Comscore Tracker

[BREAKING] Comeback, Persebaya Bekuk Persipura di Liga 1

Persebaya naik drastis di papan klasemen

Jakarta, IDN Times - Persipura Jayapura kembali menelan kekalahan dalam laga pekan tujuh Liga 1 2021/22. Bersua Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (16/10/2021), Mutiara Hitam ditumbangkan Bajul Ijo dengan skor 1-3.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Riky Kayame (53') untuk Persipura, serta Jose Wilkson (63'), Taisei Marukawa (69'), dan Bruno Soares (82') untuk Persebaya. Kemenangan ini pun membawa Persebaya naik ke posisi delapan klasemen sementara Liga 1 2021/22 dengan poin sembilan.

Kedua tim turun dengan pemain terbaik sejak awal. Persipura memainkan Henrique Motta, Riky Kayame, Todd Ferre, serta Muhammad Tahir. Sedangkan Persebaya, mereka memainkan Ricky Kambuaya, Hambali Tholib, Taisei Marukawa, Bruno Moreira, dan Jose Wilkson.

Di awal babak pertama, Persebaya coba tampil lebih dominan. Kehadiran Jose, Marukawa, dan Bruno, membuat Persebaya mampu mengatur aliran bola dari lini tengah. Sektor ini sukses mereka kendalikan.

Situasi ini bertahan sampai pertengahan babak pertama. Meski mampu menguasai bola dengan bagus, Persebaya kesulitan menembus pertahanan Persipura. Hal itu dikarenakan pemain-pemain bertahan Persipura tampil ciamik. Fitrul Dwi Rustapa juga kuat di bawah mistar gawang.

Memasuki akhir babak pertama, Persipura berupaya menekan balik Persebaya. Akan tetapi, kombinasi yang kurang di lini serang, terutama antara Riky dan Todd, membuat serangan-serangan Persipura mengalami kebuntuan. Skor 0-0 bertahan untuk kedua tim hingga babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Persipura dan Persebaya. Persipura memasukkan Fridolin Yoku, Takuya Matsunaga, dan Yevhen Bokhashvili, sedangkan Persebaya memasukkan Rendi Irwan.

Perubahan-perubahan ini membuat intensitas permainan terjaga. Persipura sukses membuka keran gol di laga ini. Pada menit 53, Riky membobol gawang Persebaya usai memanfaatkan bola muntah. Skor berubah 1-0.

Persebaya tidak tinggal diam. Mereka langsung meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar ketertinggalan. Upaya mereka berhasil. Pada menit 63, Wilkson sukses mencetak gol lewat eksekusi 12 pas, setelah ada pemain Persebaya yang dilanggar di dalam kotak terlarang.

Enam menit kemudian, Persebaya membalikkan keadaan. Marukawa sukses memanfaatkan kesalahan dari Fitrul, dan menceploskan bola ke gawang Persipura yang kosong. Skor berubah 2-1, Persebaya unggul atas Persipura.

Di sisa waktu babak kedua, Persipura coba mengejar ketertinggalan. Namun, alih-alih mencetak gol, Persipura justru kebobolan lagi. Pada menit 82, Persebaya menorehkan gol ketiga lewat sepakan melengkung Bruno Soares. Setelah cetak gol, Bruno malah jadi pesakitan karena menerima kartu merah. Meski begitu, skor 3-1 untuk keunggulan Persebaya bertahan hingga laga usai.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya