[BREAKING] Timnas Indonesia Dibantai Thailand di Final Leg 1 Piala AFF

Timnas Indonesia tak berkutik saat jumpa Thailand

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia tumbang dalam leg pertama babak final Piala AFF 2020. Bersua Thailand di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) malam, PasukanGaruda kalah telak dengan skor 0-4.

Gol-gol dalam laga ini dicetak oleh Chanathip Songkrasin (2', 52') dan Supachok Sarachat (67'), dan Bordin Phala (83') untuk Thailand. Dengan begini, situasi lebih mudah untuk Thailand di leg kedua nanti.

Di awal-awal laga, Indonesia dilanda kegugupan. Ditekan langsung oleh Thailand, Indonesia kebobolan gol di menit 2. Diawali manuver dari Phillip Roler, Chanathip Songkrasin berhasil mencetak gol lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 1-0 untuk Thailand.

Unggul satu angka, Thailand bermain lebih santai. Di sisi lain, Indonesia masih dilanda kegugupan. Rasa tidak tenang membuat permainan skuad Garuda tidak mengalir. Banyak kesalahan individu yang mereka lakukan.

Memasuki menit 20 laga, Indonesia masih kesulitan mengembangkan permainan. Para pemain Thailand andal bermain dalam ruang-ruang sempit, plus berani menekan Indonesia sedari depan. Hal itu membuat kecepatan para pemain Indonesia teredam sejak dini.

Namun, pelan-pelan Indonesia mulai bisa memberi ancaman ke lini pertahanan Thailand. Umpan-umpan Indonesia mulai jalan, berpadu dengan kecepatan para pemain depan. Sayang, ketika memasuki kotak penalti, Thailand selalu bisa menghentikan serangan Indonesia ini.

Di sisa waktu babak pertama, kondisi ini masih terus berulang. Kebuntuan yang dialami Indonesia membuat babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan beberapa perubahan. Elkan Baggott dan Evan Dimas dimasukkan untuk menyeimbangkan permainan. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Indonesia malah kebobolan lagi di awal babak kedua.

Pada menit 52, berawal dari manuver Supachok Sarachat, Chanathip kembali membobol gawang Indonesia lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Thailand.

Indonesia tidak patah arang. Mereka memasukkan Egy Maulana Vikri untuk menambah daya dobrak di lini serang. Hadirnya Egy sempat membuat lini depan lebih hidup. Namun, nyatanya efek dari masuknya Egy ini tidak berlangsung lama.

Pada menit 67, Thailand menambah angka. Berawal dari serangan yang diinisiasi Roler, Supachok kembali mencetak gol setelah muncul dari lini kedua. Skor 3-0 untuk Thailand. Skuad asuhan Alexandre Polking itu makin nyaman dalam bermain.

Memasuki menit 75, situasi makin pelik buat Indonesia. Serangan-serangan balik Thailand makin menjadi-jadi. Bahkan, justru Thailand yang menambah angka pada menit 83. Berawal dari umpan matang Worachit, Bordin Phala berhasil membobol gawang Indonesia. Skor berubah 4-0.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia masih dinaungi kebuntuan. Alhasil, skor 4-0 untuk keunggulan Thailand tetap bertahan. Situasi jadi lebih menguntungkan untuk skuad asuhan Polking tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Indonesia Kewalahan di Babak I

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya