Comscore Tracker

[BREAKING] Efektivitas PSM Makassar Benamkan Persebaya Surabaya

Persebaya kalah lagi di pekan ketiga Liga 1

Jakarta, IDN Times - Hasil Liga 1 hari ini, Sabtu (18/9/2021) malam, Persebaya Surabaya kalah dengan skor 1-3 saat menghadapi PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Jose Wilkson (19') untuk Persebaya, serta Anco Jansen (29', 36'), Yakob Sayuri (38') untuk PSM, Kekalahan ini jadi hasil negatif kedua Persebaya di Liga 1 2021/22, setelah kekalahan dari Borneo FC di laga pertama.

Sejak awal laga, kedua tim menurunkan pemain terbaiknya. Persebaya menurunkan Taisei Marukawa, Ernando Ari, Bruno Suarez, dan Rachmat Irianto. PSM menurunkan Wiljan Pluim, Erwin Gutawa, Rasyid Bakri, dan Sutanto Tan.

Laga berjalan imbang di awal-awal babak pertama. PSM dan Persebaya saling meraba permainan, dan tidak terburu-buru melepaskan tekanan. Mereka coba menguasai bola senyaman mungkin.

Memasuki menit 20, intensitas permainan mulai meningkat. Persebaya mulai lebih banyak menguasai bola, dan hal itu berimbas positif. Pada menit 10, Jose Wilkson sukses mencetak gol untuk Persebaya, memanfaatkan kesalahan di lini pertahanan PSM. Skor 1-0 buat Persebaya.

Tertinggal satu gol, PSM tersentak. Mereka mulai coba mengambil alih kendali permainan, tentunya dengan sosok Pluim sebagai motor serangan. Upaya PSM membuahkan hasil pada menit 29. Sepakan penalti Anco Jansen sukses merobek gawang Persebaya. Skor 1-1.

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim berupaya untuk menciptakan gol tambahan. Persebaya menekan lewat upaya para pemain asingnya, sedangkan PSM tetap mengandalkan sosok Pluim. Jelang babak pertama usai, PSM mencetak gol keduanya.

Sepakan bebas mendatar dari Jansen berhasil membobol gawang Persebaya pada menit 36. Dua menit berselang, PSM menambah angka lewat sontekan Yakob Sayuri, memanfaatkan bola muntah. Skor berubah 3-1 untuk PSM, dan skor ini bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, PSM dan Persebaya melakukan beberapa perubahan. Persebaya memasukkan Akbar Firmansyah, Ady Setiawan, Rendy Irwan, dan Marselino Ferdinand, sedangkan PSM memasukkan Rizky Eka, Fajar Handika, dan Muhammad Arfan.

Pergantian-pergantian ini membuat intensitas permainan terjaga. Dengan energi baru, Persebaya coba mengejar ketertinggalan. Di sisi lain, PSM juga masih mencari kesempatan untuk menambah angka lewat serangan-serangan balik.

Namun, Persebaya kesulitan membobol pertahanan PSM. Jarak antar pemain PSM yang rapat di lini pertahanan membuat ruang gerak para pemain depan Persebaya jadi terbatas. Tidak cuma itu, Persebaya juga dipusingkan oleh serangan-serangan balik PSM yang berbahaya.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak kedua. Kesulitan Persebaya menghadapi pertahanan berlapis PSM membuat skor 3-1 untuk keunggulan PSM bertahan sampai laga tuntas. Itulah ulasan mengenai hasil pertandingan liga 1 hari ini, antara PSM Makasar dan Persebaya Surabaya.

Baca Juga: Rekor Pertemuan PSM vs Persebaya, Duel dari Era Perserikatan

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya