Bersua Uzbekistan, Kekuatan Mental Timnas U-20 Jadi Kunci

Timnas U-20 harus kuat mental

Jakarta, IDN Times - Timnas U-20 Indonesia bakal menghadapi lawan berat di laga terakhir fase grup Piala Asia U-20 2023. Bertempat di Stadion Istiqlol, Selasa (7/3/2023) malam WIB, mereka bakal bersua Uzbekistan.

Pelatih Timnas U-20, Shin Tae Yong, menegaskan bahwa kekuatan mental akan jadi kunci di laga nanti. Sebab, Uzbekistan adalah tim yang secara kualitas tidak bisa dianggap remeh.

"Saya tegaskan kepada para pemain agar menguatkan mental mereka, dan saya akan mempersiapkan tim dengan semaksimal mungkin," ujar Shin di Uzbekistan, Senin (6/3/2023).

1. Uzbekistan didukung oleh fans

Bersua Uzbekistan, Kekuatan Mental Timnas U-20 Jadi KunciShin Tae-yong. (Website/pssi/org)

Selain kualitas mereka yang bagus, Shin juga mewaspadai status Uzbekistan sebagai tuan rumah. Tentu, hal itu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka. Namun. Shin menyebut Timnas U-20 tidak gentar.

"Memang secara keseluruhan Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus. Apalagi ada dukungan dari fans juga mereka, karena mereka tuan rumah. Walaupun begitu kami akan melakukan permainan dengan baik di laga nanti," ujar Shin.

Baca Juga: Jelang Lawan Uzbekistan, Stamina Jadi Fokus Timnas U-20

2. Shin berharap dukungan suporter Timnas U-20

Bersua Uzbekistan, Kekuatan Mental Timnas U-20 Jadi KunciTimnas U-20 lawan Irak di Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Shin pun meminta agar para fans Timnas U-20 Indonesia tetap memberikan dukungan kepada anak-anak asuhnya. Dengan begitu, akan ada motivasi juga yang merasuk ke dalam diri para pemain Timnas U-20.

"Memang hasil lawan Irak tidak baik tetapi pertandingan lawan Suriah kami menang, dan lawan Uzbekistan laga ketiga, ini paling sulit, tetapi saya mohon dukungan dari para fans agar tim bisa mendapatkan kemenangan," tutur Shin.

3. Lawan Uzbekistan ibaratkan perang

Bersua Uzbekistan, Kekuatan Mental Timnas U-20 Jadi KunciSuporter Indonesia di Piala Asia U-20 Uzbekistan. (Dok. AFC)

Manajer Timnas U-20, Sumardji, turut memberikan motivasi jelang pertemuan lawan Uzbekistan, Selasa (7/3/2023) malam nanti. Senada dengan Shin, dia pun meminta para pemain untuk mempersiapkan mental mereka.

"Siapkan mental kalian, jangan pernah pertandingan nanti lawan Uzbekistan kita kendor sedikit pun. Kita lawan, kita berperang seperti kemarin (lawan Suriah)!" ujar Sumardji, dilansir PSSI TV.

Aturan head-to-head akan mengikat Timnas U-20 dalam jalan mereka menuju fase gugur Piala Asia U-20 2023. Jika mereka menang lawan Uzbekistan, dan di laga lain Irak menang lawan Suriah, aturan ini bakal berlaku.

Jika demikian, Timnas U-20 harus mencetak banyak gol di laga terakhir grup, untuk memastikan keunggulan selisih gol. Misi yang sulit memang, apalagi Uzbekistan merupakan lawan berat di Piala Asia U-20 2023 ini.

Baca Juga: Shin Tae Yong Punya Pengalaman Manis Lawan Uzbekistan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya