5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan Rusia

Rusia saat ini menginvasi Ukraina

Publik gempar dengan invasi Rusia ke Ukraina belakangan ini. Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan instruksi kepada militernya agar menjalani operasi di wilayah Ukraina. Hal tersebut membuat tensi keamanan global memanas.

Berbicara tentang sepak bola, terdapat beberapa pemain yang diketahui memiliki kewarganegaraan di dua negara tersebut. Pastinya situasi ini bukan situasi yang baik untuk para pesepak bola tersebut.

1. Daniil Lesovoy

5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan RusiaDaniil Lesovoy bersama Dynamo Moskow di Ukraina. (en.fcdm.ru)

Daniil Lesovoy merupakan pesepak bola yang bermain untuk klub Rusia, Dynamo Moskow. Pemain berusia 24 tahun itu juga sempat membela timnas Rusia U-21. Selain Rusia, dia memiliki kewarganegaraan kedua di Ukraina.

Lesovoy memulai karier sepak bolanya di klub asal Ukraina, Dynamo Kiev. Dia menghabiskan kurang lebih 12 tahun di Kiev yang merupakan ibukota Ukraina.

2. Vladyslav Kalitvintsev

5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan RusiaVladyslav Kalitvintsev saat bermain bersama Dynamo Kyiv. (alchetron.com)

Vladyslav Kalitvintsev merupakan pesepak bola yang membela klub Ukraina, FK Oleksandriya. Pemain berusia 29 tahun itu sempat membela timnas Ukraina U-21 sebanyak 21 kali sejak 2013. Lahir di Moskow, dia diketahui juga memiliki kewarganegaraan kedua di Rusia.

Walau lahir di Rusia, Kalitvintsev tidak pernah bermain di kompetisi Rusia. Dia mengawali karier di akademi Dynamo Kiev sebelum akhirnya diorbitkan ke tim utama pada 2014. Namanya naik daun setelah tampil apik bersama Oleksandriya pada awal 2022 ini.

Baca Juga: 5 Klub Ukraina yang Terdampak Konflik Ukraina dan Rusia

3. Daniil Khlusevich

5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan RusiaDaniil Khlusevich saat diperkenalkan Spartak Moskow. (en.spartak.com)

Daniil Khlusevich merupakan pemain muda yang sedang naik daun di Russian Premier League. Setidaknya dia sudah menyumbang 4 gol dan 2 assist sejauh ini. Pemain berusia 21 tahun itu sekarang merupakan pemain sayap kanan andalan timnas Rusia U-21.

Walau lahir di Simferopol Ukraina, dia memang dibesarkan di Rusia. Khlusevich mengawali karier sepak bolanya di akademi Krasnolesje sebelum direkrut Arsenal Tula. Tampil apik bersama Arsenal Tula pada 2020, dia dibeli Spartak Moskow pada awal Januari 2022.

4. Maksym Taloverov

5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan RusiaMaksym Taloverov saat diperkenalkan Slavia Prague. (en.slavia.cz)

Maksym Taloverov merupakan rekrutan baru Slavia Prague pada bursa transfer musim dingin 2022. Dia didatangkan dari Ceske Budejovice dengan harga 500 ribu euro atau Rp808 juta. Pemain berusia 21 tahun itu sendiri dikenal sebagai bek tengah yang bagus dalam mengadang berbagai serangan lawan.

Memiliki tinggi 195 sentimeter, Taloverov unggul dalam bola-bola atas. Tidak heran jika saat ini dia dipercaya sebagai pemain internasional Ukraina U-21. Di sisi lain, Taloverov memiliki kewarganegaraan Rusia mengingat dia lahir di Nalchik, Rusia.

5. Anton Shvets

5 Pesepak Bola Ternama yang Memiliki Kewarganegaraan Ukraina dan RusiaAnton Shvets (alchetron.com)

Anton Shvets adalah pemain Akhmat Grozny yang merupakan klub Rusia. Pemain berusia 28 tahun itu bergabung di klub tersebut setelah didatangkan dari Villareal B pada 2017. Kebetulan Shvets gagal menembus skuad utama Villareal walau berhasil tampil bagus di Villareal B.

Lulusan akademi Real Zaragoza itu sempat membela timnas Rusia pada 2018. Dia sendiri memiliki kewarganegaraan Ukraina karena ayahnya berasal dari Ukraina. Sementara, ibu Anton Shvets berasal Georgia. 

Kelima pemain di atas merupakan representasi para pesepak bola yang memiliki kewarganegaraan Ukraina dan Rusia. Sebenarnya banyak sekali pesepak bola yang memiliki kedua kewarganegaraan itu mengingat Ukraina dan Rusia sendiri sempat menjadi suatu negara di bawah bendera Uni Soviet.

Baca Juga: 10 Pemain Brasil yang Merumput di Liga Primer Rusia

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya