Berlimpahnya Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Musim Depan

Ada tiga slot untuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sebuah keuntungan didapatkan Indonesia di kompetisi Asia musim depan. AFC merilis, ada tiga slot untuk klub asal Tanah Air berlaga di AFC Cup dan Liga Champions Asia 2023/24.

Menurut rilis resmi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), ketiga slot itu adalah play-off Liga Champions Asia, fase grup AFC Cup, dan play-off AFC Cup 2023/24. Jadi, bisa dibilang wakil Indonesia di kompetisi Asia musim depan cukup melimpah.

"PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

1. Mekanisme play-off Liga Champions Asia

Berlimpahnya Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Musim DepanPemain Tampines Rovers Zehruddin Mehmedovic berusaha lepas dari kawalan para pemain PSM Makassar dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Ferry menyatakan untuk mekanismenya, mulai dari play-off Liga Champions Asia akan diperebutkan oleh pemenang laga play-off antara Bali United, juara Liga 1 2021/22, dan PSM Makassar, juara Liga 1 2022/23.

Nantinya, tim yang kalah di play-off ini akan langsung tempur di fase grup AFC Cup. Sedangkan, yang menang jadi wakil Indonesia di play-off Liga Champions Asia 2023/24.

"Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada penyisihan grup," ujar Ferry.

Baca Juga: Skema Unik Play-off Liga Champions Asia, Bali United vs PSM

2. Mekanisme di AFC Cup

Berlimpahnya Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Musim DepanSalah satu momen laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 antara PSM Makassar kontra Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Sedangkan, untuk AFC Cup, selain slot fase grup yang pasti didapat oleh tim yang kalah di play-off Bali United vs PSM, ada juga tiket ketiga yaitu via play-off AFC Cup. Nah, slot ini akan jadi milik tim runner-up Liga 1 2022/23.

Sempat beredar isu, penentuan tim yang akan mentas di play-off AFC Cup 2023/24 ini didasarkan pada laga play-off runner-up Liga 1 2021/22 dan Liga 1 2022/23. Ferry pun membantah isu tersebut.

"Tidak ada lagi play-off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” kata Ferry.

Dengan begitu, slot play-off AFC Cup 2023/24 masih diperebutkan dua tim, yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta. Keduanya masih berpeluang untuk mengunci slot tersebut.

3. Penetapan kriteria wakil sesuai federasi masing-masing negara

Berlimpahnya Wakil Indonesia di Kompetisi Asia Musim DepanLogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Terkait penetapan kriteria wakil di tiap negara di kuota slot yang ditentukan, AFC memberikan kebebasan penuh kepada federasi masing-masing negara. Semua berdasarkan Entry Manual For AFC Club Competitions.

Sekadar informasi, Thailand pun melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub di kompetisi Asia musim 2023/2024, mereka juga melakukan pertandingan play-off di internalnya.

“Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti (wakil Indonesia yang mentas di kompetisi Asia),” ujar Ferry.

Baca Juga: AFC Kutuk Serangan Israel di Final Piala Liga Palestina!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya