Banjir Gol, PSM Tumbang di Final Zona ASEAN AFC Cup

PSM dibekap klub Malaysia, Kuala Lumpur FC

Jakarta, IDN Times - PSM Makassar tumbang dalam laga final zona ASEAN AFC Cup 2022. Bersua Kuala Lumpur City FC di Stadion KLFA, Rabu (24/8/2022), Juku Eja kalah telak 2-5.

Gol-gol di laga ini dicetak Yakob Sayuri (58'), Akbar Tanjung (63') untuk PSM. Sementara lima gol Kuala Lumpur dibukukan Romel Morales (33'), Jordan Mintah (45+1'), Paulo Josue (51', 85'), dan Azman Hadin (90+4'). PSM pun gagal melangkah ke semifinal inter zona.

Di awal babak pertama, PSM tampil lebih defensif. Mereka bermain lebih santai, dan memilih untuk memperketat pertahanan. Alhasil, dominasi permainan menjadi milik Kuala Lumpur di awal babak pertama.

Memasuki menit 15 laga, PSM mulai keluar menyerang. Beberapa kali, mereka mulai melepaskan serangan-serangan balik ke lini pertahanan Kuala Lumpur. Namun, serangan ini bersifat sporadis, sehingga bisa diamankan para pemain bertahan Kuala Lumpur dengan mudah

Meski sempat menekan, PSM pada akhirnya tetap tertekan oleh Kuala Lumpur. Pertahanan kuat mereka akhirnya bobol pada menit 33. Berawal dari umpan sundulan Zhafri Yahya, Romel Morales berhasil membobol gawang PSM. Skor berubah 1-0.

Tertinggal satu gol, PSM mencoba untuk meningkatkan intensitas tekanan. Namun, di sinilah kematangan Kuala Lumpur tampak. Mereka main lebih tenang, dan justru membuat PSM kesulitan. Mereka masih mengatur sirkulasi bola.

Alhasil, PSM mengalami kebuntuan. Di sisi lain, Kuala Lumpur mencetak gol tambahan di masa injury time babak pertama. Berawal dari serangan balik cepat, Jordan Mintah membobol gawang PSM usai memanfaatkan umpan Morales. Skor 2-0 untuk keunggulan Kuala Lumpur menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSM harus rela kebobolan gol lagi. Berawal dari pelanggaran terhadap Zhafri Yahya pada menit 51, Kuala Lumpur mendapatkan penalti. Paulo Josue sebagai eksekutor sukses mencetak gol, membawa Kuala Lumpur unggul 3-0.

Tertinggal tiga gol, PSM tidak mengendur. Mereka memasukkan nama-nama segar macam Rasyid Bakrie dan Asraf Huwaidi. Masuknya dua pemain ini membuat PSM bangkit. Pada menit 58, Yakob Sayuri mencetak gol indah.

Berlanjut pada menit 63, giliran Akbar Tanjung yang mencetak gol lewat sundulan, memanfaatkan umpan silang Rasyid. Skor berubah jadi 2-3, harapan bagi PSM masih ada. Mereka pun mulai tampil lebih menggigit memasuki menit 65.

Namun, Kuala Lumpur tidak membiarkan hal itu terjadi. Mereka kembali memegang kendali permainan, dan bermain dengan lebih rapi seperti halnya babak pertama. Alhasil, hal tersebut membuat PSM kesulitan kembali.

Kuala Lumpur lagi-lagi mengendalikan laga, dan menurunkan tempo. Angin pun kembali berembus untuk wakil Malaysia tersebut, dan akhirnya pada menit 85, Kuala Lumpur mencetak gol keempat.

Berawal dari sepakan Mintah yang gagal dihalau sempurna oleh kiper PSM, Josue memanfaatkan bola muntah dan mencetak gol. Skor berubah 4-2 untuk Kuala Lumpur, dan situasi kembali jadi sulit untuk PSM.

Kuala Lumpur tidak berhenti. Pada menit 90+4, mereka mencetak gol kelima lewat sepakan Azman Hadin dari kotak penalti. Skor berubah 5-2, dan skor ini bertahan sampai babak kedua tuntas. Perjalanan PSM terhenti di AFC Cup 2022.

Baca Juga: AFC Cup: PSM Makassar Banjir Dukungan dari Pejabat Negara

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya