Comscore Tracker

Bekuk Finlandia, Rusia Jaga Asa di Piala Eropa 2020

Rusia kalahkan Finlandia dengan skor tipis

Jakarta, IDN Times - Rusia sukses menjaga asa lolos ke babak 16 besar usai menang dalam laga kedua Grup B Piala Eropa 2020. Menghadapi Finlandia di Saint Petersburg Stadium, Rabu (16/6/2021) malam, Rusia menang dengan skor tipis 1-0.

Gol kemenangan Rusia dalam pertandingan ini dicetak Aleksei Miranchuk jelang babak pertama tuntas. Berkat kemenangan ini, Rusia menjaga harapan lolos ke fase gugur Euro 2020.

Baca Juga: Denmark Vs Finlandia Jadi Kontroversi Usai Eriksen Kolaps

1. Rusia tembus rapatnya pertahanan Finlandia

Bekuk Finlandia, Rusia Jaga Asa di Piala Eropa 2020Finlandia vs Rusia. (twitter.com/EURO2020)

Kedua tim menurunkan para pemain terbaiknya sejak awal laga. Finlandia menurunkan Joel Pohjanpali, Teemu Pukki, Lukas Hradecky, dan Rasmus Schueller. Sedangkan Rusia, mereka mengandalkan Miranchuk, Artem Dzyuba, dan Aleksandar Golovin.

Sama seperti di laga lawan Denmark, Finlandia tidak begitu aktif dalam permainan. Mereka memutuskan untuk lebih menunggu, dan membiarkan Rusia bermain menyerang di babak pertama.

Kendati menguasai permainan, Rusia kesulitan menembus pertahanan Finlandia. Walau menerapkan skema tiga bek di pertandingan ini, Finlandia mampu menyaring serangan-serangan Rusia dengan baik. Mereka menerapkan sistem zona yang mempersempit ruang gerak lini serang Rusia.

Di pertengahan babak pertama, kendali permainan masih berada di tangan Rusia. Miranchuk dan Golovin menjadi motor serangan tim berjuluk Beruang Merah tersebut. Mereka juga sudah melakukan perubahan dengan memasukkan Vyacheslav Karavaev.

Di akhir waktu babak pertama, Rusia akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Lewat kerja sama di kotak penalti Finlandia, Miranchuk berhasil membobol gawang Finlandia yang dikawal Hradecky lewat tembakannya dari sudut sempit. Skor 1-0 untuk Rusia bertahan hingga jeda.

2. Finlandia gas di babak kedua

Bekuk Finlandia, Rusia Jaga Asa di Piala Eropa 2020Finlandia vs Rusia. (twitter.com/EURO2020)

Memasuki babak kedua, Finlandia mencoba untuk keluar dari tekanan Rusia. Mereka mulai menekan balik, dan akhirnya menciptakan beberapa peluang. Akan tetapi, serangan yang Finlandia lancarkan ini masih sporadis dan tidak terstruktur.

Untuk mengubah jalannya permainan, Finlandia memasukkan Joni Kauko dan Lassi Lappalainen. Rusia merespons langkah Finlandia ini dengan memasukkan Rifat Zhemaletdinov. Beberapa perubahan yang dilakukan ini membuat intensitas permainan tetap terjaga.

Finlandia tidak lagi bermain pasif seperti di babak pertama. Mereka lebih berani menguasai bola, serta sesekali melakukan upaya untuk menembus kotak penalti Rusia. Namun, minimnya kreativitas di lini serang membuat mereka kesulitan membobol gawang Rusia.

Di sisi lain, Rusia juga tampak berupaya mempertahankan keunggulan ini. Kendati sesekali melakukan upaya serangan balik, para pemain bertahan Finlandia mampu mementahkannya dengan mudah. Tekanan Rusia tidak intens seperti babak pertama.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak kedua. Alhasil, skor 1-0 untuk kemenangan Rusia tetap bertahan sampai pertandingan tuntas.

3. Rusia buka peluang lolos ke fase gugur

Bekuk Finlandia, Rusia Jaga Asa di Piala Eropa 2020twitter.com/fifaworldcup_es

Berkat kemenangan atas Finlandia ini, Rusia membuka peluang mereka untuk lolos ke fase gugur Piala Eropa 2020. Mereka saat ini meraih tiga poin, dan untuk sementara berhasil menyamai torehan poin Belgia dan Finlandia di Grup B.

Namun, rintangan bagi Rusia belum selesai di Piala Eropa 2020 ini. Mereka masih harus menghadapi Denmark di laga ketiga. Youssuf Poulsen dan kolega adalah tim yang sulit dikalahkan, kendati mereka sempat kalah dari Finlandia di laga pertama.

Baca Juga: Tips Fantasy Football Euro 2020: Lukaku Masih Jadi Pilihan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya