[BREAKING] Dihajar Vietnam, Timnas U-23 Awali SEA Games 2021 dengan Kekalahan

Timnas U-23 sempat tahan tuan rumah 0-0 di babak pertama

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia tumbang dalam laga perdana Grup A SEA Games 2021. Bersua tuan rumah Vietnam di Stadion Viet Tri, Jumat (6/5/2022) malam, skuad Garuda Muda kalah dengan skor 0-3.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Nguyen Tien Linh (56'), Dung Do Hung (74'), dan Do Le Van (87') untuk Vietnam. Timnas U-23 pun mengawali ajang SEA Games 2021 dengan hasil yang kurang memuaskan.

Sejak awal babak pertama, Vietnam sebagai tuan rumah langsung menekan lini pertahanan Timnas U-23. Dimotori oleh Nguyen Tien Linh dan Nguyen Van Toan, mereka tidak memberikan kesempatan bagi Timnas U-23 mengembangkan permainan.

Namun, seiring berjalannya babak pertama, Marc Klok dan kolega mulai bisa mengimbangi permainan Vietnam. Mereka menahan serangan-serangan Vietnam dengan apik, sembari sesekali melepaskan serangan balik ke lini pertahanan Vietnam.

Sayangnya, serangan-serangan balik yang dilepaskan Timnas U-23 belum tersusun dengan baik. Belum adanya sinergi antara Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, dan Saddil Ramdani di lini depan, membuat Timnas U-23 kesulitan menembus gawang Vietnam.

Situasi ini terus berlangsung sampai babak pertama tuntas. Agresivitas Vietnam yang belum berbuah hasii, ditambah tidak klinisnya serangan balik Timnas U-23, membuat skor 0-0 bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Vietnam mempertahankan intensitas permainan mereka. Upaya skuad asuhan Park Hang Seo ini membuahkan hasil pada menit 56. Umpan Dung Nham Manh sukses dikonversi dengan apik oleh Tien Linh. Skor berubah 1-0.

Tertinggal satu angka, Timnas U-23 mulai bergerak untuk mengejar ketertinggalan. Mereka mulai memasukkan nama-nama baru semacam Ronaldo Kwateh, Witan Sulaeman, dan Alfeandra Dewangga. Masuknya nama-nama ini membuat skuad Garuda Muda menggeliat.

Namun, antisipasi sudah disiapkan dengan baik oleh Vietnam. Mereka menahan Timnas U-23 di sisi sayap, plus menahan distribusi bola tim besutan Shin Tae Yong ini. Pada menit 74, Dung Do Hung mencetak gol usai melakukan umpan satu dua dengan Tien Linh. Skor berubah 2-0.

Unggul dua angka, Vietnam masih melepas serangan kepada Timnas U-23. Namun, mereka kesusahan untuk menembus angka. Di sisi lain, skuad Garuda Muda masih kesulitan menembus lini pertahanan Vietnam. Mereka banyak salah umpan.

Jelang laga tuntas, tepatnya di menit 87, Vietnam kembali menambah angka. Kesalahan Fachruddin mengantisipasi sepakan Do Le Van membuat Vietnam unggul dengan skor 3-0. Skor ini tidak berubah sampai laga tuntas. Timnas U-23 memulai SEA Games 2021 dengan hasil buruk.

Baca Juga: Shin Tae Yong Tak Gentar Timnas U-23 Hadapai Vietnam di Laga Perdana

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya