Dortmund dan Bundesliga Berkunjung, PSSI Makin Bau Jerman

PSSI dan Jerman berkolaborasi lagi

Jakarta, IDN Times - Aroma Jerman semakin mengental di tubuh PSSI. Terbaru, pada 17 hingga 18 Juni 2023 kemarin, federasi kedatangan tamu dari perwakilan Bundesliga dan Borussia Dortmund.

Rombongan Bundesliga dan Borrusia Dortmund terdiri empat orang, yakni Christian Diercks sebagai Head of the Academy Borussia Dortmund, Dennis Kittel sebagai Head of Sales and Strategic Projects Bundesliga International, Verena Leidinger sebagai Manager International and New Business Borussia Dortmund, dan Tizian Ibach sebagai Manager Business Development and Marketing Bundesliga International.

Kunjungan ini merupakan lanjutan dari kerja sama antara PSSI dan Deutsce Fussball Liga (DFL) beberapa waktu lalu. Apa saja isi diskusi PSSI dan perwakilan Bundesliga serta Borussia Dortmund ini?

1. Mendiskusikan banyak hal

Dortmund dan Bundesliga Berkunjung, PSSI Makin Bau JermanPSSI bertemu perwakilan Bundesliga dan Dortmund. (pssi.org)

Rombongan dari Jerman ini disambu dua Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali dan Ratu Tisha Destria. Keduanya didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi.

Lalu, ada banyak hal yang didiskusikan PSSI dan perwakilan dari Jerman ini, termasuk soal sistem kompetisi.

"Kami apresiasi kedatangan perwakilan Bundesliga dan Borrusia Dortmund. Hari ini kami banyak melakukan diskusi seperti pengembangan serta sistem kompetisi, timnas, organisasi dan lain-lain," kata Zainudin, dilansir situs resmi federasi.

Baca Juga: PSSI akan Rekrut Dirtek Asal Jerman, Thomas Doll: Keputusan Bagus!

2. Perlanjutan MoU antara PSSI dan DFL

Dortmund dan Bundesliga Berkunjung, PSSI Makin Bau JermanPSSI bertemu perwakilan Bundesliga dan Dortmund. (pssi.org)

Pada 7 Juni lalu, Ketum PSSI Erick Thohir, beserta Waketum, dan anggota Exco Arya Sinulingga mengunjungi markas DFL di Frankfurt, Jerman untuk kerja sama dan menandatangani nota kesepahaman (MoU) demi penguatan sepak bola Indonesia.

Penguatan tersebut difokuskan pada dua bidang utama, yaitu memajukan kapasitas teknis dan keahlian olahraga dan memajukan struktur liga dan klub.

Dalam MoU tersebut, DFL dan PSSI berkomitmen untuk menyelenggarakan pelatihan dan berkolaborasi dalam pemasaran bersama, serta mendukung aktivitas inti dalam persepakbolaan.

3. PSSI semakin berbau Jerman

Dortmund dan Bundesliga Berkunjung, PSSI Makin Bau JermanKetua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino)

Dengan begini, aroma Jerman semakin terasa kental di PSSI. Di Timnas U-17, aroma Jerman ini mulai merebak, terutama dalam persiapan skuad Garuda Asia jelang menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Pemusatan latihan (TC) Timnas U-17, serta pendamping Bima Sakti, semuanya berasal dari Jerman. Belum lagi, Direktur Teknik (Dirtek) baru PSSI juga berasal dari negara asal Eropa itu. Kini, bau itu makin kuat dengan hadirnya Dortmund dan Bundesliga.

Baca Juga: PSSI Gandeng Jerman Buat Perkuat Teknis Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya