Dirtek Baru PSSI Jadi Pendamping Bima Sakti di Timnas U-17

Dirtek baru PSSI akan bantu Timnas U-17

Jakarta, IDN Times - PSSI tengah mencari calon direktur teknik (dirtek) baru. Ternyata, selain menjadi menjalankan tugas di federasi, calon dirtek baru ini bakal menjadi pendamping Bima Sakti di Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Belum dapat (dirtek baru). Dari 20 nama, baru terseleksi enam. Salah satunya mau kami pakai buat pendamping U-17. Tapi, beliau masih mau lihat empat bulan dulu. Namanya juga mau kerja ingin lihat, serius tidak nih Indonesia?" ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

1. Bima Sakti didampingi Dirtek asal Eropa

Dirtek Baru PSSI Jadi Pendamping Bima Sakti di Timnas U-17Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti di Stadion Madya, Kamis (1/6/2023). (IDN Times/Tino).

Dengan begini, Bima Sakti yang sudah ditunjuk menjadi pelatih Timnas U-17, dipastikan akan mendapatkan pendamping dari Eropa, yang notabene merupakan calon dirtek PSSI. Peresmiannya akan dilaksanakan setidaknya minggu depan.

"Insya Allah untuk U-17 ada pendamping, seorang figur yang mudah-mudahan kontraknya teken pekan ini atau depan. Coach Bima Sakti akan ada pendamping dari Eropa," kata Erick.

Baca Juga: Tahap Seleksi Timnas U-17 Jelang Piala Dunia: Ada Peran Garuda Select

2. Timnas U-17 tengah menggelar seleksi

Dirtek Baru PSSI Jadi Pendamping Bima Sakti di Timnas U-17Timnas U-16 jalani TC di Yogyakarta. (pssi.org)

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan proses pembentukan tim terus berjalan dengan sistem seleksi yang dilakukan untuk menyaring pemain. Seleksi ini akan melibatkan Garuda Select asuhan Dennis Wise, dan sudah digelar per hari ini.

"Nanti pada 5, 6, dan 7 Juli 2023, akan ada seleksi ya. Itu kerja sama dengan Garuda Select, memilih pemain untuk U-17. Nanti yang sebelumnya (Gwijangge dan kolega) ikut, lalu ada seleksi di 10 wilayah di Indonesia," ujar Arya.

3. Ada TC ke Eropa, kemungkinan besar Jerman

Dirtek Baru PSSI Jadi Pendamping Bima Sakti di Timnas U-17Timnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, menyatakan ada potensi Timnas U-17 TC ke Jerman. Selain Jerman, eks Menpora itu juga menyebut Qatar sebagai tempat TC.

"Jerman, ada beberapa sih. Yg U-17 itu Jerman atau Qatar ya kalau ga salah. Tanya Bima (Sakti, pelatih Timnas U-17) itu kapan ke Eropanya," ujar Zainudin.

Seolah mengamini Zainudin, Arya juga menyebut Timnas U-17 kelak akan melakoni TC di Eropa, usai dalam negeri. TC di Benua Biru ini diprediksi bakal berjalan selama satu hingga dua bulan.

"Pokoknya habis itu (seleksi di dalam negeri) Timnas U-17 akan ada TC sebulan sampai dua bulan di Eropa," kata Arya.

Baca Juga: Timnas U-17 Bakal Pakai Pemain Keturunan di Piala Dunia U-17 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya