[BREAKING] Manchester City Juara Piala Liga Inggris

ManCity kalahkan Tottenham di final

Jakarta, IDN Times - Manchester City tampil luar biasa di final Piala Liga Inggris, Minggu (25/4/2021) malam. Bertanding di Wembley Stadium, ManCity sukses menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor 1-0.

Gol kemenangan ManCity di laga ini dicetak oleh Aymeric Laporte pada menit 82. Berkat kemenangan ini, ManCity berhasil merengkuh gelar Piala Liga Inggris musim 2020/21.

Kedua tim tampil dengan kekuatan penuh sejak awal laga. Tottenham Hotspur memainkan Harry Kane, Son Heung Min, Lucas Moura, Eric Dier, dan Toby Alderweireld, sedangkan The Citizens menurunkan Phil Foden, Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez, dan Ilkay Guendogan.

Di awal babak pertama, ManCity langsung melepaskan pressing ketat kepada lini pertahanan Tottenham. Empat pemain mereka di depan, yakni Mahrez, De Bruyne, Sterling, dan Foden, secara bergantian memberikan ancaman ke lini pertahanan Tottenham.

Awalnya, Tottenham kelimpungan menghadapi serangkaian tekanan ManCity. Namun, pelan-pelan mereka bisa menyesuaikan diri. Pierre-Emile Hoejbjerg jadi pemain yang kerap memutus beberapa tekanan ManCity. Alhasil, ManCity kesulitan mencetak angka.

Di sisi lain, Tottenham juga belum mampu menembus lini pertahanan ManCity. Selain karena tekanan ketat, tidak adanya dukungan untuk Kane di lini depan dari Giovani Lo Celso, Moura, dan Son membuat Kane terisolasi. Tottenham pun jarang memberikan ancaman berarti untuk City.

Memasuki pertengahan babak pertama, kuasa pertandingan masih berada di tangan ManCity. Namun, gol belum juga hadir. Tottenham juga mengalami hal serupa. Serangan balik mereka belum memberikan hasil. Hingga akhir babak pertama, skor 0-0 untuk kedua tim tidak berubah.

Di babak kedua, Tottenham mulai sepenuhnya mampu mengimbangi permainan ManCity. Tampak, aliran bola mereka lebih jalan, ditambah lagi peran Hoejbjerg yang mulai sering membantu serangan, menambah opsi umpan bagi Kane yang beralih jadi distributor bola.

Memasuki menit 66, Tottenham melakukan perubahan. Mereka memasukan Gareth Bale dan Moussa Sissoko untuk menggantikan Moura dan Lo Celso. Agaknya, manajer Tottenham ingin memberikan daya gedor baru untuk lini serang Tottenham.

Namun, seiring berjalannya babak kedua, dominasi ManCity justru makin terasa. Beberapa kombinasi di lini serang, jadi pertunjukan yang lazim terlihat. Bola terus mengalir di area sepertiga akhir Tottenham. Hingga akhirnya, gol itu datang di masa 10 menit akhir babak kedua.

Pada menit 82, berawal dari situasi bola mati De Bruyne, Aymeric Laporte sukes membobol gawang Tottenham dengan sundulannya. Skor berubah 1-0 untuk ManCity. Setelah itu, barulah ManCity melakukan perubahan dengan memasukkan Rodri, menggantikan Fernandinho.

Bukan cuma itu, ManCity juga memasukkan Bernardo Silva, menggantikan De Bruyne. Sedangkan Tottenham memasukkan Dele Alli. Beberapa pergantian ini membuat intensitas permainan terjaga di sisa waktu babak kedua.

Hingga babak kedua tuntas, Tottenham Hotspur gagal menyamakan kedudukan. Alhasil, skor 1-0 untuk Manchester City tetap bertahan, membawa mereka menjuarai Piala Liga Inggris musim 2020/21.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya