Comscore Tracker

5 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi pada 2020

Ada nama Messi dan Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Menjadi pesepak bola, dewasa ini, adalah profesi yang terbilang menjanjikan. Meski masa kariernya sebentar, kira-kira dari mulai usia 20 tahun-an hingga usia 35 tahun, pendapatan yang didapat seorang pesepak bola terhitung tinggi.

Pada 2020 lalu, majalah Forbes merilis para pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia. Angka gaji ini didapatkan Forbes setelah berdiskusi dengan pihak-pihak terkait, seperti klub, agen pemain, sponsor komersial, serta pakar sepak bola di Amerika Serikat dan Eropa.

Berikut adalah lima pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia. Angka-angka gaji para pemain ini sudah dikonversikan ke dolar.

1. Lionel Messi (126 juta dolar AS/sekitar Rp1,8 triliun)

5 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi pada 2020Web

Di nomor pertama, ada nama Lionel Messi sebagai pesepak bola dengan gaji tertinggi sekolong jagat. Total, Messi menerima gaji sebesar 126 juta dolar AS (sekitar Rp1,8 triliun) pada 2020 lalu.

Total gajinya ini tidak cuma didapat dari gaji dari klub. Gaji yang didapat Messi di Barcelona hanya berkisar 92 juta dolar AS saja. Sisanya, Messi mendapatkan pendapatan tambahan dari endorsement sebesar 34 juta dolar AS.

Walhasil, jika ditotal, gaji Messi mencapai 126 juta dolar AS. Dengan statusnya sebagai salah satu pemain terbaik dunia, rasanya tidak heran melihat Messi mendapatkan gaji sedemikian besar.

2. Cristiano Ronaldo (117 juta dolar AS/sekitar Rp1,6 triliun)

5 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi pada 2020goal.com

Di tempat kedua, ada nama penggawa Juventus, Cristiano Ronaldo, sebagai pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia. Forbes mencatat, Ronaldo mendapatkan gaji sebesar 117 juta dolar AS pada 2020, atau sekitar Rp1,6 triliun.

Tidak jauh beda dengan Messi, pendapatan Ronaldo ini bukan cuma bersumber dari gaji saja. Tercatat, gaji Ronaldo hanya sebesar 70 juta dolar AS saja. Ronaldo mendapatkan pendapatan tambahan dari endorsement sebesar 47 juta dolar AS, lebih besar dari Messi.

3. Neymar (96 juta dolar AS/sekitar Rp1,3 triliun)

5 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi pada 2020Neymar (AP Photo)

Bintang Paris Saint-Germain, Neymar, menjadi pemain ketiga dengan gaji tertinggi di dunia. Sosok asal Brasil itu tercatat mendapatkan gaji sebesar 96 juta dolar AS (sekitar Rp1,3 triliun).

Jika melihat dari total gajinya saja, tanpa menghitung endorsement, gaji Neymar memang lebih besar dibandingkan Ronaldo, yakni sebesar 78 juta dolar AS. Namun, pendapatan Neymar dari endorsement terbilang kecil, yakni 18 juta dolar AS saja.

Baca Juga: 10 Pemain Sepak Bola Terkaya Dunia, Ada Jagoanmu Gak?

4. Kylian Mbappe (42 juta dolar AS/sekitar Rp586,6 miliar)

5 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi pada 2020Website

Kylian Mbappe masuk deretan pemain keempat dengan gaji tertinggi di dunia. Forbes mencatat, eks pemain AS Monaco itu meraup gaji sebesar Rp42 juta dolar AS pada 2020, atau sebesar Rp586,8 miliar.

Jumlah gaji yang didapat Mbappe, jika dibandingkan Neymar, Messi, dan Ronaldo, memang terbilang kecil, yakni 28 juta dolar AS saja. Namun, pendapatan dari endorsement sebesar Rp14 juta dolar AS bantu dongkrak pendapatan Mbappe, meski tidak sebesar tiga pemain di atas.

5. Mohamed Salah (37 juta dolar AS/sekitar Rp516,9 miliar)

5 Pesepak Bola dengan Gaji Tertinggi pada 2020twitter/liverpoolfc

Di tempat kelima, ada nama Mohamed Salah sebagai pemain dengan gaji tertinggi sedunia. Pemain Liverpool asal Mesir itu sukses mendapatkan gaji sebesar 37 juta dolar AS pada 2020, atau sekitar Rp516,9 miliar, menurut catatan Forbes.

Total, gaji yang didapatkan Salah sebesar Rp24 juta dolar AS. Gajinya terdongkrak naik berkat pendapatan dari endorsement sebesar 13 juta dolar AS. Jika konsisten menjaga prestasi di Liverpool, bisa saja gaji Salah kembali naik.

Baca Juga: 8 Pemain Sepak Bola Bapak dan Anak yang Sukses Juara Liga

Topic:

Berita Terkini Lainnya