Aneh! Manchester City Untung di Transfer Musim Panas 2022

Manchester City mendapatkan pemasukan yang lumayan

Jakarta, IDN Times - Dalam setiap sesi bursa transfer, Manchester City dikenal sebagai tim yang royal. Mereka tak segan mengeluarkan uang besar untuk merekrut pemain incaran. Namun, ada hal aneh yang terjadi di transfer musim panas 2022 ini.

ManCity sejatinya sudah mengeluarkan uang besar untuk merekrut dua pemain bintang, Erling Haaland dan Kalvin Phillips. Total, sudah 108,75 juta euro yang mereka habiskan untuk merekrut dua pemain tersebut.

Jika ditotal, sejak diakuisisi Sheikh Mansour pada 2008 lalu, ManCity sudah menghabiskan total 2,25 miliar euro (setara Rp33,8 triliun) untuk transfer pemain. Jumlah ini menjadikan mereka sebagai tim dengan pengeluaran terbanyak, melebihi Paris-Saint Germain (PSG).

Namun, khusus musim 2022/23, ManCity malah meraih untung. Kenapa hal itu bisa terjadi?

1. ManCity menjual beberapa pemain dengan harga mahal

Aneh! Manchester City Untung di Transfer Musim Panas 2022potret Raheem Sterling bersama Manchester City (planetfootball.com)

Tak bisa dimungkiri, ManCity menjual beberapa pemain dengan harga mahal di transfer musim panas 2022/23. Ada Gabriel Jesus yang dijual dengan harga 52,2 juta euro ke Arsenal.

Sebelum Jesus, ManCity juga sudah menjual Ferran Torres ke Barcelona dengan harga serupa. Belum lagi, saat ini ada Raheem Sterling yang akan segera bergabung ke Chelsea dengan mahar sekitar 59 juta euro.

Alhasil, jika ditotal, ManCity meraih 124,8 juta euro dari penjualan pemain sekarang, termasuk Sterling. Jumlah ini melebihi angka pengeluaran mereka, yang mencapai 108,75 juta euro. Ada selisih untung 16,05 juta euro di situ.

Baca Juga: Wow, Bos ManCity Beli Kapal Pesiar Sebesar Etihad Stadium

2. Penjualan terbanyak dalam dua musim terakhir

Aneh! Manchester City Untung di Transfer Musim Panas 2022Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, saat cetak gol ke gawang Wolverhampton Wanderers / The Sun

Pemasukan sebesar 124,8 juta euro jadi jumlah pemasukan terbanyak ManCity dalam dua musim terakhir. Pada musim 2021/22, ManCity hanya dapat 93,80 juta euro dari penjualan pemain. Pengeluaran mereka mencapai 134,5 juta euro musim itu.

Sedangkan pada musim 2020/21, City mendapatkan pemasukan sebanyak 76,65 juta euro, dengan pengeluaran mencapai 172,3 juta euro. Dari data ini, tampak bahwa musim 2022/23 ini jadi masa yang begitu berbeda bagi ManCity.

3. Manchester City masih berpotensi mengeluarkan uang

Aneh! Manchester City Untung di Transfer Musim Panas 2022Manchester City bersua Atletico Madrid di Liga Champions. (ANTARA FOTO/Action Images/Carl Recine/via REUTERS)

Meski sekarang meraih untung, ManCity masih berpotensi mengeluarkan uang banyak lagi di sisa transfer 2022/23. Apalagi, bursa transfer musim panas masih akan berlangsung hingga awal September 2022 mendatang.

Namun, agaknya ManCity memang menerapkan paradigma baru di bursa transfer. Alih-alih merekrut pemain dengan harga mahal, mereka berusaha melakukan transfer yang efektif. Tak heran, saat ini mereka dalam kondisi untung.

Baca Juga: Kalvin Phillips Diperkenalkan ManCity, Dikontrak 6 Tahun!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya