Babak 16 Besar, Neraka Timnas Indonesia di Asian Games

Indonesia tak pernah tembus perempat final

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-24 memang kerap lolos ke fase gugur Asian Games dalam tiga gelaran terakhir. Akan tetapi, ada satu neraka yang acap menghinggapi mereka, yakni babak 16 besar.

Terbaru, dalam babak 16 besar Asian Games 2022, Indonesia tumbang. Berlaga di Shangcheng Sports Centre Stadium, Kamis (28/9/2023) sore WIB, skuad Garuda Muda kalah 0-2 dari Uzbekistan.

Kekalahan ini tidak cuma memupus peluang Indonesia mencetak sejarah. Lebih dari itu, kekalahan ini juga jadi penanda bahwa babak 16 besar Asian Games adalah neraka bagi Indonesia.

Baca Juga: Hal Positif dari Kekalahan Timnas U-17 Saat Uji Coba Perdana di Jerman

1. Gugur juga di babak yang sama pada 2014 dan 2018

Babak 16 Besar, Neraka Timnas Indonesia di Asian GamesTimnas Indonesia U-24 tumbang dalam laga 16 besar Asian Games 2022 melawan Uzbekistan (dok.NOC Indonesia/Naif Al'as)

Sejak Asian Games berubah format mengenakan Timnas U-23 pada 2002, Timnas Indonesia tercatat sudah mengikuti Asian Games sebanyak tiga kali. Pada 2006, catatan mereka tidak terlalu baik, karena mereka berakhir di babak grup.

Barulah pada 2014, Indonesia tampil apik dengan lolos ke babak 16 besar. Sayang, mereka tumbang dari Korea Utara di babak tersebut, yang akhirnya menjadi runner-up. Berlanjut pada 2018, Indonesia kembali lolos ke babak 16 besar.

Namun, lagi-lagi Indonesia kalah di babak 16 besar. Kali ini, kekalahan terasa lebih dramatis lantaran mereka tumbang di babak adu penalti lawan Uni Emirat Arab.

2. Torehan terbaik hadir pada 1958

Babak 16 Besar, Neraka Timnas Indonesia di Asian Gamesgoogle

Catatan terbaik Timnas Indonesia di Asian Games masih terjadi pada 1958 silam. Ketika itu, skuad Garuda berhasil mengunci peringkat tiga, atau sukses meraih medali perunggu.

Di semifinal, Indonesia kalah dari China yang menjadi juara di akhir turnamen. Di laga perebutan peringkat tiga, mereka tampil apik dengan mengalahkan India. Kala itu, mereka masih diperkuat Maulwi Saelan, Omo Suratmo, Wowo Sunaryo, hingga Ramang.

3. Habisnya wakil Asia Tenggara

Babak 16 Besar, Neraka Timnas Indonesia di Asian GamesIndonesia lawan Korea Utara di Asian Games 2022. (Dok. NOC Indonesia)

Tersingkirnya Timnas Indonesia di 16 besar Asian Games 2022 ini, menandakan habisnya wakil Asia Tenggara dalam cabor sepak bola putra ajang tersebut. Selain Indonesia, ada Thailand dan Myanmar yang lolos.

Sayangnya, sama seperti Timnas Indonesia U-24, Thailand dan Myanmar juga gugur di babak 16 besar Asian Games 2022 ini. Skuad Gajah Perang kalah dari Iran, sedangkan Myanmar dibantai oleh Jepang.

Baca Juga: Update Medali Asian Games Kamis Malam: Indonesia Keluar dari 10 Besar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya