Akhirnya, FIFA Bicara Soal Rumput JIS Lewat Surat ke PSSI

FIFA sudah kirim surat ke PSSI

Jakarta, IDN Times - Setelah sekian lama, FIFA angkat bicara soal kondisi Jakarta International Stadium (JIS). Lewat surat ke PSSI tertanggal 20 Juli 2023, mereka pun menjabarkan terkait kondisi stadion di Jakarta itu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir berkata, dalam surat FIFA itu, disebutkan bahwa rumput JIS ternyata memang harus diganti. Rumput hybrid yang dipakai JIS berpotensi menyebabkan risiko besar jika digunakan secara masif.

"Di sini jelas FIFA bilang bahwa the outline above current hybrid system on the carpet will propose a major risk. Jadi, memang harus diperbaiki, jika tidak akan jadi major risk saat dipakai," ujar Erick di Menara Danareksa, Selasa (25/7/2023).

1. Tidak ada politisasi dalam isu rumput

Akhirnya, FIFA Bicara Soal Rumput JIS Lewat Surat ke PSSICak Lontong bersama Ketum PSSI, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Erick memastikan, dengan surat dari FIFA soal JIS ini, tidak ada politisasi dalam isu rumput JIS. Ditegaskan bahwa memang perbaikan dari JIS ini sudah sesuai dengan catatan dari FIFA. Apalagi, JIS jadi prioritas pembenahan FIFA.

"Jadi memang (rumput) mesti diganti. Jangan nanti jadi polemik seakan-akan kami mempolitisasi isu rumput. Dan tentu di sini ada catatan-catatan lain yang bisa jadi bahan referensi," ujar Erick.

Baca Juga: Renovasi Rumput JIS Buat Piala Dunia U-17 Gak Asal

2. PSSI tegaskan tak ada lobi-lobi dengan FIFA

Akhirnya, FIFA Bicara Soal Rumput JIS Lewat Surat ke PSSIKetum PSSI Erik Thohir dengan Presiden FIFA Giovanni Infantino (instagram.com/erickthohir)

Erick pun menegaskan, tidak ada lobi-lobi dari PSSI soal rumput JIS ini. Semua murni sesuai catatan dari FIFA. Tidak cuma JIS, beberapa stadion lain juga mendapatkan catatan dari FIFA.

"FIFA memang punya catatan untuk JIS dan stadion yang satunya lagi (Stadion Pakansari). Tidak ada lobi-lobi dengan FIFA. Ini bukan sekali datang terus di-approve. Jadi setelah direnovasi mereka datang lagi. Nanti, delapan sampai 10 minggu setelah datang, mereka datang lagi," ujar Erick.

3. Catatan dari surat FIFA untuk Piala Dunia U-17 2023

Akhirnya, FIFA Bicara Soal Rumput JIS Lewat Surat ke PSSITrofi Piala Dunia U-17. (goal.com)

FIFA sudah berkirim surat ke PSSI terkait stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023. Surat itu tertanggal 20 Juli 2023, dan harus ditindaklanjuti sampai FIFA melakukan pengecekan lagi pada 28 Juli sampai 2 Agustus 2023.

Dalam kunjungan itu, FIFA akan mengecek delapan stadion yang diajukan PSSI untuk Piala Dunia U-17 2023, termasuk JIS. Ada beberapa aspek yang jadi penilaian seperti kesiapan venue, kualitas lapangan, serta kesiapan servis tim seperti akomodasi, pelayanan, dan akses.

Baca Juga: Para Legenda Timnas Indonesia Sepakat JIS Sudah Standar FIFA

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya