Belanda yang Sudah Berdamai dengan Johan Cruyff Arena

Belanda kerap temui kesulitan di Johan Cruyff Arena

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa dan Johan Cruyff Arena (dulu Amsterdam Arena) adalah perpaduan buruk untuk Timnas Belanda. Meski ia adalah kandang untuk tim Oranje, Belanda jarang meraih hasil positif saat mentas di stadion ini dalam ajang Piala Eropa.

Pada ajang Piala Eropa 2020, Belanda yang saat itu menjadi tuan rumah sukses melaju ke semifinal. Namun, alih-alih sukses menembus babak final, skuad yang berisikan nama-nama seperti Edgar Davids, Dennis Bergkamp, dan Marc Overmars itu tumbang di tangan Italia.

Parahnya lagi, kekalahan Belanda dari Italia ini terjadi di Amsterdam Arena. Oleh karena itu, akibat kekalahan inilah, Amsterdam Arena yang sekarang ganti nama jadi Johan Cruyff Arena, kerap dianggap tempat buruk buat Belanda di Piala Eropa.

Namun, anggapan itu berubah pada 2020. Belanda, dengan generasi yang baru dan lebih segar, sudah bisa mengakrabkan diri dengan Johan Cruyff Arena. Hasil-hasil positif mulai mereka dapatkan di sana.

Baca Juga: Belanda Vs Austria: Duel Penentu Penguasa Grup C

1. Belanda menang di dua laga fase grup

Belanda yang Sudah Berdamai dengan Johan Cruyff ArenaPemain Timnas Belanda. (twitter.com/OnsOranje)

Dalam dua laga babak grup Piala Eropa 2020 yang digelar di Johan Cruyff Arena, Belanda berhasil meraih kemenangan. Menghadapi perlawanan ketat Ukraina di laga perdana, Belanda menang 3-2 berkat penampilan apik dari Denzel Dumfries, Georginio Wijnaldum, dan Wout Weghorst.

Sedangkan di laga kedua menghadapi Austria, Belanda menang lagi dengan skor 2-0, kendati harus meladeni permainan Austria yang agresif dan direct. Dumfries kembali mencetak gol di laga ini, ditambah torehan gol penalti dari Memphis Depay.

2. Belanda memperbaiki catatan di Johan Cruyff Arena

Belanda yang Sudah Berdamai dengan Johan Cruyff ArenaPemain Timnas Belanda. (twitter.com/OnsOranje)

Berkat dua kemenangan Belanda di Johan Cruyff Arena pada gelaran Piala Eropa 2020 ini, torehan Belanda saat berlaga di Amsterdam Arena pun membaik. Total, sejauh ini mereka mampu membukukan empat kemenangan dan hanya sekali kalah dari lima laga Piala Eropa di sana.

Uniknya, selain kemenangan lawan Austria, tiga laga lainnya berakhir dengan skor tipis. Belanda hanya menang 1-0 lawan Republik Ceko, serta menang tipis 3-2 atas Prancis di Johan Cruyff Arena pada gelaran Piala Eropa 2020. Lawan Ukraina, mereka juga cuma menang 3-2.

Catatan itu setidaknya menunjukkan, potensi hantu Johan Cruyff Arena meneror lagi Belanda masih terbuka. Jika pun tidak kalah, agaknya Belanda bisa saja akan kembali menjalani masa sulit saat berlaga di sini.

3. Menilik tren Belanda ke depannya

Belanda yang Sudah Berdamai dengan Johan Cruyff ArenaBelanda vs Austria. (twitter.com/EURO2020)

Setelah meraih dua kemenangan di babak grup Piala Eropa 2020 yang dihelat di Johan Cruyff Arena, Belanda memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sekarang, mereka tinggal menundukkan Makedonia Utara agar bisa mengunci posisi juara grup.

Ke depannya, Belanda harus siap jika bertemu lawan-lawan berat. Di babak 16 besar Piala Eropa 2020 nanti, mereka berpeluang menghadapi tim peringkat ketiga terbaik dari Grup D, E, dan F. Mereka bisa saja bersua Kroasia/Skotlandia, Slovakia/Spanyol, bahkan Prancis/Jerman/Portugal.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Belanda Taklukan Austria di Grup C Piala Eropa 2020

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya