Para Legenda Timnas Indonesia Sepakat JIS Sudah Standar FIFA

JIS harus dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023

Jakarta, IDN Times - Para eks Timnas Indonesia, baik itu manajer dan pemain, resmi menyepakati satu hal. Mereka sama-sama mengakui, Jakarta International Stadium (JIS) sudah sesuai standar FIFA.

Salah satu legenda yang memberikan testimoni mengenai JIS ini adalah mantan manajer Timnas Indonesia, Habil Marati. Dia berkata, JIS sudah tidak perlu dibenahi lagi karena sudah memenuhi kriteria FIFA.

"JIS ini sudah memenuhi kriteria FIFA karena FIFA sendiri memiliki kriteria yang bernama Sport And Play Construction Association (SAPCA). Jadi sudah jelas untuk membangun JIS ini ya berdasarkan SAPCA," ujar Habil di JIS, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: Renovasi Rumput JIS Buat Piala Dunia U-17 Gak Asal

1. Yang tak paham bola, jangan komentar soal JIS

Para Legenda Timnas Indonesia Sepakat JIS Sudah Standar FIFAPenampakan Jakarta International Stadium yang dipakai untuk IYC 2021. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Habil juga mengatakan sebaiknya mereka yang tak memahami bola, menghentikan komentar soal JIS ini. Habi mengajak beberapa legenda Timnas Indonesia ke JIS pada Sabtu (15/7/2023) ini.

Tujuannya, Habil ingin agar para legenda ini memberikan penilaian soal JIS, karena mereka sudah rutin tampil di beberapa stadion kelas dunia bersama Timnas Indonesia. Pendapat mereka akan jadi masukan berharga.

"Para pemain ini mempunyai hak untuk memberikan penilaian tentang JIS apakah sesuai dengan FIFA karena mereka punya pengalaman bertanding di beberapa stadion besar. Jadi berhentilah orang-orang yang tidak berkecimpung di sepak bola dan mengomentari rumput di JIS," ujar Habil.

Baca Juga: Buro Happold Sudah Prediksi Masalah JIS Sejak Lama

2. Robby Darwis turut memberi pendapat

Para Legenda Timnas Indonesia Sepakat JIS Sudah Standar FIFALegenda Persib, Robby Darwis. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pendapat Habil ini diamini legenda Timnas Indonesia yang hadir dalam kesempatan yang sama, Robby Darwis. Eks penggawa Persib ini datang bersama beberapa legenda lain macam Dede Iskandar, Nuralim, Yusuf Bachtiar, hingga Muhammad Zein Alhadad.

Robby berkata, JIS sudah layak untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Bahkan, dia menyamakan JIS dengan salah satu stadion tempatnya pernah bermain di Jepang dalam laga internasional.

"Kalau masalah rumput ya kan rumput bisa berubah tapi untuk standar yang biasa dipakai di level internasional ya menurut saya ini bisa digunakan. Standar JIS ini sudah sama dengan waktu saya main di Jepang bersama Timnas Indonesia," kata Robby.

3. Zein Alhadad berharap JIS bisa dipakai

Para Legenda Timnas Indonesia Sepakat JIS Sudah Standar FIFABarcelona vs Bali United di JIS. (Dok. Istimewa)

Legenda Timnas Indonesia yang lain, Zein Alhadad berharap JIS ini bisa dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023. Dia juga meminta gaduh-gaduh soal JIS itu dihentikan, dan kalaupun ada kekurangan, tinggal diperbaiki.

"Perlu diingat, kita dapat kepercayaan dari FIFA untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, dan kami berharap JIS ini bisa dipakai dan jadi kebanggaan masyarakat Indonesia," ujar eks pemain Timnas Indonesia itu.

Baca Juga: Renovasi JIS Ditunggangi Isu Politik, Ketum PSSI Buka Suara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya