Dihukum FIFA dan UEFA, Rusia Gagal ke Piala Dunia 2022

Rusia kena hukuman berat FIFA dan UEFA

Jakarta, IDN Times - Otoritas sepak bola dunia dan Eropa, FIFA dan UEFA, resmi memberikan sanksi bagi Timnas Rusia dan klub-klub asal Rusia. Timnas dan klub Rusia dilarang berkompetisi di turnamen yang dihelat oleh dua otoritas tersebut. Alhasil, Rusia dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022.

Hal itu tertuang dalam keputusan resmi bersama yang ditelurkan UEFA dan FIFA, Selasa (1/3/2022) dini hari. Keputusan ini juga sudah disetujui oleh Komite Eksekutif UEFA dan FIFA Council.

"FIFA dan UEFA memutuskan bahwa Timnas Rusia dan klub asal Rusia, dilarang untuk berkompetisi di turnamen di bawah naungan FIFA dan UEFA sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," ujar pernyataan resmi yang dinukil dari situs resmi FIFA.

Baca Juga: Invasi Rusia Ancam Peluang Ukraina ke Piala Dunia 2022

1. FIFA bersimpati terhadap situasi di Ukraina

Dihukum FIFA dan UEFA, Rusia Gagal ke Piala Dunia 2022Tentara Angkatan Bersenjata Ukraina mengendarai kendaraan peluncur roket otomatis saat berlatih di wilayah Kherson, Ukraina, dalam foto handout yang dirilis pada Selasa (1/2/2022). ANTARA FOTO/Ukrainian Armed Forces Press Service/Handout via REUTERS/FOC.

Keputusan ini diambil FIFA dan UEFA, sebagai bentuk simpati atas situasi tang terjadi di Ukraina. Presiden FIFA dan UEFA berharap, situasi di Ukraina bisa normal kembali, dengan sepak bola sebagai alat pemersatu.

"Kedua presiden (FIFA dan UEFA) berharap agar situasi di Ukraina segera membaik, sehingga sepak bola bisa segera dimainkan lagi di sana, sebagai alat untuk mempersatukan semua bangsa," lanjut pernyataan resmi tersebut.

Baca Juga: Situasi Kian Memanas, Rusia Akan Evakuasi Seluruh Warganya dari Eropa

2. FIFA juga sudah menghukum Rusia sebelumnya

Dihukum FIFA dan UEFA, Rusia Gagal ke Piala Dunia 2022potret Rapat Dewan FIFA (binsidethegames.biz)

Sebelumnya, FIFA juga sudah menghukum Rusia. Mereka dilarang menggunakan bendera, memutar lagu kebangsaan, serta main di kandang sendiri. Mereka juga harus mengubah nama timnya dan tidak memakai label negara.

Memang, beberapa negara juga sudah menyatakan menolak bermain melawan Rusia serta bermain di Rusia dalam laga play-off Piala Dunia 2022. Penolakan ini diutarakan oleh Polandia, Swedia, dan Republik Ceko.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan Rusia

3. Imbas bagi klub dan Timnas Rusia

Dihukum FIFA dan UEFA, Rusia Gagal ke Piala Dunia 2022instagram.com/teamrussia

Imbas dari hukuman FIFA dan UEFA ini, Timnas Rusia pun dipastikan batal mentas di play-off Piala Dunia 2022. Alhasil, Rusia pun dipastikan kehilangan tempat di Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Qatar.

Tidak hanya Timnas Pria, Timnas Wanita Rusia juga kena imbas hukuman ini. Mereka dipastikan tidak akan main di Piala Eropa Wanita 2022. Timnas U-21 Rusia yang dijadwalkan bersua Irlandia Utara pada Maret ini juga kena getahnya.

Sedangkan di level klub, sanksi FIFA dan UEFA ini berdampak pada klub asal Rusia, Spartak Moskow. Mereka dipastikan tersingkir dari babak 16 besar Liga Europa 2021/22. RB Leipzig, lawan Spartak, dipastikan melenggang ke babak perempat final.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya