Bali United dan PSM Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup 2022

Bali United dan PSM kembali mewakili Indonesia

Jakarta, IDN Times - PSSI telah menunjuk wakil Indonesia untuk gelaran AFC Cup 2022. Dua klub yang terpilh tersebut adalah PSM Makassar dan Bali United.

Keputusan ini diwartakan oleh Bali United lewat situs resmi klub. Ada beberapa pertimbangan kenapa Bali United dan PSM yang terpilih. Apa sajakah itu?

1. Tiga alasan yang membuat Bali United terpilih

Bali United dan PSM Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup 2022Bali United vs Persiraja. (Website/ligaindonesiabaru.com)

Ada tiga hal yang membuat Bali United terpilih menjadi wakil Indonesia di AFC Cup 2022. Pertama, karena berhentinya kompetisi musim 2020 akibat pandemik COVID-19.

Kedua, masih berjalannya musim kompetisi musim 2021/22 yang dimulai Juli 2021 dan baru berakhir pada April 2022, serta mempertimbangkan hasil Club Licensing Cycle pada 2021.

"PSSI pun telah bersurat kepada AFC selaku organisasi sepak bola Asia yang menyatakan bila Bali United kembali menjadi salah satu wakil klub dari Indonesia yang akan berkompetisi di Asia tersebut," tulis pernyataan resmi situs Bali United.

Baca Juga: Aduh, Bali United dan Persipura Batal Tampil di AFC Cup 2021

2. PSM terpilih sebagai wakil karena juara Piala Indonesia

Bali United dan PSM Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup 2022Striker PSM Makassar, Reinaldo Elias da Costa, memasuki lapangan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar dalam lanjutan putaran pertama Liga 1 2017. (PSMMakassar.co.id/Ahmad Alia)

Sementara itu, PSM terpilih karena mereka berstatus sebagai juara Piala Indonesia. Namun, berbeda dengan Bali United yang akan langsung ke fase grup, PSM masuk ke play-off lebih dulu.

Hal ini sama ketika PSM melakoni babak play-off lawan Lalenok pada 2020 lalu. Kendati gagal tampil apik di babak grup AFC Cup 2020, PSM sukses jadi wakil Indonesia di AFC Cup.

3. Bali United siap memberikan yang terbaik

Bali United dan PSM Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup 2022Timnas U-22 vs Bali United. (Website/baliutd.com)

Bali United, begitu juga PSM, bertekad memberikan yang terbaik di AFC Cup 2022. Ini jadi kali ketiga Bali United bermain di AFC Cup.

Bali United pertama kali tampil di AFC Cup pada 2018 lalu, berlanjut pada musim 2020. Pada 2021, Bali United terpilih, namun AFC Cup 2021 dibatalkan karena pandemik COVID-19. Sekarang, mereka jadi wakil Indonesia lagi bersama PSM Makassar.

Baca Juga: Ribut-ribut Soal Wakil Indonesia di AFC Cup 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya