkan tiket lolos ke babak semifinal. Di sisi lain, Indonesia hanya butuh minimal hasil imbang agar bisa lolos. Tak pelak, laga nanti disinyalir bakal berjalan ketat. Namun, Indonesia tidak perlu khawatir. Sejarah berpihak pada mereka.

1. Indonesia unggul rekor pertemuan atas Malaysia

Head to Head Indonesia vs Malaysia: Skuad Garuda UnggulSkuad Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Evan Dimas Darmono ke gawang Laos (Dokumentasi PSSI)

Dilansir 11vs11, Indonesia dan Malaysia sudah bertemu di ajang internasional sebanyak 96 kali. Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada September 1957 silam. Saat itu, Indonesia menang 4-2 atas Malaysia dalam ajang Piala Kemerdekaan.

Indonesia unggul dalam hal rekor atas Malaysia. Dari 96 pertemuan itu, skuad Garuda sukses menang 39 kali. Sedangkan Malaysia, mereka hanya menang 36 kali. Sisanya, 21 laga berakhir imbang. Ini adalah bukti bahwa sejarah berpihak pada Indonesia.

Baca Juga: Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF

2. Skuad Garuda harus tetap waspada

Head to Head Indonesia vs Malaysia: Skuad Garuda UnggulTimnas Malaysia. (affsuzukicup.com)

Meski sejarah berpihak pada Indonesia, mereka harus tetap waspada. Sebab, dalam tujuh pertemuan terakhir, Malaysia mampu membukukan keunggulan atas Indonesia, baik itu di ajang Piala AFF maupun Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dari tujuh laga itu, Indonesia kalah empat kali dari Malaysia. Sisanya, mereka hanya menang tiga kali. Bahkan, dua pertemuan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022 berakhir kekalahan bagi Indonesia. Ini jadi alarm tersendiri bagi Shin Tae Yong.

3. Malaysia kembali diperkuat para pemain kunci

Head to Head Indonesia vs Malaysia: Skuad Garuda UnggulMalaysia di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Setelah sempat limbung akibat ledakan COVID-19 di dalam skuad, Malaysia akan diperkuat lagi para pemain intinya di laga lawan Indonesia. Akhyar Rashid, Junior Eldstal, serta Dion Cools sudah bisa memperkuat tim 'Harimau Malaya'.

Namun, menilik apa yang sudah Indonesia peragakan sejauh ini di Piala AFF 2020, mereka tetap berpeluang meraih kemenangan. Shin acap menerapkan pendekatan yang apik, dan tentunya dia pasti sudah menyiapkan kejutan di laga lawan Malaysia.

Baca Juga: 3 Pelatih Tersukses di Piala AFF, Ada Legenda

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya