Apa yang Bisa Sandro Tonali Berikan untuk Newcastle?

Tonali jadi rekrutan anyar Newcastle musim depan

Jakarta, IDN Times - Newcastle United benar-benar melakukan gebrakan di bursa transfer musim panas 2023 ini. Tidak tanggung-tanggung, mereka langsung menghadirkan gelandang potensial AC Milan, Sandro Tonali.

Jurnalis kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano, menyebut Tonali kini sedang menjalani tes medis bersama Newcastle. Kesepakatan sudah dirampungkan semua pihak.

Milan setuju melepas Tonali dengan mahar 70 juta euro atau setara Rp1,1 triliun. Newcastle dikabarkan bakal memperkenalkan gelandang 23 tahun itu dalam waktu dekat. Seiring kedatangannya, apakah yang bisa dia berikan untuk Newcastle?

1. Kekuatan dari Sandro Tonali

Apa yang Bisa Sandro Tonali Berikan untuk Newcastle?Sandro Tonali (acmilan.com)

Tonali sendiri muncul sebagai salah satu gelandang yang mampu memerankan deep-lying midfielder di Italia saat ini. Bersinar bersama Brescia, Milan mencium bakatnya dan langsung mengangkutnya ke San Siro.

Sebagai seorang gelandang, Tonali adalah sosok yang solid. Dia juga tak segan menjelajahi setiap sudut lapangan, menyajikan kreativitas dari area tengah lewat umpan dan asis bagi para pemain di lini serang.

Opta mencatat, Tonali adalah pemain AC Milan dengan catatan chances created (penciptaan peluang) terbanyak (90 kali) dan juga torehan tekel terbanyak (56 kali) sepanjang musim 2022/23 di semua kompetisi.

Buah dari senjata ini, Tonali mampu menghidupkan lini tengah AC Milan. Tak heran, Milan mempertontonkan permainan apik, berkat kehadiran Tonali di tengah.

Baca Juga: Fans AC Milan Kecewa Sandro Tonali Dijual ke Newcastle 

2. Pengaruh yang bisa diberikan Tonali untuk Newcastle

Apa yang Bisa Sandro Tonali Berikan untuk Newcastle?sempremilan.com

Jika kelak Tonali membela Newcastle, Eddie Howe selaku manajer akan memiliki opsi lain yang bisa dia pakai di sistem permainannya. Jika dia bisa menggunakan sistem dasar 4-3-3, dia bisa menerapkan sistem dasar 4-2-3-1.

Sistem ini nantinya bakal mengakomodasi kemampuan Tonali di tengah, diapit duo Brasil Joelinton dan Bruno Guimaraes. Tidak cuma itu, Newcastle pun akan punya gelandang yang bisa memberikan umpan kunci.

Sepanjang musim 2022/23, Newcastle dikenal sebagai tim dengan lini tengah tangguh, dengan trio Joelinton, Guimaraes, dan Joe Willock. Dengan hadirnya Tonali, mereka akan punya gelandang yang bisa membelah pertahanan lawan lewat umpan kunci.

3. Sisi negatif yang harus diperhatikan

Apa yang Bisa Sandro Tonali Berikan untuk Newcastle?potret Sandro Tonali bersama AC Milan (rossoneriblog.com)

Kendati Tonali memiliki banyak atribut yang dapat menopang Newcastle, klub asuhan Howe itu harus tetap waspada. Sebab, ada satu hal masalah yang harus Tonali hadapi, yaitu adaptasi dengan Premier League.

Pace Premier League yang berbeda jauh dengan Serie A, bisa jadi problem bagi Tonali. Apalagi, jarang pemain Italia di era modern langsung nyetel dengan Premier League. Mereka butuh waktu menyesuaikan diri.

Terlepas dari itu, perekrutan Sandro Tonali ini menandakan keseriusan Newcastle berbenah musim depan. Apalagi, selain mentas di Premier League, mereka juga akan main di Liga Champions. Tentu, kualitas dari eks Brescia itu dibutuhkan.

Baca Juga: Transfer Resmi Liga Inggris 2023, Newcastle Berburu Pemain Bintang?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya