Aston Villa Makin Sangar di Bawah Arahan Steven Gerrard

Steven Gerrard buktikan kualitasnya bersama Villa

Jakarta, IDN Times - Aston Villa mendapatkan angin segar pada 20 November 2021 lalu. Setelah terseok-seok bersama Dean Smith, mereka akhirnya bisa keluar dari lorong gelap dengan pertolongan manajer anyarnya, Steven Gerrard.

Bersama Gerrard, Villa seolah menemukan semangat baru. Tercatat, dari empat laga terakhir di Premier League yang dijalani, mereka cuma kalah sekali dari Manchester City. Sisanya, mereka libas semua laga itu dengan kemenangan.

Apa sebenarnya yang sudah diperbuat Gerrard, sehingga akhirnya Aston Villa jadi sedemikian kuat?

1. Gerrard kuat secara taktik

Aston Villa Makin Sangar di Bawah Arahan Steven GerrardSteven Gerrard (skysports.com)

Menurut salah satu kolumnis BBC, Micah Richards, sosok Gerrard sebagai manajer tidak hanya memiliki kharisma. Raihan impresifnya selama menangani Rangers mencerminkan, Gerrard juga adalah manajer yang cerdas secara taktikal. Sakunya berisikan banyak rencana permainan.

"Secara takti, dia sangat kuat. Dia punya banyak rencana, sekaligus mampu menerapkan rencananya ini kepada anak asuhnya. Tak heran, Villa jadi kuat. Tengok saja ketika lawan Leicester City. Dia sukses menyulap Villa yang keropos di babak pertama, jadi begitu kuat di paruh kedua," tutur Richards.

Ketika melawan Leicester, Villa memang sempat kelimpungan di babak pertama. Apalagi, mereka juga kebobolan lewat gol Harvey Barnes. Namun, Villa berbenah. Di babak kedua, mereka langsung menggebrak.

Sempat menyamakan kedudukan di babak pertama, Villa yang main lebih cair sukses mencetak gol kedua pada menit 54. Villa memenangi laga tersebut, dan ini jadi cermin kekuatan taktik dari seorang Gerrard.

Baca Juga: Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston Villa

2. Gerrard mampu membuat Villa jadi tim yang lebih solid

Aston Villa Makin Sangar di Bawah Arahan Steven Gerrardpotret pemain Aston Villa rayakan gol (90min.com)

Selain kuat secara taktik, Gerrard juga membuat Villa jadi tim yang lebih solid. Dia sangat percaya pada kemampuany para pemainnya, seperti Ollie Watkins, Jacob Ramsey, Ashley Young, dan Carney Chukwuemeka. Ditambah, pemain percaya padanya berkat kharisma yang dia miliki.

Gerrard mampu membuat skuad Villa jadi tim yang tampil lebih rapat. Bahkan, ManCity sempat kesulitan menerobos pertahanan Villa, lantaran permainan solidnya. Hal tersebut merupakan buah dari tangan dingin Gerrard sebagai manajer.

"Gerrard pernah bicara ingin membuat tim ini jadi lebih solid. Sangat mudah dipahami, apalagi Villa sempat kalah beruntun. Kini, keseimbangan itu mulai mereka temukan, dan Gerrard adalah sosok yang berjasa memberikan keseimbangan tersebut," ujar Richards.

3. Liverpool jadi tantangan selanjutnya bagi Gerrard

Aston Villa Makin Sangar di Bawah Arahan Steven Gerrardfoxsportasia.com

Setelah empat laga terlewati, sekarang tantangan baru sudah menanti Gerrard di akhir pekan. Ada Liverpool yang telah menunggu Villa di pekan 16 Premier League 2021/22. Liverpool jelas tim yang spesial bagi Gerrard.

Tidak cuma itu, Liverpool juga tengah menakutkan musim ini. Selain di Premier League, Liverpool juga begitu menonjol di Liga Champions. Namun, Gerrard menyebut dia mencoba untuk mencari kemenangan.

Selain itu, menarik juga untuk melihat bagaimana sambutan publik Anfield kepada Gerrard. Legenda yang dulu mereka banggakan, kini sudah mengenakan setelan manajer, meski menangani Aston Villa. Terbayang sudah ramai sesaknya Anfield di laga nanti.

Baca Juga: 5 Tugas Berat yang Dihadapi Steven Gerrard sebagai Manajer Aston Villa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya