Comscore Tracker

Buntu, Timnas U-19 Ditahan Imbang Vietnam 

Timnas bermain imbang 0-0

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia ditahan imbang dalam laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022. Bersua Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam, skuad Garuda Asia harus rela main imbang 0-0.

Di awal-awal babak pertama, Timnas U-19 langsung menekan Vietnam dengan agresif. Mereka aktif menyerang lini pertahanan Vietnam, dan tidak membiarkan Vietnam mengembangkan permainan. Namun, seiring berjalannya laga, situasi mulai berubah.

Vietnam, yang tampil kolektif di lini pertahanan, selalu sukses menghentikan serangan Timnas U-19. Sialnya lagi, sampai menit 20, serangan Timnas U-19 masih didominasi oleh umpan-umpan silang. Alhasil, serangan skuad Garuda Asia mudah dipatahkan.

Sementara itu, serangan balik Vietnam juga cukup tajam. Memanfaatkan kekosongan di sayap, terutama sayap kanan Indonesia, Vietnam memberikan ancaman. Mereka memanfaatkan keragu-raguan para pemain sayap Timnas U-19, yang masih takut menyerang.

Barulah memasuki menit 25, permainan Timnas U-19 mulai berubah. Keraguan-raguan yang tampak di awal babak tak lagi terlihat. Para pemain sayap mulai rajin membantu serangan, sehingga serangan Timnas U-19 lebih bertenaga.

Namun, upaya ini urung membuahkan hasil. Di sisi lain, serangan-serangan Vietnam juga belum terkoneksi dengan baik. Alhasil, skor 0-0 pun menutup babak pertama laga Timnas U-19 lawan Vietnam ini.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 melakukan beberapa perubahan. Beberapa pemain seperti Rabbani Siddiq, Razzaa Fachrezi Aziz, serta Marcell Januar Putra. Masuknya nama-nama ini diharapkan mengubah permainan Indonesia.

Namun, situasi yang terjadi di babak pertama terulang lagi di babak kedua ini. Malah, dampak yang dirasakan Timnas U-19 lebih parah. Mereka didominasi balik oleh Vietnam yang mulai lebih nyaman dalam bermain. Aliran bola mereka lebih enak.

Vietnam tidak segan untuk mengalirkan bola. Terlepas dari minimnya pressing yang dilepaskan para pemain Timnas U-19, para pemain Vietnam memang menunjukkan organisasi permainan yang lebih baik, dengan permutasi posisi yang berjalan ciamik.

Akibatnya, Timnas U-19 tidak berkutik dalam mengembangkan permainan. Beberapa serangan yang mereka lancarkan pun terkesan sporadis, tanpa melalui skema yang apik. Alhasil, serangan mereka tak membuahkan apa pun.

Situasi ini terus berlangsung, bahkan hingga akhir babak kedua. Vietnam yang nyaman tapi buntu, plus Timnas U-19 yang juga kesulitan berkembang, membuat laga berakhir 0-0. Indonesia mengawali Piala AFF U-19 2022 dengan hasil buruk.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya